Cara Live Streaming di Tokopedia Play Untuk Jualan dan Promosi Produk

Date:

Share post:

Apakah anda seller di Tokopedia dan mencari cara agar jualan anda laris manis dan populer, maka salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan fitur jualan live di Tokopedia Play. Simak cara live streaming di Tokopedia Play untuk jualan produk dan promosi produk.

Sekarang terdapat fitur terbaru bagi anda seller di Tokopedia untuk meningkatkan keuntungan anda dimana anda harus mengetahui cara live di Tokopedia dimana di era serba digital saat ini, live streaming menjadi hal yang cukup umum bagi para bisnis online untuk meningkatkan penjualan.

Selain media sosial, anda juga dapat menggunakan aplikasi marketplace untuk live streaming seperti di Tokopedia dengan menggunakan fitur Tokopedia PLAY. Lalu apa itu Tokopedia PLAY? Sekedar informasi, Tokopedia PLAY adalah fitur siaran langsung dalam bentuk video untuk mempromosikan produk ke calon pembeli di Tokopedia.

Selama live streaming berlangsung, anda bisa menjelaskan produk secara rinci dimana calon pelanggan pun dapat berinteraksi langsung dengan pemilik toko online melalui kolom chat yang tersedia. Fitur yang satu ini sangat cocok bagi anda yang memiliki toko online di Tokopedia karena bisa bantu meningkatkan penjualan. Potensi keuntungan yang dihasilkan pun akan jauh lebih besar dan promosi produk bisa menjadi lebih maksimal.

Yang bisa membuat menarik lebih banyak pelanggan adalah dimana anda bisa menampilkan voucher toko untuk menarik lebih banyak pembeli. Tidak hanya itu, live streaming di Tokopedia juga dilengkapi fitur product tagging yang memungkinkan toko online anda menampilkan produk-produk unggulan agar terlihat oleh calon pembeli.

Video live streaming Tokopedia PLAY nantinya akan ditampilkan di halaman toko anda dan halaman utama Tokopedia PLAY dimana follower anda di Tokopedia pun akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan jika toko online milik anda sedang live sehingga mereka bisa langsung menuju ke halaman live streaming.

Keuntungan Live di Tokopedia

Seperrti yang kami sebutkan diatas dimana terdapat banyak keuntungan live di Tokopedia yang bisa anda manfaatkan. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Meningkatkan Brand Awareness

Dengan live streaming di Tokopedia, merek dan produk kamu akan semakin dikenal oleh banyak orang. Live streaming yang dilakukan secara rutin dan konsisten juga bisa membuat merek anda lebih mudah untuk dikenali maupun diingat oleh pelanggan.

Menciptakan Banyak Keterlibatan

Live streaming memungkinkan penonton untuk berinteraksi langsung dengan toko online anda. Jadi, anda bisa menghasilkan lebih banyak keterlibatan.

Menambah Jumlah Penjualan

Selama live di Tokopedia berlangsung, anda bisa mempromosikan produk apa saja. Bahkan bisa menampilkan hingga 15 produk sekaligus. Apalagi dengan adanya voucher, penonton akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian. Pada akhirnya, anda bisa menciptakan lebih banyak penjualan.

Cara Live di Tokopedia Play

Cara Live Streaming di Tokopedia Play

Setelah anda mengetahui beragam keuntungan dari live di Tokopedia Play, berikut panduan cara live di Tokopedia play yang bisa menjadi referensi anda sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan download aplikasi Tokopedia Seller di HP anda.
  • Buka aplikasi Tokopedia Seller, klik “Lainnya” lalu klik nama toko anda.
  • Lalu tekan tombol “Yuk, Mulai” untuk melakukan persiapan live stream.
  • Pastikan kamera mengarah ke host, dan tekan “Mulai Persiapannya”.
  • Pilih produk yang akan ditampilkan selama live streaming. Anda bisa memilih hingga maksimal 15 produk.
  • Kemudian, tentukan judul untuk live stream anda. Pastikan untuk menonjolkan diskon menarik dari toko anda sehingga menarik banyak pentonton. Jangan lupa juga memilih cover untuk live stream.
  • Setelah selesai, anda bisa pilih “Lanjutkan”.
  • Setelah itu, anda bisa kembali ke halaman utama dan pilih “Mulai Live Streaming”.
Baca juga  Cara Menghapus Log Riwayat Panggilan WhatsApp Agar Tidak Dilihat Orang Lain

Cara Live di Tokopedia Menggunakan PC

Bagi anda pengguna perangkat PC, maka simak panduannya sebagai berikut.

  • Masuk ke halaman Tokopedia Seller, kemudian klik “Iklan & Promosi” lalu klik “Tokopedia PLAY”, dan klik “Buat Live”.
  • Klik “Lanjut Live Sekarang”.
  • Masukkan 3 hal ini kemudian klik “Simpan”.
  • Anda bisa membuat Judul menarik yang bikin orang penasaran dengan maksimal 36 karakter
  • Masukkan Cover menarik yang sesuai dengan konten Live kamu
  • Masukkan Produk yang ingin kamu promosikan
  • Buka OBS di PC anda kemudian masukkan Stream URL dan Stream Key dari gambar 3 di atas ke dalam OBS anda.
  • Import Profil OBS yang sudah anda download dengan resolusi 9:16. Caranya, buka OBS anda lalu klik “Profile” dan pilih “Import”. Setelah itu, pilih file tadi, lalu klik simpan.
  • Jika sudah, klik “Start Streaming” pada halaman OBS. Nantinya anda akan melihat preview live anda. Jika anda tidak klik ini, maka anda tidak akan bisa memulai Live Streaming di Tokopedia PLAY.
  • Anda bisa pindah ke halaman Tokopedia PLAY lagi, lalu anda bisa pilih produk hingga maksimal 30 kemudian klik “Mulai Live”.

Demikian informasi mengenai cara live streaming di Tokopedia Play untuk jualan produk dan promosi produk. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

6 Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah yang bisa...

6 Destinasi Tempat Agrowisata di Bali, Cocok Untuk Wisata Keluarga

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi tempat agrowisata di Bali yang cocok untuk liburan wisata keluarga...

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...