Begini Cara Komplain JNE Salah Alamat, Nyasar, Rusak Atau Salah Kirim

Date:

Share post:

Cara komplain JNE salah alamat, nyasar, rusak atau salah kirim adalah hal yang wajib anda ketahui bagi anda sebagai penerima atau pengirim dimana layanan JNE tidak sesuai dengan harapan anda.

Dalam menggunakan jasa layanan kurir atau pengiriman, barang yang salah kirim, salah alamat, tertukar atau bahkan rusak menjadi hal yang umum terjadi. Hal tersebut bisa disebabkan karena berbagai alasan seperti human error, alamat penerima yang kurang lengkap atau salah, hingga kesalahan dari orang yang mengirim barang.

Apabila hal tersebut terjadi pada anda pastinya ini bukan hal yang menyenangkan. Apalagi jika anda telah menunggu barang selama berhari-hari dan juga harga barang yang termasuk mahal. Namun jika hal ini menimpa anda, maka anda tidak perlu panik sebab JNE membuka akses untuk para pelanggan untuk mengeluhkan kesalahan pengiriman.

Namin sebelum anda melakukan komplain atau mengajukan keluhan langsung ke pihak JNE, maka sebaiknya anda menyiapkan persiapan agar proses keluhan anda bisa segera diproses dan ditindak lanjuti. Berikut hal-hal yang harus anda persiapkan.

Persiapan Sebelum Komplain JNE

Cek Resi JNE

Hal pertama yang wajib anda lakukan sebelum komplain adalah mengecek resi terlebih dahulu. Langkah ini perlu dilakukan untuk mengetahui posisi terkini dari barang yang sedang dikirimkan. Jika paket sudah ada di lokasi yang sama dalam waktu lama, Anda bisa menanyakannya kepada pihak JNE.

Begitu juga ketika mendapati barang dalam kondisi rusak atau hilang, Anda juga bisa mengajukan komplain kepada JNE untuk mendapatkan penggantian atas kerugian yang dialami. Anda juga disarankan untuk segera mengajukan komplain supaya permasalahannya bisa segera diatasi.

Baca juga  10 Rekomendasi Tempat Wisata di Manado Terbaru dan Hits Untuk Healing dan Liburan

Siapkan Catatan Keluhan yang Dialami

Apabila anda sudah mengetahui kondisi barang saat ini tidak bergerak, hilang, atau rusak, jangan terburu-buru komplain. Akan lebih baik jika Anda mencatat terlebih dahulu beberapa poin penting untuk disampaikan kepada pihak JNE.

Mempersiapkan catatan ini akan mempermudah Anda ketika mengajukan komplain sehingga bisa to the point atau menyampaikan maksud langsung ke intinya. Untuk mencatatnya, Anda tidak memerlukan buku atau pulpen, manfaatkan saja aplikasi notes yang ada di smartphone.

Cara Komplain JNE

Cara Komplain JNE Salah Alamat

Jika anda sudah menyiapkan hal yang telah kami sebutkan diatas, maka berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengajukan komplain ke JNE dengan cepat dan mudah mengenai permasalahan pengiriman yang anda alami.

Customer Care JNE

Rekomendasi cara pertama untuk komplain kepada JNE adalah melalui nomor telepon JNE call center 24 jam. Layanan ini termasuk yang paling cepat dan efektif untuk mengajukan komplain. Anda bisa menghubungi JNE Customer Care melalui nomor berikut ini 021 29278888. Tetapi perlu dicatat, bahwa anda membutuhkan pulsa untuk menghubungi nomor trersebut.

Adapun pulsa yang dibutuhkan adalah Rp1.500 untuk setiap menitnya. Namun tarif ini bisa berbeda, tergantung pada kebijakan tarif provider yang anda gunakan.

Email CS JNE

Apabila tidak memiliki pulsa yang cukup untuk menghubungi customer care JNE, maka anda tidak perlu kuatir, sebab anda bisa mengirimkan komplain anda melalui email CS JNE yang memiliki alamat customercare@jne.co.id. Simak panduan sebagai berikut.

  • Buka aplikasi email
  • Kemudian pilih Buat Email Baru
  • Masukkan alamat email customercare@jne.co.id di kolom tujuan
  • Kemudian di kolom subjek, isi dengan “[Komplain] Permasalahan yang Dialami”
  • Lalu di bagian body email, sampaikan keluhan Anda secara detail dan menyampaikan data seperti nomor resi, identitas pengirim, data penerima, serta ciri-ciri barang.
  • Dan kirim email
Baca juga  Cara Memilih Backpack yang Tepat Bagi Para Traveler

Selanjutnya anda cukup menunggu saja tanggapan yang akan disampaikan melalui balasan email tersebut.

Media Sosial Resmi JNE

Selanjutnya anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mengajukan komplain kepada JNE jika mengalami kendala. Akun resmi JNE sendiri bisa ditemukan di beberapa platform seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

Untuk komplain melalui media sosial, caranya sangat mudah dimana anda hanya perlu menggunakan fitur Direct Message (DM) yang tersedia di masing-masing platform. Langsung saja sampaikan komplain secara jelas melalui DM tersebut.

Jangan lupa juga untuk menyertakan informasi seperti nomor resi, alamat pengiriman, identitas pengirim, dan identitas penerima agar komplain anda cepat diproses. Biasanya, admin media sosial tersebut akan langsung membalas keluhan yang anda sampaikan.

Datang Langsung ke Kantor JNE

Dan terakhir adalah dimana anda bisa langsung menyampaikan komplain secara langsung ke kantor JNE. Hal ini bisa anda lakukan jika mendapati permasalahan pengiriman atau barang hilang di di kantor JNE setempat.

Anda bisa mencari alamat kantor JNE terdekat melalui Google Maps. Setelah anda telah di kantor JNE, anda bisa sampaikan komplain dengan sopan dimana nantinya JNE akan membantu menemukan solusi atas permasalahan yang anda alami.

Demikian informasi mengenai cara komplain JNE salah alamat, nyasar, rusak atau salah kirim. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...

Berapa Biaya Liburan ke Jepang? Ini Rincian dan Prosesnya

Bagi anda yang penasaran berapa biaya liburan ke Jepang untuk jalan-jalan ke negeri sakura ini, maka anda tepat...

8+ Aplikasi Video Slow Motion Keren di HP Android

Apakah anda mencari aplikasi edit video yang memungkinkan anda mengedit video dalam bentuk slow motion atau gerak lambat,...

7 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Ampuh Mengatasi Gigi Berlubang di Apotik

Apabila anda merasakan sakit gigi karena gigi berlubang, maka salah satu cara cepat mengatasinya adalah dengan meminum obat....