Cara Jitu Mengatasi Ketombe yang Mengganggu

Date:

Share post:

Bagi anda yang memiliki masalah ketombe yang kadang mengganggu penampilan anda, maka simak cara jitu mengatasi ketombe yang mengganggu yang bisa anda terapkan dengan mudah.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, permasalah ketombe pada kulit kepala menjadi masalah klasik yang banyak dialami banyak orang. Walaupun terkesan sepele, tetap ketika ketombe berlebihan dan terus muncul bisa sangat mengganggu penampilan. Bayangkan saja apabila anda mengenakan baju berwarna hitam dan baju anda “dipenuhi” oleh ketombe yang akan membuat anda menjadi minder menggunakan pakaian gelap. Namun perlu anda ketahui, selain mengganggu penampilan ketombe juga bisa mengakibatkan masalah gangguan kulit kelapa apabila diatasi dengan cepat.

Ketombe memiliki bentuk seperti serpihan yang berwarna putih atau kuning. Walaupun tidak digolongkan sebagai masalah yang serius, tetapi ketombe bisa menimbulkan sensasi gatal yang mengganggu. Selain itu, munculnya ketombe juga bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang karena dianggap sebagai hal yang jorok.

Adapun ketombe disebabkan oleh kotoran yang muncul di permukaan kulit kepala sebagai hasil pengelupasan sel kulit mati. Selain itu, ketombe juga dapat terjadi akibat infeksi jamur, perawatan rambut yang tidak cocok, serta kurangnya perhatian merawat kebersihan rambut.

Lalu bagaimana cara mengatasi ketombe yang kerap mengganggu? simak panduannya sebagai berikut yang kami kutip dari Healthline.com dan WebMD.

Cara Jitu Mengatasi Ketombe yang Mengganggu

Cara Jitu Mengatasi Ketombe yang Mengganggu

Menggunakan Baking Soda

Cara jitu mengatasi ketombe yang mengganggu pertama adalah dengan menggunakan baking soda yang merupakan solusi alternatif untuk menghilangkan ketombe yang mengganggu. Baking soda akan bekerja dengan cara mengurangi produksi minyak berlebih sekaligus menghilangkan sel-sel kulit mati di kepala.

Baca juga  8+ Cara Mudah Mengatasi Telinga Tersumbat yang Ampuh dan Aman

Adapun cara penerapannya anda hanya perlu mencampurkan baking soda dengan beberapa tetes air, lalu gosokkan ke seluruh bagian kulit kepala. Kemudian, bilas dengan air hangat hingga bersih. Sebagai catatan sebaiknya penggunaan baking soda tidak dibarengi dengan sampo untuk mencegah rambut kering.

Rutin Mencuci Rambut dengan Sampo Anti Ketombe

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi ketombe selanjutnya adalah dengan mencuci rambut menggunakan sabun anti ketombe dimana sampo jenis ini memiliki kandungan khusus seperti zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, dan selenium sulfida yang dapat menghilangkan serta mencegah ketombe datang kembali. Bahkan, sampo anti ketombe juga mampu meredakan rasa gatal yang mengganggu di kulit kepala.

Menggunakan Tea Tree Oil

Apabila ketombe yang muncul disebabkan oleh infeksi jamur, maka anda bisa mencoba menggunakan tea tree oil untuk mengatasinya. Sebab, kandungan aktif pada tea tree oil mampu menghambat pertumbuhan jamur sekaligus menghilangkan rasa gatal.

Caranya pun sangat mudah dimana anda cukup mengoleskan tea tree oil pada kulit kepala bersamaan dengan sampo, atau dicampurkan pada gel lidah buaya terlebih dahulu. Kemudian pijat kulit kepala dengan lembut selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

Menggunakan Minyak Kelapa

Selain dapat mengatasi jerawat, minyak kelapa juga mampu menghilangkan ketombe akibat kulit kepala yang terlalu kering. Minyak kelapa ini akan mengembalikan kelembapan kulit sehingga ketombe dan rasa gatal akan hilang.

Menggunakan Perasan Air Lemon

Dan tips terakhir mengatasi ketombe yang mengganggu adalah dengan menggunakan perasan air lemon. Menurut sebuah studi dari Journal of Dermatology menyebutkan bahwa lemon mengandung vitamin C, asam sitrat, flavonoid, dan zat besi yang mampu mengatasi ketombe dengan menyeimbangkan pH kulit kepala. Hal tersebut berarti anda bisa menggunakan perasan air lemon untuk mengatasi ketombe yang mengganggu.

Baca juga  Cara Mudah Atasi Hidung Tersumbat dengan Alami, Hanya Dengan 4 Pijatan!

Demikian informasi mengenai cara jitu mengatasi ketombe yang mengganggu. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengatasi masalah ketombe dengan tepat dan cepat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...