6 Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit Dengan Mudah

Date:

Share post:

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah yang bisa anda terapkan dirumah dengan bahan yang mudah ditemukan.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama sakit perut dan sembelit merupakan masalah umum yang bisa terjadi pada setiap orang tanpa memandang umur, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ketika Kondisi ini datang, tentunya kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menimbulkan rasa tidak nyaman yang berkepanjangan.

Akan tetapi jangan kuatir sebab terdapat beberapa cara yang bisa anda terapkan ketika kondisi ini datang, dimana beberapa cara sederhana yang akan kami bagikan kali ini cukup efektif untuk mengatasi dan meradakan sakit perut dan sembelit yang anda rasakan.

Apa saja itu? simak sebagai berikut cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah untuk anda terapkan dibawah ini.

Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit

Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit

Gunakan kompres hangat

Cara pertama, perlu anda anda ketahui bahwa kompres hangat dapat secara signifikan meredakan rasa sakit yang dialami dari sindrom iritasi usus. Anda bisa menggunakan penghangat listrik atau bantal pemanas. Jangan pernah tempatkan langsung penghangat ke kulit. Ini untuk menghindari luka bakar. Jika anda tidak memiliki penghangat, kompres kain panas lama juga dapat membantu hal tersebut.

Berbaring dengan kepala lebih tinggi

Berbaring dengan kepala yang sama datar bukanlah pilihan terbaik saat perut anda sakit. Dalam posisi ini, tenggorokan dan perut anda berada pada tingkat yang sama sehingga asam lambung dapat dengan mudah naik.

Baca juga  Begini Tips Cara Mengatasi Sakit Pinggang Disebabkan Kelamaan Duduk

Duduklah di tempat tidur saat sakit perut melanda atau gunakan bantal yang sangat tinggi bila ingin tidur. Selain itu, posisi jongkok juga diakui baik untuk membersihkan perut anda. Cukup tinggikan kaki dan tinja akan lebih mudah melintas dengan cara buang air besar dengan jongkok.

Minum baking soda

Baking soda bekerja untuk hal in karena kandungan sodium bikarbobat dengan kemampuan mengobati refluks asam. Ini dapat menetralisir asam lambung dan meredakan gejala-gejala mulas untuk beberapa waktu.

Mengonsumsi makanan kaya serat

Penting untuk anda ketahui dimana serat dapat meningkatkan fungsi usus. Semakin banyak serat yang anda makan, semakin lembut feses sehingga terhindar dari konstipasi. Kuncinya adalah menambahkan serat ke dalam makanan Anda secara perlahan. Ini akan meminimalkan kembung dan gas. Sumber serat yang bagus adalah buah, sayuran, roti gandum, sereal, buah beri, dan kacang kering.

Konsumsi teh herbal

Konsumsi teh herbal juga dapat meringankan gejala sakit perut. Campuran adas, pepermint, jahe, dan chamomile yang dijadikan teh amat bagus untuk meredakan sakit perut. Sementara untuk diare, konsumsi teh bunga chamomile dan jahe kering. Ini membantu meredakan diare, sindrom iritasi usus, dan kolik.

Konsumsi makanan kaya probiotik dan prebiotik

Dan tips terakhir, perlu anda ketahui dimana prebiotik merupakan bagian dari makanan yang tidak bisa dicerna, contohnya, kulit buah dan sayuran. Sementara probiotik adalah bakteri hidup yang dibuat selama proses fermentasi dalam makanan seperti yogurt. Probiotik penting untuk pencernaan dan dapat mengurangi gejala seperti sakit perut, kembung, dan diare.

Demikian informasi mengenai cara efektif redakan sakit perut dan sembelit yang bisa terapkan dirumah dengan mudah. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  Begini Cara Mengatasi Sakit Ulu Hati Yang Menyerang di Malam Hari
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...