6 Cara Efektif Mengobati Sakit Mata Pada Anak Dan Aman

0
Cara Efektif Mengobati Sakit Mata Pada Anak

Apakah buah hati anda mengalami masalah sakit pada mata dan membuat anda bingung bagaimana cara menyembuhkannya? maka anda tidak perlu bingung lagi karena kali ini kami akan membagikan cara efektif mengobati sakit mata pada anak dan juga aman.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana sakit mata bisa dialami siapa saja termasuk anak kecil dimana sakit mata pada anak bisa menjadi penyebab kekhawatiran bagi orangtua, terutama karena anak-anak seringkali sulit mengungkapkan gejala secara tepat.

Mengingat usia anak yang masih kecil, maka diperlukan penanganan yang benar dan aman untuk mengatasi sakit mata pada anak karena mengingat mata merupakan panca indera yang sensitif. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif mengobati sakit mata pada anak dan juga aman untuk anda terapkan sebagai berikut.

Cara Efektif Mengobati Sakit Mata Pada Anak Dan Aman

Cara Efektif Mengobati Sakit Mata Pada Anak

Obat Tetes Mata

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memberi anak obat tetes mata pada anak. Walaupun sebaiknya pemberian obat tetes mata sebaiknya dilakukan atas rekomendasi dokter.

Namun kerap kali pemberian obat tetes mata kepada anak terasa sulit dilakukan karena anak yang tidak mau melakukannya. Untuk amannya, anda bisa mencoba untuk memberikan obat tetes mata dengan meneteskannya dari sudut kedua mata anak ketika tertutup. Cairan akan mengalir dengan sendirinya ke bagian dalam ketika anak membuka mata.

Obat Salep Mata

Cara selanjutnya adalah memberikan obat salep mata yang biasanya juga direkomendasikan oleh dokter untuk pengobatan anak. Ada banyak sekali obat salep mata yang aman untuk anak, jadi tidak perlu khawatir. Obat salep biasanya digunakan untuk mengatasi sakit mata karena bakteri.

Baca juga  Begini Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Cepat Dan Mudah

Terapkan cara mengobati sakit mata pada anak sesuai anjuran dokter. Jangan asal membelinya di apotek lalu menerapkannya pada anak. Jika sudah mendapat anjuran dari dokter, coba oleskan salep dari pinggir mata. Pada kondisi ini salep akan secara perlahan masuk.

Acetazolamide

Acetazolamide adalah obat yang biasanya direkomendasikan untuk sakit mata akibat glaukoma. Cara mengobati sakit mata pada anak dengan acetazolamide digunakan untuk mengurangi kerusakan saraf optik. Sebab, sakit mata glaukoma akan mengakibatkan rusaknya saraf optik penghubung antara mata dan otak.

Salah satu sakit mata anak yang harus diwaspadai karena bisa sampai menyebabkan kebutaan. Gejala umumnya, mata anak akan merah, penglihatan menurun, sakit kepala, dan anak merasa mual.

Perlu diketahui juga bahwa pengobatan dengan acetazolamide biasanya diterapkan bersama penyembuhan dengan operasi. Operasi yang dilakukan untuk membuka saluran penyerapan cairan bola mata yang tersumbat.

Dekongestan

Obat dekongestan biasanya akan direkomendasikan dokter untuk pengobatan mata anak. Cara mengobati sakit mata pada anak ini akan diterapkan untuk mengobati sakit mata merah. Anak yang mengalami mata merah paling umum disebabkan debu atau kotoran. Bisa juga karena mata lelah diterpa sinar dan efek samping pasca operasi mata.

Pengobatan ini ditujukan untuk memperkecil pembuluh darah. Selain itu, agar sklera mata tidak lagi memerah dan kembali berwarna putih.

Air Mata Buatan

Dan terakhir adalah dengan cara air mata buatan atau disebut juga artificial tears dimana cara mengobati sakit mata pada anak ini biasanya diterapkan pada sakit mata kering. Air mata buatan ini akan membantu memberikan elemen air mata tambahan. Tujuan utamanya agar mata tetap basah dan terjaga kelembabannya.

Mata kering pada anak biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor. Bisa saja karena anak kerap berada di tempat berangin. Bisa juga karena mata lelah karena anak terlalu sering menggunakan kacamata.

Baca juga  Ini Penyebab Kulit Leher Hitam Serta Cara Mengatasinya

Demikian informasi mengenai cara efektif mengobati sakit mata pada anak dan juga aman. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *