Cara Efektif Mengatasi Otot Tertarik Sendiri di Rumah

0
Cara Efektif Mengatasi Otot Tertarik Sendiri di Rumah

Bagi anda yang memiiki masalah otor ketarik, pastinya kondisi ini bisa menjadi sangat menyakitkan dan bisa terjadi kapan saja. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif mengatasi otot tertarik sendiri dirumah.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana otot ketarik merupakan hal yang sering terjadi dan bisa menimpa siapa saja. Namun biasanya otot ketarik lebih umum dirasakan oleh orang yang beraktifitas berat tanpa memiliki pemanasan fisik yang cukup terlebih dahulu.

Ketika otot tertarik, pada umumnya akan timbul rasa sakit dan juga akan membatasi gerakan sehari-hari karena menahan sakit dari otot yang ketarik. Maka dari itu penting untuk segera mengatasinya agar anda bisa berkegiatan normal seperti biasa.

Ada beberapa penyebab yang membuat otot tertarik yang bisa anda simak sebagai berikut.

Penyebab Otot Tertarik

  • Mengangkat benda yang terlalu berat
  • Mengangkat beban dengan cara yang tidak benar
  • Tidak melakukan pemanasan sebelum atau setelah berolahraga
  • Terlalu sering menggunakan otot
  • Postur tubuh yang buruk

Cara Mengatasi Otot Tertarik

Cara Efektif Mengatasi Otot Tertarik Sendiri di Rumah

Jika anda menemukan kondisi ini terjadi pada diri anda, maka berikut kami bagikan pertolongan pertama cara mengatasi otot tertarik yang bisa anda simak dibawah ini.

Beristirahat

Anda bisa mengistirahatkan otot selama beberapa hari atau sampai dokter memberikan izin. Jika anda mengalami ketegangan otot ringan, Anda dapat melakukan beberapa gerakan lembut setelah dua hari.

Gunakan es

Selanjutnya, anda bisa tempelkan es ke area cedera selama 20 menit setiap jam anda bangun. Es dapat membantu mengurangi peradangan. Jangan pernah mengoleskan es ke kulit secara langsung. Bungkus es dengan handuk terlebih dahulu sebelum diaplikasikan pada lokasi cedera.

Baca juga  Begini Cara Mengatasi Perut Sakit Setelah Makan Pedas dengan Cepat

Kompresi

Membungkus otot dengan perban elastis dapat membantu meredakan pembengkakan. Hindari membungkus dengan terlalu kencang karena otot Anda tidak akan mendapatkan sirkulasi darah yang cukup.

Angkat bagian yang cedera

Cara mengatasi otot tertarik juga bisa dengan mengangkat bagian yang cedera. Angkat otot yang cedera untuk mengurangi pembengkakan.

Pengobatan

Dokter mungkin merekomendasikan obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen, untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak.

Panas

Dan terakhir, anda bisa gunakan bantal pemanas beberapa kali sehari setelah tiga hari. Jangan pernah menerapkan panas ke kulit secara langsung. Selalu bungkus bantal pemanas dengan handuk sebelum digunakan.

Demikian informasi mengenai cara efektif mengatasi otot tertarik sendiri dirumah yang bisa anda terapkan tanpa bantuan orang lain. Apabila sakit terus berlanjut, maka sebaiknya anda segera berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *