Begini Cara Efektif Mengatasi Mata Merah Serta Berair

0
Cara Efektif Mengatasi Mata Merah

Bagi anda yang menemukan masalah mata merah dan berair maka penting untuk tidak menyepelekan hal tersebut, dimana pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi beberapa cara efektif mengatasi mata merah serta berair yang bisa anda simak sebagai berikut.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana kondisi mata merah bisa menyerang siapa saja dan kapan saja dimana ketika ini terjadi akan membuat berbagai aktivitas menjadi terganggu mengingat mata adalah indera untuk melihat.

Kondisi mata merah dan berair ini pun tidak disepelekan, sebab selain bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, juga bisa mengurangi komplikasi dan sakit mata yang lebih parah lagi.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meredakan mata merah serta berair dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa rekomendasinya sebagai berikut berikut.

Cara Efektif Mengatasi Mata Merah Serta Berair

Cara Efektif Mengatasi Mata Merah

Menjauhkan Mata dari Pemicu Iritasi

Pertama, hal yang harus anda lakukan untuk mengatasi mata merah dan berair pertama adalah dengan menjauhkan mata dari pemicu iritasi. Contohnya, anda menghindari tempat berdebu, bulu binatang, lensa kontak yang kotor, atau hal-hal lainnya yang membuatmu mengalami alergi. Bila mata merah dan berair lekas dijauhkan dari pemicu iritasi, niscaya kondisinya akan berangsur-angsur membaik dalam waktu singkat.

Menggunakan Obat Tetes Mata

Salah satu cara paling simpel mengobati mata merah berair adalah menggunakan obat tetes mata. Obat tetes mata merupakan air mata buatan (artificial tears) yang dapat mengatasi mata masalah mata merah. Jenis obat mata yang satu ini biasanya dijual bebas tanpa resep dokter dan cara penggunaannya sangat praktis. Kamu tinggal meneteskan 1-2 tetes obat mata kemudian tunggu sejenak hingga mata terasa lebih nyaman dan tidak merah lagi.

Baca juga  Tanda Kolesterol Tinggi Yang Harus Anda Ketahui

Mengkonsumsi Obat Antihistamin

Mata merah dan berair bisa disebabkan oleh reaksi alergi pada tubuh. Contohnya, orang yang alergi bulu binatang akan mudah bersin-bersin dan mengalami mata merah berair jika tubuhnya terkena penyebab alergi tersebut. Untuk mengatasi mata merah akibat alergi, anda bisa mengonsumsi obat antihistamin sesuai anjuran dokter. Biasanya gejala mata merah berair karena alergi akan hilang kurang lebih 30 menit pasca mengonsumsi antihistamin.

Mengobati Mata Merah Berair dengan Menggunakan Obat Dekongestan

Reaksi iritasi pada mata biasanya membuat pembuluh darah pada bagian putih mata (sklera) melebar. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan obat mata yang mengandung dekongestan. Kandungan dekongestan pada obat tetes mata akan membantu mengurangi pelebaran pembuluh darah sehingga mata tidak merah dan berair lagi.

Mengompres Mata dengan Air Bersih

Air bersih yang hangat atau dingin dapat dimanfaatkan sebagai pertolongan utama mengobati mata merah berair. Caranya sangat mudah, siapkan kompres yang terbuat dari kain katun lembut dan bersih yang sudah dibasahi dengan air dingin atau air hangat. Kemudian anda bisa tempelkan dan kompres basah pada mata yang merah dan berair selama beberapa menit.

Anda bisa menunggu beberapa saat kemudian, kondisi mata pasti lebih rileks dan warna merahnya akan berangsur-angsur hilang.

Menggunakan Obat Antibiotik Sesuai Anjuran Dokter

Antibiotik merupakan jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi mata merah dan berair akibat infeksi bakteri. Obat antibiotik untuk mengatasi mata merah berair biasanya berupa salep atau obat tetes. Jenis-jenis antibiotik yang ampuh mengobati mata merah, yaitu azithromycin, besifloxacin, ciprofloxacin, erythromycin, dan gentamicin. Penggunaan obat mata yang mengandung antibiotik harus dilakukan sesuai resep dan anjuran dokter supaya tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi mata.

Baca juga  5 Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Masa Kehamilan

Cara Menjaga Kebersihan Mata

Agar mata anda aman dari kondisi sakit mata merah dan berair, maka penting untuk menjaga kebersihan mata dengan rutin dan tepat. Simak beberapa hal penting yang bisa anda lakukan sebagai berikut.

  • Menghentikan penggunaan riasan mata atau hanya menggunakan produk riasan mata yang bersifat hipoalergenik (tidak menimbulkan alergi).
  • Menggunakan kacamata untuk melindungi mata dari paparan debu, bulu binatang, asap, dan pemicu alergi lainnya.
  • Mencuci handuk, pakaian, dan sarung bantal secara rutin untuk meminimalkan risiko kontaminasi kotoran pada mata.
  • Menghentikan kebiasaan memegang atau mengucek mata dengan tangan, terutama ketika tangan dalam keadaan kotor.

Demikian informasi mengenai cara efektif mengatasi mata merah serta berair yang bisa anda terapkan untuk mengatasi kondisi yang cukup mengganggu ini. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *