Cara Efektif Agar Kualitas Cat Mobil Tetap Terjaga, Dan Hal Yang Harus Anda Hindari

Date:

Share post:

Cat mobil bisa diibaratkan “baju” untuk mobil anda sehingga ketika cat mobil anda kusam atau rusak, maka akan berpengaruh pada penampilan mobil kesayangan anda. Namun jangan kuatir, begini cara efektif agar kualitas cat mobil tetap terjaga dan dalam kondisi terbaik.

Bagi banyak orang, mobil bukan hanya kendaraan sebagai transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya tetapi mobil telah menjadi “benda kesayangan” dan menjadi menjadi identitas dan kebanggaan bagi pemiliknya. Apalagi mobil tersebut termasuk yang terbaru dan memiliki harga tinggi. Namun terlepas dari harganya, mobil tetaplah benda yang harus dijaga dengan baik agar memiliki umur yang panjang meningingat fungsinya yang sangat penting.

Dalam merawat mobil bukanlah hanya sekedar bagaimana merawat mesin mobil saja tetapi anda harus juga memperhatikan cat mobil anda dimana hal tersebut untuk menjaga penampilan mobil anda tetap prima. Walaupun cat mobil tidak akan rusak dalam waktu sekejap ketika anda lalai merawat cat mobil, tetapi dalam jangka panjang kualitas cat mobil anda akan secara bertahap akan berkurang dan menyebabkan mobil anda terlihat kurang terawat.

Maka dari itu, kali ini kami akan membagikan cara efektif agar kualitas cat mobil tetap terjaga dan dalam kondisi terbaik yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Efektif Agar Kualitas Cat Mobil Terjaga

Kualitas Cat Mobil Tetap Terjaga

Parkir mobil di tempat yang teduh

Parkir mobil di tempat yang teduh atau tidak langsung terpapar oleh sinar matahari bertujuan agar mobil terhindar dari sinar matahari yang berlebihan. Paparan sinar matahari secara langsung selain dapat memudarkan cat mobil, kandungan sinar ultraviolet dapat mengubah komposisi warna dalam cat mobil.

Baca juga  8 Pilihan Outfit Rok Serut untuk Hijab dan Non Hijab Yang Anggun dan Elegan

Maka dari itu disarankan saat berhenti atau saat mencari tempat parkir pada halaman yang terbuka, carilah tempat parkir yang teduh khususnya jika mobil akan diparkir dalam jangka waktu yang lama, Jika tidak menemukan ruang yang teduh maka disarankan untuk menggunakan sarung mobil atau penutup mobil lainnya.

Gunakan kain yang halus saat membersihkan cat mobil

Selalu menggunakan kain yang halus saat membersihkan cat mobil, minimal menggunakan kanebo, saat ini telah banyak kain seperti kanebo yang beredar di pasaran. Hindari penggunaan potongan kain yang sembarangan seperti potongan baju bekas atau bekas handuk, karena barang-barang tersebut atau jenis kain tersebut tidak diperuntukkan atau didesain untuk membersihkan cat mobil.

Membersihkan mobil dengan teratur

Bersihkan mobil dengan teratur. Apabila bodi mobil kering maka wajib menyiram atau sekadar mebasahi bagian bodi mobil sebelum dibersihkan. Membersihkan bodi khususnya dengan cara mengelap dalam keadaan kering akan dapat mengakibatkan bodi tidak terlihat bersih serta dapat menimbulkan goresan kecil pada permukaan cat. Hal ini dapat terjadi karena akibat partikel debu dan kerikil yang runcing dan tidak rata. Walaupun goresan tersebut tidak terlihat secara kasat mata tapi jika hal ini terjadi berkali-kali maka akan mengikis lapisan cat mobil.

Segera Membilas setelah terkena hujan

Saat musim hujan risiko gangguan untuk cat mobil semakin meningkat, maka dari itu disarankan untuk segera melakukan pembilasan setelah mobil terkena hujan. Kandungan asam pada air hujan berisiko menurunkan kualitas cat mobil dalam jangka waktu panjang, tidak hanya itu bekas air hujan yang dibiarkan atau didiamkan dalam waktu yang lama akan menimbulkan lapisan jamur pada permukaan cat mobil.

Baca juga  10 Rekomendasi Tempat Nongkrong Cozy di Bali yang Buka 24 Jam

Pasang sarung mobil saat malam hari

Dan tips terakhir yang jarang diperhatikan oleh pemilik mobil adalah dengan menggunakan sarung mobil saat parkir mobil di malam hari khususnya di tempat terbuka karena jika mobil diparkir dari malam hari sampai pagi hari. Tips ini dilakukan khususnya jika di tempat yang terbuka akan ada air embun yang jika terkena cat mobil akan menyebabkan cat mobil menjadi pudar dan dapat mengurangi ketahanan bodi mobil. Jika hal ini dibiarkan secara jangka waktu yang lama akan mengakibatkan bodi mobil mengalami retak-retak kecil, maka dari itu disarankan memakai sarung mobil saat memarkir mobil di malam hari.

Demikian informasi mengenai cara efektif agar kualitas cat mobil tetap terjaga dan dalam kondisi terbaik. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...