Cara Cek Status Kartu SIM sudah Terdaftar atau Belum

0
Cara Cek Status Kartu SIM

Apakah anda baru membeli kartu SIM baru dan penasaran cara cek status kartu SIM anda apakah sudah terdaftar atau belum? maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak panduannya dibawah ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana sebuah SIM Card nomor telepon haruslah sudah terdaftar agar bisa aktif dan bisa digunakan dengan normal di HP. Hal ini sudah menjadi ketentuan tiap operator apapun itu mulai dari Telkomsel, XL, Indosat, Smartfren dan lain sebagainya.

Pentingnya mendaftarkan SIM card adalah agar setiap sim card yang digunakan tidak bisa dimanfaatkan untuk tindak kejahatan, penipuan atau kegiatan lainnya yang dapat merugikan orang lain sebab data pemilik nomor HP sudah masuk dalam database yang bisa sewaktu-waktu dilaporkan apabila terindikasi tindak pidana.

Untuk melakukan registrasi atau daftar kartu SIM maka yang anda perlukan adalah memasukkan data di KTP dan KK anda sesuai dengan permintaan verifiasi yang ada. Bagi anda yang penasaran apakah kartu SIM anda apakah sudah terdaftar atau belum, simak panduannya sebagai berikut.

Cara Cek Status Kartu SIM sudah Terdaftar atau Belum

Cara Cek Status Kartu SIM

Telkomsel

Untuk memeriksa status registrasi kartu SIM Telkomsel, buka aplikasi telepon dan ketik kode USSD *444#. Layar akan menampilkan tiga pilihan layanan: registrasi, cek status registrasi, dan UNREG.

Untuk memeriksa apakah kartu SIM Telkomsel anda sudah terdaftar, pilih menu cek status registrasi. anda akan diminta memasukkan 16 digit NIK. Tunggu hingga operator memproses permintaan anda.

Baca juga  Begini Cara Membalas Pesan WhatsApp Tanpa Terlihat Online

Cek NIK Terdaftar via SMS

Anda juga bisa konfirmasi apakah NIK kamu sudah terdaftar di nomor Telkomsel anda atau belum dengan mengirimkan SMS ke 4444. Caranya bisa anda simak sebagai berikut.

  • Buka menu SMS di HP anda.
  • Ketik REG{spasi)NIK#Nomor KK#.
  • Kirim ke 4444.
  • Tunggu sampai ada konfirmasi registrasi kartu berhasil. Jika anda dapat pop up dengan tulisan ‘No Anda sudah aktif dan terdaftar’, itu artinya NIK anda sudah terdaftar di kartu tersebut.
  • Proses selesai.

Cek NIK Terdaftar via Veronika

Selain itu, anda juga bisa hubungi asisten virtual Telkomsel bernama Veronika dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Kunjungi situs resmi Telkomsel di link telkomsel.com.
  • Kamu bisa menemukan Asisten Virtual Telkomsel di bagian kanan bawah layar.
  • Klik ikon tersebut.
  • Isi nama dan klik ‘Mulai’.
  • Tulis kata kunci kebutuhanmu, seperti ‘cek nomor NIK di kartu Telkomsel’.
  • Veronika akan memberikan jawaban. Ikuti instruksi dari Veronika.

XL

Untuk memeriksa status registrasi kartu SIM XL, anda bisa membuka aplikasi telepon dan ketik kode USSD 1234444#. Layar akan menampilkan status registrasi beserta nomor NIK yang digunakan secara otomatis.

Smartfren

Sementara untuk memeriksa status registrasi kartu SIM Smartfren, anda dapat mengunjungi situs web resmi mereka di https://my.smartfren.com/check_nik.php. Selanjutnya, masukkan NIK, nomor kartu prabayar Smartfren, dan kode konfirmasi. Setelah itu, klik tombol kirim.

Indosat

Bagi anda pengguna Indosat, maka untuk memeriksa apakah kartu SIM Indosat anda sudah terdaftar, anda dapat mengirim SMS ke nomor 4444 dengan format pesan INFO#NIK atau INFO#MSISDN.

Tri (3)

Bagi anda pengguna kartu Tri, untuk memeriksa status registrasi kartu SIM Tri, cukup kirim SMS ke 4444 dengan mengetikkan pesan STATUS.

Baca juga  Daftar APN XL Tercepat, Internet Lancar di Android dan iPhone

Demikian informasi mengenai cara cek status kartu SIM anda apakah sudah terdaftar atau belum. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *