Cara Cek Rekening Penipu di CekRekening.id Biar Transaksi Aman

0
Cara Cek Rekening Penipu di CekRekening.id

Cara cek rekening penipu di cekrekening.id menjadi referensi banyak pengguna internet untuk melakukan transaksi aman di internet secara online.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama di era teknologi digital seperti saat ini dimana banyak hal yang bisa dilakukan langsung dari HP secara online tanpa harus keluar rumah. Termasuk dalam membeli barang atau jasa secara online.

Transaksi online pun dilakukan tanpa bertapa muka dengan penjual atau pembeli dimana semuanya dilakukan secara online. Transaksi model ini memang umum ditemukan di berbagai platform digital seperti di sosial media, marketplace, WA dan lainnya.

Walaupun mempermudah dalam membeli barang atau jasa, dan juga menguntungkan untuk penjual barang atau produk secara lebih luas secara online, namun transaksi online juga kerap terjadi penipuan sehingga bagi anda yang ingin melakukan transaksi online, anda tetap harus waspada. Apalagi dalam urusannya dalam transfer uang dimana tentunya anda tidak ingin tertipu bukan? uang sudah anda transfer tetapi barang atau jasa tidak anda dapatkan.

Salah satu cara untuk terhindar dari penipuan online adalah dengan mengecek nomor rekening tujuan sebelum transaksi apakah rekening tersebut pernah menipu atau pernah dilaporkan atau tidak. Caranya adalah dengan menggunakan situs bernama cekrekening.id yang merupakan sebuah situs untuk memastikan apakah sebuah nomor rekening sudah pernah dipakai untuk melakukan penipuan atau belum yang dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo)

Pada saat anda melakukan pengecekan, rekening yang belum pernah dilaporkan atau didaftarkan biasanya akan memperoleh keterangan yang sesuai dengan tulisan warna hijau. Sementara jika sudah pernah maka nanti akan muncul beberapa informasi seperti jumlah total laporan dan tanggal dilaporkan pertama kali.

Baca juga  8+ Aplikasi Kamera Iphone untuk Android Terbaru

Secara sederhana, layanan CekRekening.id sendiri nantinya akan bertindak seperti portal yang akan mengumpulkan rekening-rekening terindikasi melakukan tindak pidana ITE kemudian membuatnya seolah-olah sebagai sebuah basis data.

Layanan tersebut akan mengumpulkan rekening-rekening dari setiap laporan yang mereka terima. Bagi anda yang belum tahu, CekRekening.id juga mempunyai fitur Laporkan Rekening untuk kasus penipuan jual beli online, investasi bodong, narkotika, hingga judi online.

Yang cukup menarik, layanan CekRekening.id tak hanya berlaku untuk rekening perbankan saja. Anda pun dapat melaporkan maupun mengecek rekening atau akun dari layanan e-wallet yang notabene kini juga semakin sering dipakai untuk bertransaksi.

Cara Cek Rekening Penipu di CekRekening.id

Berikut panduan lengkap cara mengecek rekening penipu di platform ini.

  • Akses laman cekrekening.id
  • Pilih menu “Periksa Rekening”
  • Klik “Cek Sekarang”
  • Pilih jenis akun, baik bank atau e-Wallet
  • Masukkan nama bank dan nomor rekening yang ingin dicari
  • Centang kolom verifikasi
  • Klik Cek Sekarang
  • Sistem akan mencari informasi mengenai rekening tersebut

Jika nomor rekening pernah dilaporkan melakukan penipuan, akan muncul informasi bahwa nomor rekening tersebut terindikasi penipu lengkap dengan riwayat pelaporan

Jika tidak, akan muncul informasi “Nomor Rekening Ini Belum Pernah Dilaporkan Terkait Tindak Penipuan Apapun!”

Dan terakhir, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau masyarakat untuk lebih bijaksana dalam melakukan transaksi transfer uang secara online. Sebelum mentransfer uang, jangan lupa untuk periksa ulang rekening penerima transfer tersebut di www.cekrekening.id.

Demikian informasi mengenai cara cek rekening penipu di cekrekening.id yang bisa menjadi referensi anda untuk transaksi online yang lebih aman. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *