Cara Cek Pengajuan Kartu Kredit Disetujui atau Tidak

Date:

Share post:

Apakah anda penasaran bagaimana hasil pengajuan kartu kredit anda? Simak cara cek pengajuan kartu kredit disetujui atau tidak yang bisa anda simak panduannya pada artikel kami kali ini.

Bagi anda yang mengajukan kartu kredit khususnya bagi anda yang baru mengajukan pertama kali, pastinya apabila anda telah menunggu beberapa hari dan belum ada konfirmasi dari pihak bank akan membuat anda penasaran bukan? Hal tersebut wajar karena rasa penasaran apakah kartu kredit anda disetujui atau tidak dimana apabila disetujui akan menjadi langkah pertama anda dapat mudah mengoleksi kartu kredit sesuai dengan kebutuhan anda selama anda memiliki riwayat pembayaran yang baik sebab bank biasanya mudah menyetujui pengajuan kartu kredit selanjutnya.

Namun bagi anda yang mendapatkan penolakan atau kartu kredit anda disetujui hal tersebut ada hal yang perlu anda lengkapi dan juga anda wajib mengecek riwayat pembayaran anda pada setiap cicilan yang pernah anda lakukan karena semua riwayat pembayaran anda akan terekam dan dilaporkan pada slik OJK anda.

Untuk anda yang penasaran bagaimana status pengajuan kartu kredit yang anda ajukan, maka perlu anda ketahui bahwa terdapat sejumlah proses dalam menentukan apakah anda berhak memiliki kartu kredit atau tidak dimana dalam proses tersebut dimana bank pada umumnya membutuhkan 7-14 hari kerja. Proses ini termasuk memvalidasi data yang anda ajukan untuk kartu kredit, pengecekan riwayat BI checking, penentuan plafon berdasarkan penghasilan dan pengeluaran anda, hingga akhirnya memutuskan apakah pengajuan kartu kredit anda disetujui atau tidak.

Simak beberapa aspek penting yang menjadi bahan pertimbangan menyetujui permohonan kartu kredit sebagai berikut.

Bahan Pertimbangan Pengajuan Kartu Kredit

Cara Cek Pengajuan Kartu Kredit Disetujui atau Tidak

Character

Hal yang pertama dilakukan oleh pihak bank dalam menganalisa calon peminjam yaitu dengan melihat riwayat kredit atau jejak peminjaman sebelumnya. Informasi ini tentu akan muncul di laporan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jika seorang pemohon sebelumnya memiliki riwayat kredit yang kurang lancar maka dapat menyebabkan penolakan pada pengajuan.

Capacity

Cara mengetahui pengajuan kartu kredit disetujui atau tidak dapat anda dilihat dari kapasitas pengukuran pinjaman untuk membayar kembali jumlah pinjaman amnda. Pihak bank akan membandingkan pendapatan dengan utang yang dimiliki, serta biaya hidup bulanan yang dikenal sebagai debt service ratio.

Collateral

Collateral atau modal merupakan salah satu indikasi yang dianalisa oleh pihak bank, maksud dari modal disini yaitu seberapa besar aset atau harta yang dimiliki pemohon yang dapat mengurangi kemungkinan gagal bayar.

Jaminan (collateral)

Selanjutnya cara mengetahui pengajuan kartu kredit disetujui atau tidak, maka anda dapat mempertimbangkan jaminan yang diserahkan ke pihak Bank. Karena ini merupakan salah satu faktor penentu pihak bank dalam menganalisa proses pengajuan kredit

Condition

Dan yang terakhir yaitu kondisi pinjaman seperti tingkat suku bunga dan jumlah pokok pinjaman yang dapat mempengaruhi pengajuan permohonan kartu kredit. Hal memungkinkan untuk mendapat persetujuan dari pihak pemberi pinjaman yaitu dengan memberikan keterangan bahwa penggunaan pinjaman untuk hal produktif.

Semua tahapan diatas tentu membantu bagaimana cara mengetahui pengajuan kartu kredit disetujui atau tidak, dimana anda bisa menganalisa dan melengkapi berkas anda sebelum pengajuan dilakukan. Setelah semuanya dirasa aman dan memenuhi kriteria sesuai dengan kebijakan bank, maka anda cukup menunggu pemberitahuan kartu kredit anda telah disetujui.

Cara Mengetahui Pengajuan Kartu Kredit Disetujui atau Tidak

Setelah memahami cara bank mengetahui bagaimana prosedur bank menilai kelayakan nasabah dalam persetujuan kartu kredit, maka bagi anda yang penasaran bagaimana cara mengetahui pengajuan kartu kredit disetujui atau tidak sebenarnya merupakan hak dari bank itu sendiri dimana anda akan diberitahukan oleh pihak pengkreditan mengenai status kartu kredit anda. Umumnya, pihak bank akan memberikan informasi via SMS atau email setelah 14 hari proses pengajuan.

Baca juga  Cara Mencairkan Bitcoin Ke Rupiah Langsung Ke Rekening Bank Lokal

Apabila tidak ada pemberitahuan dari pihak bank, maka pengajuan pengkreditan tersebut ditolak. Penolak tersebut berlandasan dengan kelayakan data pemohon pengajuan kartu kredit, sehingga jika terjadi kekurangan atau kelengkapan dokumen persyaratan, maka pihak bank akan meminta pemohon untuk melengkapi dokumen tersebut.

Selain itu, anda juga tidak bisa menanyakan langsung ke bank apa kartu kredit anda disetujui atau tidak selama proses pengajuan kartu kredit sebab bank tidak akan menjawab pertanyaan tersebut dan akan mengatakan sedang diproses pihak terkait dan akan infokan kepada secepat mungkin. Oleh karena itu, sebelum anda mengajukan kartu kredit, penting untuk memastikan segala syarat dan kelayakan pengajuan telah anda penuhi agar anda tidak perlu penasaran lagi. Sebab apabila semua lengkap dan tidak terdapat masalah BI checking, maka besar kemungkinan kartu kredit anda akan disetujui.

Sekian informasi mengenai cara cek pengajuan kartu kredit disetujui atau tidak. Semoga menjadi informasi berguna dan bermanfaat bagi anda yang mengajukan kartu kredit.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...