Cara Cek Kesehatan HDD dan SSD Biar Data Tidak Error dan Hilang

Date:

Share post:

Data di laptop atau di PC anda banyak data yang penting? maka anda perlu mengetahui cara cek kesehatan HDD dan SDD biar data tidak error dan hilang.

Media penyimpanan baik itu HDD (Hard Disk Drive) maupun SSD (Solid State Drive) memang menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan ketika sedang memakai laptop atau komputer. Mengapa tidak sebab komponen ini yang menangani penyimpanan data komputer dimana baik HDD maupun SSD, memiliki masa pakai terbatas yang dapat rusak.

Biasanya ditandai dengan data yang mulai sering rusak, suara aneh, dan gagal booting. Apabila anda menyadari terlambat, maka anda bisa kehilangan berkas yang dianggap penting.

Salah satu cara agar memastikan data anda di laptop di PC tetap aman adalah secara berkala mengecek kesehatan HDD dan SSD. Ini dilakukan agar anda dapat mencegah komponen rusak seperti segera memindahkan data ke media lain atau layanan penyimpanan awan (Cloud Storage)

Untuk itu kali ini kami akan membagikan cara cek kesehatan HDD dan SDD biar data tidak error dan hilang yang bisa anda simak panduannya sebagai berikut.

Cara Cek Kesehatan HDD dan SSD

Cara Cek Kesehatan HDD dan SSD

  • Tekan tombol Start Windows
  • Ketik “Command Prompt”
  • Buka aplikasi Command Prompt dari hasil penelusuran
  • Di jendela yang muncul, ketik wmic diskdrive get model,status
  • Tekan Enter
  • Informasi mengenai kesehatan media penyimpanan akan muncul

Sebagian besar HDD maupun SSD modern biasanya akan dilengkapi dengan sebuah fitur yang disebut S.M.A.R.T. (Self-Monitoring, Analysis, and Reporting Technology). Fungsinya untuk memonitor berbagai macam status dari media penyimpanan terkait.

Fitur ini memang memungkinkan sebuah komputer memunculkan notifikasi jika HDD atau SSD mengalami penurunan kinerja sehingga kita bisa melakukan sejumlah persiapan. Meskipun begitu, kita pun dapat mengaksesnya secara manual dari perangkat kita.

Baca juga  Cara Baca Fizzo Novel Secara Offline Walau Tanpa Koneksi Internet

Di komputer atau laptop berbasis sistem Microsoft Windows 8 ke atas, kita bisa melakukan pengecekan secara manual dengan beberapa langkah di atas. HDD dan SSD dalam kondisi baik jika status menunjukkan OK. Akan berlaku sebaliknya apabila keterangan yang muncul selain itu seperti Pred Fail, Bad, Caution, atau Unknown.

Mengecek status S.M.A.R.T. dari sebuah media penyimpanan juga bisa dilakukan oleh mereka yang menggunakan komputer atau laptop berbasis MacOS. Hanya saja langkah-langkahnya tentu saja cukup berbeda.

Untuk Perangkat MacOS

  • Pertama, anda bisa klik tombol Apple yang biasa terdapat di pojok kiri atas layar
  • Lalu anda bisa pilih menu About This Mac
  • Klik opsi System Report
  • Cari dan buka bagian Storage dari panel sebelah kiri
  • Pilih penyimpanan yang dimaksud
  • Cek bagian S.M.A.R.T. Status dari penyimpanan terpilih

Untuk perangkat dengan sistem MacOS, S.M.A.R.T. Status akan menampilkan keterangan Verified untuk media penyimpanan yang berada dalam keadaan baik atau Failing apabila terdapat sebuah masalah.

Menggunakan Aplikasi

Walaupun cepat dan praktis untuk digunakan, informasi yang bisa diperoleh dari sistem pengecekan S.M.A.R.T. Status bawaan sistem operasi sayangnya cukup terbatas dan banyak dikeluhkan pengguna. Maka dari itu, tidak jarang banyak orang yang memanfaatkan bantuan dari aplikasi khusus untuk mengoreknya secara lebih mendetail.

Untuk hal ini anda bisa memanfaatkan aplikasi gratis bernama CrystalDiskInfo untuk Windows. Dan untuk anda pengguna perangkat MacOS, anda dapat mempertimbangkan untuk membeli DriveDX yang sebelumnya bisa anda trial lewat masa percobaan.

Beberapa manufaktur media penyimpanan juga menyediakan aplikasi pengecek kesehatan HDD dan SSD mereka sendiri yang bisa menjadi opsi selanjutnya. Termasuk di antaranya anda dapat menggunakan Drive Utilities dari Western Digital atau SeaTools milik Seagate.

Baca juga  2 Cara Tukar Poin SmartPoin dari Smartfren Jadi Pulsa dan Paket Kuota

Demikian informasi mengenai cara cek kesehatan HDD dan SDD biar data tidak error dan hilang. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...