Cara Blokir SMS Spam, Penipuan Yang Mengganggu

Date:

Share post:

Apakah anda sering mendapatkan SMS spam yang berisikan sms penipuan, sms undian, atau ajakan mendaftar sebuah link atau situs? maka pastinya hal tersebut sangat mengganggu. Namun jangan kuatir sebab kali ini kami akan membagikan cara blokir SMS spam yang mudah untuk anda terapkan di HP anda.

Walaupun SMS saat ini bisa dikatakan sudah jarang digunakan dimana banyak orang beralih pada platform digital online seperti WA, atau sosial media. Tetapi SMS masih kerap digunakan sebagai media informasi untuk menyampaian informasi. Tentunya ini bagus, tetapi ketika SMS sudah mengarah ke SPAM maka hal tersebut bisa menjadi sangat mengganggu.

Tentang SMS Spam

SMS spam kadang-kadang dikirim untuk tujuan komersil atau kejahatan. Kerap kali SMS spam yang cukup mengganggu biasanya mengandung link ke situs web tertentu. Jika anda mengklik tautan tersebut, ada kemungkinan virus akan menyerang perangkat anda dan mengambil data pribadi atau data penting lainnya dari HP anda.

Jenis SMS spam selanjutnya adalah SMS yang berisi iklan. SMS ini biasanya dikirim oleh provider dan berisi informasi seperti diskon di restoran untuk pelanggan tertentu dari provider. Jika ini dikirim oleh provider, SMS spam tidak dapat dihilangkan secara langsung.

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa SMS spam dapat dikirim ke nomor HP anda? Pengirim pesan teks spam ini mendapatkan nomor HP dari aplikasi atau website yang menjual data nomor telepon. Dan mungkin saja anda sendiri yang menyebarkan data pribadi saat mengisi formulir online di situs web yang tidak jelas. Tidak mengherankan jika banyak SMS spam dikirim dalam satu hari.

Baca juga  Aplikasi Live Wallpaper Android Yang Bergerak Untuk Anda Coba

Tips dan Cara Blokir SMS Spam

Cara Blokir SMS Spam

Namun jangan kuatir sebab kali ini kami akan membagikan tips dan cara blokir SMS spam yang bisa anda simak sebagai berikut.

Jangan Membalas SMS Spam

Ketika anda mendapat SMS spam yang masuk dan tidak sengaja terbuka, ada baiknya untuk tak membalas SMS spam tersebut. Pasalnya, ketika anda membalas, ini memungkinkan pengirim SMS spam mengetahui bahwa nomor HP anda aktif.

Jika pengirim SMS spam mengetahui bahwa nomor yang dikirim adalah nomor aktif, biasanya mereka akan mengirim lebih banyak SMS spam.

Jangan Klik Apapun

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, beberapa SMS spam biasanya berisi link website tertentu. Mungkin ada beberapa SMS yang memang berisi link website yang benar. Namun, ternyata ada beberapa link website yang sekilas mirip tapi palsu.

Di sinilah butuh ketelitian anda dalam melihat link website yang diberikan. Pasalnya, berbeda penulisan titik atau huruf, berbeda pula website-nya. Maka dari itu, jangan sembarangan mengklik tautan yang ada dalam pesan teks karena bisa jadi link tersebut berisi virus yang bisa mengambil informasi pribadi anda. Data pribadi anda yang terkumpul akan dijual kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tidak hanya itu, beberapa link juga dapat berisi virus yang akan menguras saldo pulsa hingga membuat HP rusak. Beberapa link juga akan mengarahkan anda ke website yang tidak jelas hanya untuk meningkatkan kunjungan ke laman tersebut.

Blokir Menggunakan Pengaturan di HP

Pada umumnya, sudah banyak HP yang ternyata sudah memiliki fitur bawaan untuk memblokir panggilan maupun SMS spam yang mengganggu. Untuk HP biasa, anda bisa mengetik ‘Blok’ di pencarian. Nantinya akan muncul menu untuk blokir panggilan dan SMS.

Baca juga  Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik 2D/3D Yang Cocok Untuk Pemula

Sedangkan untuk HP Android, anda cukup masuk ke aplikasi pesan. Lalu, klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas. Setelah masuk, pilih pengaturan. Untuk lebih jelasnya, simak panduannya sebagai berikut.

  • Anda bisa memilih opsi ‘Block message’
  • Pilih opsi ‘Block by phrases’
  • Masukkan sejumlah kata kunci atau kalimat yang biasanya muncul pada SMS spam, misalnya frase ‘Pinjaman online’, ‘Butuh modal usaha’, ‘Undian berhadiah’, dan lain-lain.
  • Setelah itu pilih ikon ‘+’ di samping kata yang telah dimasukkan tersebut.
  • Setelah selesai, setiap ada SMS spam dengan kata kunci tersebut akan otomatis terblokir.

Untuk beberapa smartphone Android, anda juga bisa memblokir dengan cara mengeklik nomor pengirim pesan. Setelah itu, klik tanda titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih ‘Blokir’. Dengan cara ini, nomor telepon tersebut tidak bisa lagi mengirim pesan spam ke nomor anda.

Sementara itu, untuk anda pengguna iPhone, anda bisa memblokir dengan cara ketuk ‘i’ di pojok kanan atas pesan teks spam. Selanjutnya anda tinggal memilih nomor dan pilih ‘Blokir’.

Blokir Menggunakan Aplikasi

Saat ini sudah banyak pengembang aplikasi yang menghadirkan aplikasi khusus untuk memblokir SMS spam. Salah satu aplikasi tersebut bernama Truecaller. Aplikasi ini akan mengidentifikasi dan memblokir penipu, telemarketing dan nomor yang tidak diinginkan secara otomatis. Aplikasi ini juga secara otomatis memisahkan SMS spam sehingga mudah terdeteksi atau mudah dihapus.

Ada juga aplikasi CallApp dimana aplikasi ini secara otomatis akan menampilkan nama kontak yang tertera di HP lain. Pengembang aplikasi ini mengklaim sistem AI yang digunakan mampu memblokir nomor yang sering mengirim SMS spam.

Apabila anda ingin fokus memblokir SMS spam saja, anda bisa mencoba aplikasi SMS Block buatan Key Messages. Dalam aplikasi ini terdapat fitur yang secara otomatis memblokir SMS spam dari pengirim yang tidak dikenal. Teknologi AI yang dihadirkan mampu membedakan mana nomor asli dan nomor spam.

Baca juga  3 Cara Menyimpan Stiker Whatsapp ke Galeri Dengan Mudah

Pastikan Nomor Pengirim SMS

Perlu anda perhatikan bahwa beberapa SMS spam akan berusaha membuat anda mengungkapkan informasi pribadi seperti detail ATM dan tabungan, serta nomor KTP. Maka dari itu, selalu perhatikan dari mana SMS berasal. Karena ada beberapa SMS spam memiliki kata-kata yang mirip dengan perusahaan resmi.

Update Aplikasi Pesan di HP

Google juga sudah menyediakan aplikasi pesan khusus bernama Messages yang hadir di HP Android. Aplikasi ini ternyata memiliki fitur blokir SMS spam. Sayangnya, untuk mengaktifkan fitur ini, anda harus meng-update aplikasi pesan ke versi terbaru. Dengan update ini, fitur lebih lengkap dan sudah ada fitur untuk mengumpulkan dan memblokir spam.

Demikian informasi mengenai cara blokir SMS spam yang mudah untuk anda terapkan di HP anda untuk menghindarkan anda dari berbagai modus penipuan dan bisa merugikan anda. Semoga berguna dan bermanfaat. Apabila ternyata masih saja banyak SMS spam yang masuk, mungkin ada baiknya anda mengganti nomor HP.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...