6 Cara Ampuh Mengobati Rasa Sakit Leher Yang Tegang dan Kaku

0
Cara Ampuh Mengobati Rasa Sakit Leher Yang Tegang dan Kaku

Apakah anda sering mengalami otot leher yang terasa tegang, kaku hingga nyeri? maka jangan lewatkan tips cara ampuh mengobati rasa sakit leher yang akan kami bagikan dibawah ini.

Nyeri pada bagian leher bisa menimpa dan terjadi pada siapa saja, dimana ketika masalah ini terjadi tentu akan membuat segala aktivitas yang dilakukan akan terganggu dan membuat rasa tidak nyaman.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab rasa sakit pada leher hingga nyeri, mulai dari keseringan menggunakan perangkat pintar dengan cara yang salah, salah posisi tidur, rasa stress, hingga mengalami cedera.

Sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan tips cara ampuh mengobati rasa sakit leher yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengobati Rasa Sakit Leher Yang Tegang dan Kaku

Cara Ampuh Mengobati Rasa Sakit Leher Yang Tegang dan Kaku

Kompres dingin atau panas

Kompres, baik dingin atau panas, dapat mengurangi inflamasi. Anda bisa melakukan kompres dingin dengan es balok yang dibungkus oleh handuk dan taruh pada bagian leher. Cara ini dapat mengurangi inflamasi. Hal yang sama juga didapatkan oleh kompres panas yang dapat memperlancar peredaran darah.

Pijat

Pijat memang bisa jadi salah satu pilihan cara mengatasi leher kaku dimana pijat dapat membantu melemaskan otot sekitar leher. Sebaiknya anda bisa melakukan pijat dengan tenaga profesional karena pijat yang dilakukan sembarangan bisa memicu cedera.

Kurangi stres

Stres jadi salah satu pemicu leher yang tegang. Mengurangi stres bisa jadi cara mengobati sakit leher secara alami. Anda bisa mengurangi stres dengan berbagai cara yang sesuai, mulai dari meditasi, pergi berlibur, bertemu teman, hingga melakukan hobi.

Baca juga  6 Cara Mengatasi Lengan Sakit dan Penyebabnya

Pastikan posisi tidur yang tepat

Posisi tidur bisa menyebabkan leher terasa kaku. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memperhatikan kasur, bantal, serta posisi tidur yang tepat. Pastikan agar kasur cukup padat untuk menopang tubuh. Usahakan posisi tidur menyamping atau terlentang. Pastikan juga tubuh dalam kondisi rileks sebelum tidur.

Peregangan

Peregangan dapat membantu mengurangi rasa sakit pada leher. Lakukan peregangan dengan cara memutar pundak ke depan dan belakang. Tekan tulang belikat secara bersamaan dan lakukan peregangan dengan gerakan menoleh ke kiri dan kanan. Namun, pastikan agar gerakan dilakukan dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa.

Akupunktur

Akupunktur juga jadi salah satu cara mengobati sakit leher secara alami. Terapi ini telah dilakukan sejak ratusan tahun lalu sebagai metode pengobatan tradisional di Asia Timur. Akupunktur merupakan metode pengobatan yang melibatkan penggunaan jarum. Jarum itu ditusukkan ke titik-titik tertentu pada tubuh.

Demikian informasi mengenai cara ampuh mengobati rasa sakit leher, semoga bisa mengatasi atau meringankan masalah yang anda hadapi. Jika nyeri terus berlanjut dan berulang, maka anda baiknya anda segera berkonsultasi pada dokter anda untuk mendapatkan solusi medis terbaik dari ahlinya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *