6 Cara Aman Mengatasi Telinga Kemasukan Air, Jangan Sembarangan!

Date:

Share post:

Apakah telinga anda kemasukan air karena berenang atau terguyur air secara sengaja maupun tidak sengaja? Jangan kuatir, sebab pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara aman mengatasi telinga kemasukan air yang bisa anda simak dibawah ini.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana telinga yang kemasukan air merupakan kondisi umum yang sering dialami setelah berenang, mandi, atau aktivitas lain yang melibatkan air. Tidak jarang juga air dapat masuk ke telinga karena kejadian yang tidak disengaja seperti terpercik atau terguyur air.

Walaupun memang tidak berbahaya tetapi pastinya air yang masuk ditelinga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman serta dapat mengganggu pendengaran. Bahkan pada kondisi yang parah, bisa memicu infeksi dan komplikasi penyakit lain.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara aman mengatasi telinga kemasukan air dimana anda bisa menyimak beberapa tipsnya sebagai berikut.

Cara Aman Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Cara Aman Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Memiringkan kepala

Cara pertama dan juga paling mudah untuk mengeluarkan air yang masuk ke telinga adalah dengan memiringkan kepala. Untuk melakukan cara ini, disarankan untuk tidur miring dengan kepala di atas handuk selama beberapa menit hingga air keluar dari telinga.

Menggerakkan daun telinga

Selanjutnya, anda juga bisa menggerakkan daun telinga dengan cara memegangnya dengan posisi jempol di bagian belakang daun telinga dan mulai digerak-gerakkan. Cara ini akan memberikan getaran pada bagian dalam telinga sehingga air yang terjebak memiliki jalan untuk keluar.

Baca juga  Begini Tips Menghilangkan Bau Ketiak Yang Bisa Membuat Tidak Percaya Diri

Namun, cara ini tidak boleh digunakan jika seseorang mengalami rasa sakit ketika menggerakkan daun telinga. Rasa sakit yang dialami tersebut merupakan pertanda infeksi sehingga perlu segera diperiksa oleh dokter.

Menetesi telinga dengan larutan rubbing alcohol dan cuka

Air yang terperangkap bisa dikeluarkan dengan meneteskan larutan rubbing alcohol dan cuka. Rubbing alcohol akan mengeringkan bagian dalam telinga dan cuka akan mencegah tumbuhnya bakteri di dalam telinga.

Dikomendasikan untuk mencampurkan 1 bagian rubbing alkohol dan 1 bagian cuka. Aplikasikan tiga hingga empat tetes larutan tersebut ke dalam telinga dan gosok bagian luar telinga dengan lembut. Setelah 30 detik, miringkan kepala untuk mengeluarkan larutan tersebut dari telinga.

Namun, jangan menggunakan cara ini ketika terdapat infeksi telinga bagian luar, gendang telinga pecah, atau menggunakan tabung telinga.

Mengeringkan dengan pengering rambut

Menggunakan pengering rambut dengan setelan suhu rendah atau dingin bisa membantu mengeringkan air di dalam telinga. Caranya adalah dengan mengarahkan pengering rambut setidaknya sekitar 30 cm dari telinga yang kemasukan air. Anda bisa membuka bagian daun telinga agar udara bisa masuk dengan lebih baik ke dalam telinga.

Menggunakan larutan hidrogen peroksida

Larutan hidrogen peroksida juga akan membantu mengatasi telinga yang kemasukan air dan penumpukan kotoran. Melarutkan 3 persen hidrogen peroksida dengan air atau menggunakan obat tetes telinga yang mengandung hidrogen peroksida akan memberikan hasil yang sama.

Anda cukup teteskan sebanyak dua hingga tiga tetes larutan hidrogen peroksida pada telinga yang kemasukan air dan tunggu hingga beberapa menit. Miringkan kepala hingga air bisa keluar dari telinga dan keringkan bagian luarnya.

Sayangnya, cara ini tidak direkomendasikan pada orang-orang yang baru saja melakukan operasi telinga, menggunakan tabung telinga, memiliki luka di dalam telinga, gendang telinga pecah, dan memiliki infeksi telinga.

Baca juga  Cara Mudah Mengatasi Overthinking Untuk Tips Kesehatan Mental

Mengaplikasikan kompres hangat

Dan terakhir, anda bisa mencoba mengompres telinga dengan air hangat bisa melemaskan jaringan dan menghindarkan penyumbatan di telinga. Caranya, anda bisa tempelkan kompres hangat pada telinga yang kemasukan air dan tidur dengan posisi miring.

Biarkan dalam beberapa menit agar telinga terasa hangat dan air bisa dengan mudah keluar. Menggerakkan daun telinga setelahnya juga direkomendasikan untuk memastikan bahwa tidak ada air yang terperangkap di dalam telinga.

Demikian informasi mengenai cara aman mengatasi telinga kemasukan air yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...