7 Cara Alami Mengatasi Mata Lelah Dengan Mudah

0

Mata lelah merupakan kondisi kesehatan ringan yang kadang datang karena beberapa pemicu. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara alami mengatasi mata lelah dengan mudah.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana mata lelah merupakan masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang bekerja di depan layar komputer sepanjang hari.

Selain itu, mata lelah juga biasa datang karena beberapa pemicu seperti kurang tidur, menyetir dalam waktu lama, terlalu lama membaca, atau terjaga di ruangan yang terlalu redup atau terang.

Walaupun kondisi mata lelah ini termasuk kondisi penyakit ringan, tetapi kondisi ini cukup mengganggu dan bisa menyebabkan ketidaknyamanan, penglihatan kabur bahkan hingga menimbulkan rasa sakit kepala.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka berikut kami bagikan cara alami mengatasi mata lelah dengan mudah yang bisa anda simak dibawah ini.

Cara Alami Mengatasi Mata Lelah Dengan Mudah

Kompres dengan handuk hangat

Tips pertama, saat mata lelah, maka anda bisa mencoba memejamkan mata lalu kompres dengan handuk lembap yang baru dicelupkan ke air hangat. Kompres hangat dapat melembapkan mata kering, mengurangi rasa nyeri, melancarkan peredaran darah, dan membuat mata rileks.

Istirahatkan mata

Cara mengatasi mata lelah secara alami yang paling penting lainnya yakni istirahatkan mata secara berkala. Istirahatkan mata selama 20 detik dengan cara melihat sesuatu yang berjarak setidaknya lima meter setiap 20 menit sekali.

Baca juga  6 Jenis Olahraga untuk Meninggikan Badan yang Efektif

Selain itu, setiap menatap layar selama dua jam, istirahatkan mata selama 15 menit agar mata tidak lelah.

Atur pencahayaan

Sebagian orang kerap menatap gawai, menonton TV, atau membaca buku dalam kondisi ruangan yang redup. Hal ini bisa menyebabkan mata lelah. Saat membaca, coba berikan cahaya ke buku, hindari menonton TV atau menatap gawai di ruangan yang redup, dan atur kontras layar dengan tingkat pencahayaan yang pas.

Tutup kedua mata dengan telapak tangan

Cara mengatasi mata lelah secara alami yang mudah lainnya yakni dengan menutup kedua telapak mata yang terpejam dengan telapak tangan. Saat menutup kedua mata dengan telapak tangan, hindari menekan bola mata. Ketika menjajal metode ini, usahakan tubuh dan pikiran dalam kondisi rileks.

Buat pengaturan di gawai yang nyaman di mata

Mengubah beberapa pengaturan saat menggunakan gawai dapat berdampak besar pada mata. Pastikan layar yang anda tatap berjarak setidaknya 50 centimeter dari wajah. Selain itu, usahakan bagian tengah layar posisinya sedikit di bawah ketinggian mata.

Selain itu, atur ukuran teks di gawai jangan terlalu kecil agar mata tidak gampang lelah.

Tempelkan teh celup ke mata

Selain kompres hangat, Anda juga bisa mengompres mata lelah dengan memanfaatkan teh celup bekas. Cara mengatasi mata lelah dengan teh celup ini cukup mudah. Masukkan kantong teh celup bekas seduhan ke lemari es.

Setelah cukup dingin, tempelkan kantong teh celup tersebut ke kelopak mata yang lelah.

Jaga kelembapan udara ruangan

Dan tips terakhir, mata kering bisa jadi penyebab mata lelah. Oleh karena itu, sebaiknya anda menjaga kelembapan udara ruangan jangan terlalu kering agar mata tidak mudah lelah. Hindari paparan pendingin udara atau kipas angin yang langsung mengarah ke wajah.

Baca juga  4 Cara Mengurangi Asupan Gula tanpa Harus Menyiksa Diri

Demikian informasi mengenai cara alami mengatasi mata lelah dengan mudah bagi anda yang mengalami kondisi ini. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *