10 Cara Alami Atasi Sakit Perut Dengan Bahan Herbal Tanpa Obat

Date:

Share post:

Sakit perut bisa menimpa siapa saja dan kapan saja yang bisa disebabkan karena berbagai hal. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara alami atasi sakit perut dengan bahan herbal tanpa obat.

Ketika sakit perut menyerang, pastinya akan terasa sangat mengganggu dan bisa mengacaukan aktivitas yang sedang dilakukan. Umumnya sakit perut akan membuat rasa nyeri pada bagian perut dan bahkan terasa ingin buang air besar.

Banyak obat sakit perut yang beredar di pasaran dan mudah dibeli di apotik tetapi terlalu bergantung pada obat yang mengandung bahan kimia tentunya tidak terlalu baik untuk kesehatan dalam jangka panjang. Apalagi jika anda sering mengalami sakit perut dan tergantung pada obat-obatan.

Dan pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan ara alami atasi sakit perut dengan bahan herbal tanpa obat yang bisa dengan mudah anda temukan bahannya di sekeliling anda.

Cara Alami Atasi Sakit Perut Dengan Bahan Herbal Tanpa Obat

Cara Alami Atasi Sakit Perut

Kayu Manis

Kayu manis diketahui memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antispasmodik yang dapat membantu meredakan sakit perut. Senyawa-senyawa dalam kayu manis dapat membantu mengurangi peradangan, melawan infeksi, dan meredakan kejang perut.

Pepaya

Pepaya merupakan buah yang bisa membantu meredakan sakit perut yang disebabkan oleh sembelit. Hal ini disebabkan enzim seperti papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase yang terkandung dalam pepaya, yang dapat menurunkan tingkat keasaman perut dan mengurai protein dalam makanan menjadi molekul yang lebih mudah dicerna.

Baca juga  7 Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Depan dan Penyebabnya

Peppermint

Minyak peppermint dapat membantu mengurangi kejang otot pada saluran pencernaan dan memberikan efek menenangkan pada lambung. Cobalah minum teh peppermint atau menggunakan minyak peppermint secara tropikal dengan menggosokkannya di perut.

Pisang

Pisang mengandung pektin, serat larut air yang dapat membantu meredakan iritasi pada saluran pencernaan. Pisang juga mudah dicerna, sehingga cocok untuk penderita sakit perut ringan.

Jahe

Jahe telah lama dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan antispasmodik ,yang dapat membantu meredakan peradangan dan kram pada lambung. Anda dapat membuat teh jahe hangat atau menambahkannya ke dalam makanan sebagai rempah penyedap.

Yoghurt Probiotik

Yoghurt yang mengandung bakteri baik atau probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan. Ini dapat bermanfaat bagi mereka yang mengalami gangguan pencernaan atau iritasi lambung.

Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa antiinflamasi alami yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Tambahkan kunyit ke dalam masakan atau minuman untuk mendapatkan manfaatnya.

Chamomile

Teh Chamomile dikenal memiliki efek menenangkan pada otot lambung dan dapat membantu meredakan perut kembung. Minum secangkir teh chamomile hangat saat merasa tidak nyaman di area perut.

Jus Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan menenangkan yang dapat membantu meredakan iritasi pada saluran pencernaan, sehingga dapat memberikan efek positif pada meredakan sakit perut ringan. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan profesional medis sebelum mengandalkan lidah buaya secara eksklusif untuk masalah kesehatan.

Air Jahe dan Madu

Campuran air jahe hangat dengan tambahan madu dapat memberikan efek menghangatkan dan meredakan sakit perut. Kombinasi ini juga dapat membantu mengatasi rasa tidak nyaman akibat pilek atau flu.

Asam Sitrat

Lemon atau jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat membantu merangsang produksi asam lambung, membantu pencernaan, dan mengurangi rasa sakit perut.

Baca juga  10 Penyebab Telapak Kaki Terasa Panas Serta Solusi Cara Mengatasinya

Buah Tin

Cara alami mengatasi sakit perut terakhir adalah dengan mengonsumsi buah tin. Selain memiliki rasa manis, juga dianggap mengandung senyawa laksatif untuk mengatasi sembelit dan memfasilitasi BAB. Walaupun dapat membantu meredakan gejala maag, perlu diingat bahwa buah ini tidak disarankan untuk mereka yang mengalami diare.

Demikian informasi mengenai cara alami atasi sakit perut dengan bahan herbal tanpa obat. Apabila sakit terus berlanjut dan makin parah, maka sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter anda untuk mendapatkan pertolongan medis dari ahlinya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...