Informasi Biaya Bagasi AirAsia Rute Domestik dan Internasional 2024

Date:

Share post:

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi biaya bagasi AirAsia rute domestik dan internasional terbaru bagi anda yang mencari penasaran akan biaya tambahan akan barang bawaan yang disimpan di bagasi pesawat ketika anda menggunakan penerbangan AirAsia.

Mengetahui biaya bagasi saat bepergian dengan maskapai penerbangan merupakan langkah penting untuk merencanakan perjalanan dengan menggunakan pesawat yang lancar termasuk ketika anda memilih menggunakan maskapai AirAsia.

AirAsia sendiri merupakan salah satu maskapai penerbangan terkemuka di dunia khususnya di Asia yang menawarkan berbagai pilihan bagasi untuk penumpangnya, baik untuk rute domestik maupun internasional. Maskapai ini menawarkan beberapa pilihan bagasi tergantung pada kebutuhan dan preferensi penumpang. Untuk rute domestik, AirAsia biasanya menawarkan tarif bagasi yang berbeda tergantung pada berat dan dimensi bagasi serta saat pembelian tiket.

Dengan mengetahui biaya bagasi ini sebelumnya, maka penumpang dapat mengatur bagasi dengan tepat sesuai dengan kebutuhan perjalanan dan tidak kaget akan biaya yang bisa tiba-tiba muncul ketika bagasi overload.

Seperti halnya dengan maskapai penerbangan lainnya, AirAsia juga memiliki ketentuan bagasi untuk para penumpangnya yang mana bisa anda simak sebagai berikut.

Ketentuan Bagasi AirAsia

Semua penumpang (kecuali bayi) diperbolehkan membawa 2 bagasi kabin ke dalam pesawat yang terdiri dari satu bagasi kabin, satu tas kecil.

Satu bagasi kabin: tidak boleh melebihi ukuran 56 cm (T) X 36 cm (L) X 23 cm (P) serta semua bagian seperti pegangan koper, roda, dan kantong tepinya harus muat dalam ruang penyimpanan di atas kepala di kabin pesawat.

Baca juga  Cara Belajar Investasi untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan Untuk Masa Depan Cerah

Satu tas laptop atau satu tas tangan atau satu tas kecil: tidak boleh melebihi ukuran 40 cm (T) X 30 cm (L) X 10 cm (P) serta harus muat di bawah kursi di depan Anda. Berat kedua tas/koper dan tas kecil ini tidak boleh melebihi tujuh kg.

Sebagai catatan dimana jatah bagasi kabin tersebut hanya berlaku untuk penumpang dewasa. Bayi berumur kurang dari dua tahun tidak mendapat jatah bagasi kabin. Anak-anak berumur dua tahun ke atas akan mendapat jatah bagasi kabin yang sama seperti yang disebutkan di atas. Saat bepergian dengan bayi atau anak-anak, kereta bayi tidak boleh masuk ke dalam pesawat tetapi dapat didaftarkan tanpa biaya. Segala jenis tempat duduk bayi juga harus didaftarkan dan akan termasuk ke dalam jatah bagasi terdaftar yang telah anda beli.

Biaya Bagasi AirAsia Rute Domestik dan Internasional

Biaya Bagasi AirAsia Rute Domestik dan Internasional

Apabila anda penasaran berapa biaya bagasi AirAsia rute domestik dan internasional, maka berikut kami bagikan informasinya dibawah ini.

Saat Pemesanan Awal

  • Domestik sampai 10 kg Rp202.000
  • Domestik sampai 15 kg Rp304.000
  • Domestik sampai 20 kg Rp410.000
  • Domestik sampai 30 kg Rp870.000
  • Domestik sampai 40 kg Rp1.480.000
  • Domestik sampai 50 kg Rp1.924.000
  • Domestik sampai 60 kg Rp2.598.000

Setelah Pemesanan Awal

  • Domestik sampai 10 kg Rp282.000
  • Domestik sampai 15 kg Rp426.000
  • Domestik sampai 20 kg Rp574.000
  • Domestik sampai 30 kg Rp1.218.000
  • Domestik sampai 40 kg Rp2.072.000
  • Domestik sampai 50 kg Rp2.694.000
  • Domestik sampai 60 kg Rp3.638.000

Sebagai informasi, dari tahun 2020 hingga 2021, maskapai AirAsia memberlakukan bagasi terdaftar gratis atau free baggage hingga kapasitas 15 kilogram. Kemudian, semua pemesanan domestik pada penerbangan QZ yang diterbitkan mulai 01 May – 31 Oktober 2023 akan menerima jatah bagasi 20 kg gratis. Anda bisa lebih menghemat jika membuat pra-pesan atau pemesanan sebelumnya untuk bagasi anda secara online sebelum berangkat ke bandara.

Baca juga  Contoh Surat Pengajuan Dana Operasional Serta Cara Membuatnya

Pembelian bagasi ini bisa dilakukan lewat fitur Pembelian Saya di situs resmi AirAsia, Live Chat, atau melalui Call Center AirAsia, atau bahkan konter check-in bandara paling lambat 4 jam sebelum waktu keberangkatan terjadwal. Setiap penumpang bisa membeli hingga 40 kg per arah, per penumpang. Apabila anda membawa bagasi terdaftar seberat 40 kg atau lebih, maka disarankan agar berat setiap bagasi terdaftar tidak lebih dari 32 kg.

Setiap penumpang yang membawa lebih dari jatah bagasi perorangan, akan dikenakan biaya kelebihan bagasi (excess baggage) dengan harga yang berlaku pada hari keberangkatan. Biaya kelebihan bagasi dihitung dan dibayar dalam mata uang negara keberangkatan. Menggabungkan atau berbagi jatah bagasi hanya diperbolehkan untuk mereka yang terdaftar dalam jadwal perjalanan (nomor pembelian) yang sama dan mendaftarkan bagasi/check-in bersama.

Demikian informasi mengenai informasi biaya bagasi AirAsia rute domestik dan internasional terbaru 2024 yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...