Berapa Biaya Liburan ke Jepang? Ini Rincian dan Prosesnya

Date:

Share post:

Bagi anda yang penasaran berapa biaya liburan ke Jepang untuk jalan-jalan ke negeri sakura ini, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan informasi berapa biaya liburan ke Jepang lengkap dengan rincian dan prosesnya.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana liburan ke Jepang telah menjadi impian banyak orang karena keindahan alamnya, kekayaan budayanya dan berpadu dengan kemajuan teknologinya yang menakjubkan. Selain itu di Jepang juga terdapat berbagai spot wisata menarik dan jarang ditemukan di negara lain. Belum lagi kekhasan kuliner dan sikap para masyarakat Jepang.

Jika anda berencana berlibur ke Jepang, maka tentu anda harus mempersiapkan budget yang cukup lumayan sebab terdapat banyak hal yang menuntut anda mengeluarkan biaya seperti pembuatan visa, pembelian tiket pesawat ke luar negeri pulang-pergi, jajan, dan lain sebagainya.

Namun jangan kuatir, untuk bisa merencanakan menghemat rencana pengeluaran liburan anda ke Jepang, berikut kami bagikan informasi biaya liburan ke Jepang dan juga kisaran rinciannya.

Biaya Liburan Ke Jepang

Berapa Biaya Liburan ke Jepang

Pembuatan Visa dan Paspor

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat Visa untuk dapat pergi ke Jepang. Tanpa visa, anda tidak akan diizinkan masuk ke negara ini. Visa dapat dibuat secara mandiri ataupun melalui agen travel. Adapun mengutip dari laman resmi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, biaya visa ke Jepang terbaru per 1 April 2023 adalah sebagai berikut:

  • Visa single entry: Rp330.000
  • Visa multiple entry (visa yang bisa digunakan untuk mengunjungi Jepang berkali-kali selama masa berlaku): Rp650.000
  • Visa transit: Rp80.000
Baca juga  7 Rekomendasi Hotel di Jogja Terbaik Dengan Harga Murah

Untuk pengajuan visa secara mandiri anda bisa ikuti cara sebagai berikut.

  • Mempersiapkan dokumen pengajuan pembuatan visa, meliputi permohonan visa Jepang, paspor, pas foto terbaru ukuran 4,5 x 4,5 cm, fotokopi KTP, bukti pemesanan tiket PP Jepang, jadwal itinerary, dan rekening koran 3 bulan terakhir. Untuk syarat visa Jepang ini anda harus miliki tabungan minimal Rp20 juta.
  • Mengajukan permohonan Visa Jepang ke kantor Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Kuningan City 2nd floor Unit L2-09, Jakarta. Perlu diketahui, pengajuan visa di JVAC hanya bisa dilakukan dengan sistem reservasi. Jadi, anda bisa melakukan reservasi terlebih dahulu di https://visa.vfsglobal.com/idn/id/jpn/book-an-appointment.
    Menunggu visa jadi. Umumnya proses pembuatan visa membutuhkan waktu sekitar 4-15 hari kerja.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat pembuatan Visa Jepang, bisa anda cek informasi lengkapnya di https://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html.

Tiket Pesawat ke Jepang

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa pada dasarnya biaya liburan ke Jepang tidaklah murah, terlebih dari segi transportasi. Berdasarkan salah satu aplikasi penyedia layanan tiket pesawat, perkiraan tiket pesawat pulang pergi Jakarta-Jepang normalnya sekitar Rp10 jutaan dengan durasi perjalanan kurang lebih 16 jam.

Tapi jika ingin mendapat biaya yang lebih murah, anda bisa berburu promo. Apabila beruntung, anda bisa mendapatkan harga tiket pesawat mulai dari Rp1,7 juta hingga Rp2,4 juta saja untuk sekali jalan dari Jakarta ke Jepang.

Transportasi Selama di Jepang

Berlibur ke negara maju seperti Jepang tidak akan membuat anda kebingungan tentang transportasi untuk pergi berkeliling kota. Ada banyak jenis transportasi umum yang bisa anda gunakan, seperti bus hingga kereta cepat.

Anda perlu menyiapkan budget khusus untuk transportasi selama di Jepang. Ini tergantung apa moda transportasi yang anda pilih dan berapa lama anda di sana. Berikut kisaran biaya transportasi selama di Jepang selama seminggu.

  • Transportasi lokal rute Tokyo-Kyoto-Osaka: Rp468.000
  • Transportasi antar kota rute Tokyo-Kyoto-Osaka: Rp3.784.000 dengan Japan Rail Pass
  • Transportasi antar kota rute Hakone: Rp741.000
Baca juga  Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Harga Penginapan

Rata-rata hotel di Jepang utamanya Tokyo menyediakan kamar berukuran kecil dengan tipe single bed yang hanya bisa memuat untuk satu orang saja. Maka dari itu, bila ingin lebih hemat, sebaiknya anda menyewa penginapan seperti rumah atau unit apartemen melalui AirBnB dengan biaya sekitar Rp500 ribu per malam per orang.

Jika anda ke Jepang selama 7 hari, maka biaya penginapan yang perlu anda siapkan adalah sekitar Rp3,5 juta.

Biaya Makan dan Minum

Budget untuk makan dan minum di Jepang sebenarnya bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Sebagai gambaran, harga per porsi street food di sana seperti ramen, beef bowl, fast food, atau curry rice mulai dari Rp70.000-Rp100.000.

Sedangkan harga makanan di conbini (minimarket) seperti 7 eleven, family mart, atau Lawson lebih terjangkau, yaitu sekitar Rp50.000-Rp100.000. Nah, jika anda ingin coba makan ramen atau udon di restoran, maka anda harus menyiapkan uang sekitar Rp150.000 per porsinya.

Biaya Internet

Di Jepang pastinya anda membutuhkan internet, entah untuk sekedar berkomunikasi maupun upload stories di media sosial.

Nah, sebenarnya pada beberapa minimarket dan tempat penginapan di Jepang menyediakan layanan Wi-Fi gratis bagi para pengunjungnya. Namun pastinya, tetap saja anda memerlukan internet saat sedang berada di luar.

Maka dari itu, anda dapat menyewa Wi-Fi portable atau router dengan biaya sekitar Rp75 ribu per hari untuk penggunaan unlimited. Jadi, selama seminggu anda memerlukan dana internet sekitar Rp525 ribu.

Asuransi Perjalanan dan Dana Darurat

Walaupun ini opsional, asuransi perjalanan juga bisa anda jadikan sebagai dokumen yang bisa dilampirkan ketika mengajukan Visa Jepang supaya mudah di-approve. Budget untuk asuransi perjalanan tergantung kebutuhan anda. Kisaran harganya sekitar Rp3–7 juta.

Baca juga  5 Cara Menghemat Uang Saat Solo Traveling Namun Tetap Nyaman

Nantinya, dalam asuransi perjalanan, yang anda dapatkan adalah perlindungan akan keterlambatan/kehilangan bagasi, penundaan jadwal perjalanan dan pembatalan penerbangan, hingga perlindungan terhadap rumah apabila bepergian meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang cukup lama.

Selain itu, anda juga harus menyiapkan biaya lainnya, seperti untuk membeli oleh-oleh atau kebutuhan mendesak yang tidak terduga. Siapkan biaya sekitar Rp1-3 juta jika memang anda membutuhkan biaya yang cukup banyak untuk keperluan di luar pengeluaran penting.

Kesimpulannya, dengan seluruh perincian pengeluaran di atas jika dijumlahkan maka total biaya liburan ke Jepang selama seminggu berkisar antara Rp18-20 juta dimana biaya total ini masih kisaran dan masih bisa berkurang maupun bertambah tergantung berapa lama waktu anda berlibur serta tempat mana saja yang anda kunjungi.

Demikian informasi mengenai informasi berapa biaya liburan ke Jepang lengkap dengan rincian dan prosesnya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...