Begini Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi di Dalam Kandungan

Date:

Share post:

Menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi didalam kandungan merupakan hal yang wajib dilakukan. Maka dari itu kami akan membagikan tips mengenai apa saja yang bisa ibu hamil lakukan sebagai berikut.

Mengapa menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi penting? Hal tersebut bertujuan agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik hingga siap dilahirkan ke dunia. Tidak hanya janin, kesehatan ibu sebelum dan melahirkan pun bisa tetap terjaga sebab tugas seorang ibu masih panjang setelah melahirkan seperti fisik yang sehat untuk merawat bayi, ASI yang sehat dan lancar, dan seterusnya.

Maka dari itu, untuk mewujudkan kondisi hamil sehat dan sempurna untuk janin dan ibu, diperlukan upaya dari ibu hamil untuk selalu menjalani pola hidup dan pola pikir yang sehat. Untuk itu, kali ini kami akan membagikan tips menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang bisa anda simak sebagai berikut.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi di Dalam Kandungan

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi di Dalam Kandungan

Makan makanan bergizi

Hal pertama dan paling penting untuk anda lakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan adalah dengan makan makanan bergizi dimana kondisi kesehatan selama kehamilan sangat bergantung pada pola hidup sehat yang diterapkan ibu hamil untuk mendukung kesehatan diri sendiri juga janin dalam kandungan.

Untuk ibu hamil, mengkonsumsi makanan bergizi dapat membantu menambah stamina, menghindari risiko komplikasi kehamilan, mengontrol berat badan saat hamil tetap sehat. Dengan menerapkan pola makan yang sehat, kesehatan ibu hamil akan jauh lebih baik. Selain itu, dengan makanan bergizi sejak kehamilan muda juga bantu mempersiapkan kesehatan ibu hamil secara maksimal menjelang persalinan.

Baca juga  5+ Aplikasi Olahraga Gratis, Untuk Olahraga di Rumah Atau di Kompleks

Asupan gizi yang bervariasi tapi tetap seimbang juga mendukung kelancaran proses tumbuh kembang bayi dan kesehatan ibu hamil. Tidak hanya itu, asupan makanan bergizi dapat membantu menjaga berat janin tetap sehat serta mencegah risiko bayi mengalami cacat lahir.

Berikut contoh makanan bergizi untuk ibu hamil yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Makanan dan minuman mengandung kalsium, seperti susu yang dipasteurisasi serta sayuran berwarna hijau.
  • Makanan kaya zat besi, seperti brokoli dan kacang-kacangan.
  • Makanan berprotein, seperti telur yang dimasak matang, dada ayam, dan gandum utuh (roti gandum dan beras merah).
  • Makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah jeruk, jambu biji dan stroberi.
  • Makanan yang mengandung lemak sehat, misalnya ikan salmon (dimasak matang) dan buah alpukat.
  • Makanan yang mengandung asam folat, seperti kuning telur dan bayam.

Olahraga rutin

Keadaan hamil bukanlah sebuah alasan agar ibu tidak berolahraga sebab walaupun kondisi hamis, olahraga tetap merupakan bagian penting dari pola hidup sehat ibu hamil untuk menjaga kesehatan selama kehamilan. Adapun manfaat, olahraga seperti membantu melancarkan sirkulasi darah serta oksigen dalam tubuh, memperkuat otot, dan mengurangi stres saat hamil. Selain itu, dengan olahraga juga mendukung kecerdasan bayi sejak dalam kandungan.

Menjaga berat badan tetap ideal

Ibu yang punya berat badan normal sebelum hamil disarankan untuk menaikkan berat badan hingga 11,5-16 kg selama hamil. Sementara bagi anda yang bertubuh sangat kurus sejak sebelum hamil, berat badan harus ditambah 13-18 kg selama hamil.

Namun, hal ini bukan berarti ibu hamil bisa makan sebanyak-banyaknya dimana frekuensi waktu makan, porsi, dan jenis makanannya harus benar-benar diperhatikan agar tidak sampai kelebihan berat badan dan malah mengganggu kesehatan ibu hamil.

Baca juga  Tips Cara Menyembuhkan Ambeien secara Alami dan Medis

Tidur cukup

Banyak ibu hamil yang mengalamu kesulitas tidur dimana hari dan lebih mudah ngantuk pada malam hari yang disebabkan perubahan hormon. Bahkan lebih parahnya lagi, kurang tidur selama kehamilan dikaitkan dengan komplikasi seperti preeklampsia dan berisiko lahir caesar.

Maka untuk menghindari hal negatif akibat kurang tidur, maka solusinya adalah dengan segera tidurlah begitu anda merasa capek atau ngantuk. Anda juga bisa sering tidur siang untuk mencukupi waktu tidur anda yang ideal

Cukup minum air putih

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, dianjurkan cukup minum air putih cukup setiap hari. Asupan cairan yang mencukupi bantu melancarkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam rahim untuk diterima janin. Selain itu, menjaga pola hidup sehat ibu hamil dengan rajin minum air putih juga bisa meningkatkan sistem imun kesehatan.

Disarankan untuk meminum air 8 sampai 10 gelas sehari. Apabila anda merasa bosan minum air putih yang terasa hambar, anda bisa menambahkan potongan lemon, stroberi, atau jeruk nipis untuk menambah kesegarannya sehingga tidak bosan.

Rajin cuci tangan

Ibu hamil harus memperhatikan kebersihan tangan ketika dari toilet, sebelum dan sesudah makan, sebelum dan setelah masak, serta sesudah memegang barang atau fasilitas umum dimana dengan rajin cuci tangan dapat membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit yang rawan menyerang selama kehamilan seperti bakteri streptokokus Grup B, cytomegalovirus, hingga toksoplasmosis.

Infeksi serius tertentu yang dialami ibu saat hamil dapat meningkatkan risiko komplikasi serta risiko bayi lahir cacat. Hal ini tentu dapat mengganggu kesehatan tidak hanya pada ibu hamil tetapi juga janin. Agar tangan anda selalu bersih, anda bisa menyiapkan dan menggunakan gel cuci tangan (hand sanitizer) yang mengandung etil alkohol agar kesehatan ibu hamil tetap terjaga apabila anda kesulitan mendapatkan air bersih.

Baca juga  7 Tips Obat Alami Batuk Berdahak Paling Ampuh, Sembuh Tanpa Obat di Apotik

Berhenti merokok dan minum alkohol

Seperti yang kita ketahui bersama, merokok dan minum minuman beralkohol merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari, apalagi bagi ibu hamil dimana dua kebiasaan buruk ini juga dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur, lahir mati, lahir cacat, atau lahir dengan berat badan rendah. Untuk itu, pastikan menjalani pola hidup sehat ibu hamil yang bebas rokok dan alkohol.

Hindari stres berlebih

Stres berat yang mengganggu pikiran dan batin ibu hamil dapat memengaruhi perkembangan bayi di dalam kandungan. Anda bisa mencari masalah yang menyebabkan anda merasa stress dan mencoba mencari solusinya dengan berbagi atau cerita dengan orang terdekat anda. Anda juga bisa mencoba teknik pernapasan dalam atau meditasi untuk menghilangkan stres.

Lakukan hal yang anda suka dan baik untuk kesehatan agar Ibu tidak stres selama hamil seperti mendengarkan musik, menonton TV, liburan dan lainnya untuk mengusir rasa stress.

Demikian informasi mengenai menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi didalam kandungan yang semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...