Begini Tips Cara Mengatasi Sakit Pinggang Disebabkan Kelamaan Duduk

Date:

Share post:

Apakah pekerjaan atau rutinitas anda sehari mengharuskan anda banyak duduk dan akibatnya anda sering mengalami sakit pingang? maka jangan diabaikan atau disepelekan. Begini tips cara mengatasi sakit pinggang dibsebabkan karena kelamaan duduk.

Sakit pinggang bagian belakang merupakan masalah umum yang bisa dialami banyak orang khususnya bagi orang yang memiliki aktivitas banyak duduk. Sakit pinggang kaena kelamaan duduk pun kerap dialami karena disebabkan banyak alasan seperti posisi duduk yang tidak ideal, kurang olahraga, kondisi usia dan berat badan dan lain sebagainya.

Walaupun terkesan sepele, tetapi sakit pinggang pastinya bisa mengganggu rutinitas anda sehari-hari yang bisa membuat anda tidak nyaman dalam mengerjakan sesuatu karena harus menahan sakit pada bagian pinggang. Bahkan tidak jarang untuk mengatasinya, banyak orang meminum obat penghilang rasa sakit atau pain killer agar sakitnya mereda agar bisa kembali melakukan aktivitas dengan normal walaupun cara ini hanya solusi untuk sementara.

Bagi anda yang memiliki keluhan yang sama, maka kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi sakit pinggang yang disebabkan kelamaan duduk yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Tips Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Istirahat dan Gerakan Rutin

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang adalah dengan beristirahat dan melakukan gerakan rutin apabila hal tersebut memungkinkan untuk anda lakukan. Perlu anda ketahui, bahwa satu-satunya cara untuk mencegah kekakuan dan ketegangan pada pinggang adalah dengan mengambil istirahat teratur dan melakukan gerakan fisik. Setiap 30 menit, anda bisa berdiri dan melakukan beberapa gerakan peregangan sederhana untuk merilekskan otot-otot pinggang dan mengurangi tekanan pada tulang belakang.

Baca juga  Rekomendasi Makanan Tinggi Folat untuk Pertumbuhan Janin Yang Baik

Latihan Penguatan dan Peregangan Pinggang

Melakukan latihan penguatan dan peregangan secara teratur dapat membantu mengurangi sakit pinggang. Anda bisa latihan penguatan seperti planking, bird dog, dan latihan pilates yang fokus pada otot perut dan punggung dapat membantu memperkuat inti tubuh dan menjaga kestabilan pinggang.

Sementara itu, latihan peregangan seperti twist pinggang, peregangan hamstring, dan peregangan fleksor panggul dapat membantu merilekskan otot-otot pinggang yang tegang.

Pemanasan Sebelum dan Peregangan Setelah Duduk

Sebelum duduk dalam waktu lama, maka penting untuk anda melakukan pemanasan singkat untuk mempersiapkan otot-otot pinggang. Pemanasan bisa berupa berjalan cepat, peregangan dinamis, atau gerakan sederhana yang melibatkan pinggang.

Setelah duduk, lakukan peregangan statis untuk merilekskan otot-otot pinggang. Peregangan ini dapat melibatkan gerakan seperti membungkuk ke depan, meluruskan tubuh, atau meregangkan otot-otot pinggang dengan lembut.

Perhatikan Postur Tubuh Sehari-hari

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan ketegangan dan ketidaknyamanan pada pinggang. Maka dari itu, penting untuk selalu perhatikan postur tubuh anda saat berjalan, berdiri, dan melakukan kegiatan sehari-hari lainnya. Pastikan tulang belakang anda dalam posisi yang lurus dan alami. Hindari membungkuk atau melengkungkan punggung anda terlalu banyak, dan pastikan pundak anda tidak terjatuh ke depan.

Penting untuk menghormati kesehatan pinggang kita dan memberikan perhatian yang cukup untuk mencegah masalah yang lebih serius di masa depan.

Posisi Duduk yang Ergonomis

Dan tips terakhir cara mengatasi sakit pinggang karena kelamaan duduk adalah dengan memastikan posisi duduk anda mendukung kesehatan pinggang. Gunakan kursi yang nyaman dengan penopang punggung yang baik dan sandaran yang sesuai.

Pastikan kaki anda menyentuh lantai secara penuh, dan anda bisa menggunakan bantalan untuk menjaga postur tubuh yang baik. Hindari duduk dengan kaki terlipat di bawah tubuh, karena ini dapat menyebabkan tekanan ekstra pada pinggang.

Baca juga  7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dan Penyebabnya

Demikian informasi mengenai cara mengatasi sakit pinggang yang disebabkan karena kelamaan duduk. Semoga berguna dan bermanfaat mengatasi kendala yang anda alami. Sakit pinggang karena kelamaan duduk dapat menjadi masalah yang mengganggu, tetapi dengan mengambil langkah-langkah yang tepat, anda dapat mengatasi dan mencegahnya.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...