Begini Tips Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

0
Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Anda ingin memulai bisnis tapi tidak memiliki modal yang banyak? jangan kuatir, sebab berikut tips memulai bisnis online tanpa modal untuk pemula.

Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, memulai bisnis tidak harus lagi dengan modal besar untuk menyewa tempat seperti kontrak ruko, stand, dan lain sebagainya. Bahkan untuk produk bisnis pun bisa diakali tanpa modal sekalipun seperti menjadi reseller atau dropshipper. Semua itu bisa di lakukan dengan membuka bisnis online.

Bisnis online sendiri merupakan salah kegiatan usaha yang saat ini banyak menghadirkan enterpreneur baru yang sukses, bahkan banyak dari pebisnis online yang sukses memulai bisnis dari 0, modal kecil, bahkan tanpa modal sekalipun. Dimana kesuksan dibuat karena besarnya tekad dan keinginan untuk terus berkembang dan memanfaatkan teknologi untuk kemajuan bisnis.

Apakah anda juga tertarik untuk memulai bisnis online? Begini tips cara memulai bisnis online tanpa modal bagi anda para pemula agar anda tidak kebingungan dalam merintis bisnis baru anda. Simak tipsnya sebagai berikut.

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Menentukan Platform untuk Tempat Berjualan Online

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menentukan platform untuk anda memulai bisnis online dimana saat ini telah tersedia berbagai platform yang bisa anda pilih untuk memulai bisnis seperti sosial media, ecommerce yang bisa anda gunakan sebagai platform bisnis anda secara gratis.

Baca juga  Informasi Biaya Bagasi AirAsia Rute Domestik dan Internasional 2024

Sebagai catatan, penting agar anda menyesuaikan bisnis dengan platform yang anda gunakan untuk memaksimalkan jangkauan bisnis dan memaksimalkan penjualan anda.

Mencari Supplier atau Distributor Terpercaya

Apabila anda ingin memulai bisnis tapi minim modal, anda bisa memilih opsi dengan menjadi reseller atau menjual dagangan orang lain atau populer juga disebut dropship. Dengan sistem ini, anda tidak perlu melakukan stok produk, dimana anda hanya perlu menerima orderan dari pelanggan anda dan meneruskannya kepada supplier. Nantinya, merekalah yang akan mengurusi segala keperluan pengemasan dan pengiriman barang pada pembeli.

Namun perlu anda ingat untuk cermat memilih supplier dan utamakan anda mendapatkan suplier dari tangan pertama sehingga anda menaikkan margin keuntungan anda sesuai dengan harga pasaran. Selain itu, pilihlah supplier dan distributor terpercaya untuk menghindari hal-hal yang anda inginkan nantinya.

Mengatur Tema dan Desain Online Shop

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dengan mengatur tema dan desain online shop dimana hal ini akan menjadi ciri khas toko anda dan meningkatkan brand awareness untuk para pengunjung.

Selain itu, calon pembeli juga mendapatkan visual yang menyenangkan saat berkunjung ke halaman toko anda. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya transaksi pembelian.

Sebaiknya, anda juga menyesuaikan tema dan desain online shop dengan produk yang akan anda jual. Contohnya, apabila anda ingin menawarkan produk baju-baju atau perlengkapan bayi, maka desain dengan warna-warna pastel yang ceria dapat anda pilih. Sedangkan warna-warna gelap dan netral seperti hitam atau navy, lebih cocok untuk barang perlengkapan pria.

Menambahkan Produk pada Halaman Toko

Setelah selesai menentukan platform serta tema dan desain online shop anda, sekarang saatnya untuk mengisi halaman toko anda. Tidak hanya sekadar upload foto produk, namun terdapat aspek-aspek lain yang wajib anda ketahui agar dagangan anda semakin terlihat menarik yang bisa anda simak sebagai berikut.

Baca juga  6 Aplikasi Kasir Android Terbaik dan Gratis Untuk Digunakan

Foto Produk yang Profesional

Foto-foto produk yang profesional, akan meningkatkan value dari produk itu sendiri dan mengundang orang untuk membelinya. Selain itu, katalog yang dikemas secara serius, seolah-olah merepresentasikan pelayanan profesional yang akan didapat oleh calon pembeli anda.

Strategi Penetapan Harga

Dalam menetapkan harga yang cocok untuk produk yang akan anda jual, terdapat beberapa pertimbangan. Contohnya, target pasar atau karakteristik pelanggan toko dimana anda juga bisa membandingkan dengan harga-harga di toko pesaing untuk jenis produk yang sama. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan harga dari supplier, sehingga anda tetap bisa mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

Deskripsi Produk

Sala satu alasan yang sehingga membuat seseoran memutuskan untuk membeli online adalah karena alasan transaksi yang cepat dan mudah. Untuk itu, anda harus memfasilitasi kemauan pembeli dengan memberikan deskripsi produk yang lengkap. Sehingga, customer tidak perlu perlu repot-repot bertanya mengenai penjelasan barang yang ingin anda beli.

Rajin Mempromosikan Produk

Dan tips terakhir adalah dimana anda harus rutin dan konsisten dalam mempromosikan dan memasarkan bisnis. Contohnya, apabila anda menggunakan instagram, anda bisa memanfaatkan fitur Instastory, WhatsApp, atau Facebook Story untuk mengupdate produk bisnis anda untuk memperluas jangkauan bisnis anda. Selain itu, bisnis anda pun akan semakin populer dan mudah diingat apabila anda rutin mempromosikannya.

Demikian informasi mengenai tips memulai bisnis online tanpa modal untuk pemula yang bisa menjadi referensi anda dalam terjun dalam dunia bisnis dengan modal terbatas. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *