Begini Pertolongan Pertama saat Mimisan, Jangan Melihat Ke Atas!

0
Begini Pertolongan Pertama saat Mimisan

Apakah anda atau orang-orang terdekat anda tiba-tiba mimisan? begini pertolongan pertama saat mimisan. Hindari jangan melihat keatas!

Ketika anda atau orang terkasih anda mimisan maka anda tidak perlu panik sebab mimisan atau hidung berdarah adalah hal yang umum dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa dimana mimisan umumnya lebih sering dialami oleh anak-anak karena kebiasaan menggosok hidung yang mengakibatkan membran hidung menjadi iritasi sehingga menyebabkan hidung berdarah.

Walaupun mimisan adalah hal yang umum dan bukan menandakan penyakit serius, kejadian ini bisa menyebabkan panik. Tentu saja karena yang keluar adalah darah dari hidung dan wajar apabila banyak orang panik ketika mimisan atau melihat orang mimisan.

Berikut beberapa penyebab lainnya yang dapat tingkatkan risiko kondisi mimisan sebagai berikut.

Penyebab Mimisan

Begini Pertolongan Pertama saat Mimisan

  • Bersin terlalu keras.
  • Mengalami cedera pada bagian hidung.
  • Adanya benda asing yang masuk ke dalam hidung.
  • Penggunaan kokain.
  • Kondisi gangguan mental, seperti stres.
  • Memiliki penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi atau polip hidung.

Selain itu, paparan bahan kimia dan polusi udara juga rentan membuat bagian dalam hidung iritasi yang dapat tingkatkan risiko mimisan. Adanya bentuk septum yang tidak normal juga membuat seseorang rentan alami mimisan.

Pertolongan Pertama saat Mimisan

Apabila anda atau orang tersayang anda mengalami mimisan, maka anda tidak perlu panik dimana jauh lebih baik anda melakukan pertolongan pertama terutama bagi anak yang mimisan. Simak pertolongan pertama bagi penderita mimisan yang kami kutir dari laman Halodoc sebagai berikut.

Jangan Mendongakkan Kepala

Pertolongan pertama pada mimisan adalah dengan jangan mendongakkan kepala dimana banyak orang beranggapan bahwa untuk menghentikan darah saat mimisan adalah dengan mendongakkan kepala ke atas. Namun perlu anda catat bahwa cara ini sama sekali tidak membantu, bahkan mendongakkan kepala saat mimisan justru dapat membuat darah menjadi mengalir ke tenggorokan dan lambung.

Baca juga  Manfaat Sabun Pepaya Untuk Perawatan Kulit, Termasuk Mencerahkan Kulit

Dalam beberapa kasus, orang yang sedang mengalami mimisan bisa mengalami muntah-muntah. Tidak hanya itu, darah yang mengalir ke lambung dapat menyebabkan infeksi.

Jangan Berbaring Telentang

Sama halnya dengan mendongak, berbaring telentang dapat membuat orang yang sedang mengalami mimisan mual atau muntah. Hal ini dikarenakan saat telentang, darah tidak akan mengalir ke luar hidung, melainkan masuk ke dalam tenggorokan. Hindari berbaring telentang untuk sementara waktu agar mimisan tidak mudah kambuh.

Menggunakan Es Batu

Perlu anda ketahui bahwa es dapat membantu menghentikan darah yang mengalir saat mimisan. Sifat dingin dari es sendiri sangat baik untuk mengatasi pendarahan karena dapat mempersempit aliran darah. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan menempelkan es batu yang telah dibungkus sapu tangan di atas jembatan hidung. Lakukan hal ini selama beberapa menit sampai darah yang keluar berkurang.

Menjepit Hidung

Dan pertolongan pertama pada mimisan terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan menjepit hidung. Namun menjepit atau mencubit hidung saat mimisan ternyata tidak boleh dilakukan sembarangan. Menjepit hidung saat mimisan sebaiknya dilakukan di bawah jembatan bertulang. Hal ini berguna untuk membantu menghentikan darah mimisan yang keluar. Selain itu, mencubit hidung saat mimisan dengan benar dapat membuat orang yang mengalami mimisan tetap bisa bernafas melalui hidung.

Demikian informasi mengenai pertolongan pertama saat mimisan. Apabila mimisan tidak kunjung reda dan bahkan sering kambuh tanpa diduga-duga maka ada baiknya anda segera ke dokter untuk mengkonsultasikan kondisi kesehatan agar mendapatkan pertolongan medis dari ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *