Begini Pengertian NFT Lengkap dengan Cara Kerjanya

Date:

Share post:

Pastinya masih jelas teringat di ingatan kita semua dimana beberapa waktu terdapat sebuah fenomena menarik mengenai NFT yakni cerita Ghozali Everyday yang merupakan pemuda biasa dan sukses meraup Miliaran dari NFT. Lalu apa itu NFT? dan bagaimana cara kerja dan fungsi dari NFT?

NFT merupakan singkatan dari Non-fungible tokens yang belakangan ini menjadi naik daun dan membuat banyak masyarakat menjadi penasaran dimana salah satu alasan mengapa NFT naik ke permukaan dan menjadi topik umum di masyarakat adalah karena fenomena Ghozali Everyday yang ramai diberikan di berbagai media nasional mulai dari berita di TV, berita online dan lain sebagainya sehingga cerita Ghozali yang sukses meraup milyaran rupiah pun menjadi viral dengan cepat.

Lalu apa itu NFT? dikutip dari laman Forbes, NFT atau Non-fungible tokens adalah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam game, dan video. NFT sendiri berasal dari dua kata kunci yaitu Non-fungible yang berasal dari kata Fungibility dan Token yang mana fungibility adalah kemampuan suatu aset untuk ditukar atau diganti dengan aset serupa yang memiliki nilai yang sama. Sedangkan token adalah aset digital yang mewakili barang, layanan, atau bentuk nilai lainnya. Jadi dengan demikian, dapat disimpulkan Non-Fungible Token atau NFT adalah aset digital yang mewakili suatu barang berharga dengan nilai yang tidak dapat diganti atau ditukarkan. Setiap NFT memiliki data catatan transaksi di dalam blockchain. Data ini berisi tentang siapa penciptanya, harga, dan histori kepemilikannya.

NFT sendiri dibeli dan dijual secara online yang umumnya menggunakan cyryptocurrency dan dikodekan dengan perangkat lunak dasar yang sama dengan banyak mata uang crypto. NFT juga umumnya hanya satu dari tiap jenis, atau setidaknya salah satu dari proses yang sangat terbatas, serta memiliki kode pengenal yang unik.

Baca juga  Cara Menggunakan Satu Akun WhatsApp Bisa Dipakai di 2 HP Sekaligus

Sekedar informasi, NFT sendiri bukanlah sesuatu yang baru dikembangkan dimana NFT telah ada sejak 2014 silam namun baru belakangan ini NFT begitu “meledak” dan menjadi pembicaraan banyak orang dimana saat ini koleksi-koleksi NFT bisa mencapai harga ratusan ribu dolar AS.

Bagaimana Cara Kerja NFT

Pengertian NFT

Pada umumnya, NFT biasanya disimpan di blockchain Ethereum, meskipun blockchain lain juga mendukungnya dimana NFT dibuat, atau “dicetak” dari objek digital yang mewakili barang berwujud dan tidak berwujud yang meliputi hal-hal sebagai berikut.

  • Seni
  • GIF
  • Video dan sorotan olahraga
  • Koleksi
  • Avatar virtual dan kulit video game
  • Sepatu desainer
  • Musik

Bahkan hingga tweet pun bisa dihitung, dimana pendiri Twitter Jack Dorsey menjual tweet pertamanya sebagai NFT seharga lebih dari USD 2,9 juta.

Jadi secara bahasa sederhana, NFT adalah aset digital bisa dimanfaatkan seperti halnya barang kolektor untuk dimiliki dengan file tanpa memiliki fisik. Contohnya saja anda memiliki lukisan NFT dimana anda hanya mendapatkan filenya saja dan tidak mendapatkan lukisan asli yang bisa anda tempelkan di dinding rumah anda.

Perbedaan NFT dengan Aset Kripto

Secara garis besarnya, NFT merupakan sebuah aset yang berkembang dari cryptocurrency. Namun, NFT memiliki tujuan, bentuk, dan penggunaan yang berbeda dari aset kripto seperti Bitcoin, misalnya. Selain itu, NFT hanya dibuat satu kali dan NF tidak bisa ditukarkan atau diperdagangkan dengan NFT yang lain karena nilainya yang tidak sepadan.

Demikian informasi mengenai apa itu NFT? dan bagaimana cara kerja dari NFT. Semoga berguna dan bermanfaat untuk menambah wawasan anda tentang dunia NFT yang sedang ramai dibicarakan saat ini.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...