Begini Ciri-Ciri iPhone Kena Blokir IMEI, Wajib Waspada

Date:

Share post:

Bagi anda yang ingn membeli iPhone baik itu baru maupun bekas, selain anda harus memperhatikan spesifikasi beserta keasliannya, penting untuk mengecek IMEI Iphone sebab jangan sampai IMEI terblokir. Begini ciri-ciri iPhone kena blokir IMEI yang bisa anda simak dibawah ini.

Mengapa anda harus melakukan pengecekan IMEI? sebab apabila IMEI belum terdaftar di database pemerintah, maka iPhone akan diblokir atau dengan bahasa mudahnnya, iPhone anda tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Hal ini pastinya bisa sangat merugikan anda apabila salah beli iPhone mengingat harga HP ini termasuk mahal apabila dibandingkan merek HP lainnya.

Sekedar informasi, sejak dari tahun 2020, Indonesia menerapkan regulasi IMEI untuk mengurangi produk ilegal. Adapun IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor unik berisi 15 digit yang ada di setiap gadget dan berfungsi sebagai identitas dimana setiap gadget memiliki nomor IMEI yang berbeda. Akan tetapi, tidak semua nomor IMEI terdaftar dan apabila tidak terdaftar, maka iPhone anda akan termasuk dalam daftar barang ilegal yang bisa diblokir oleh pemerintah.

Maka dari itulah penntingnya mengecek IMEI iPhone, sebab walaupun iPhone anda asli serta memiliki spesifikasi canggih tetapi ketika IMEI tidak terdaftar maka hal tersebut bisa dikatakan sama saja bohong sebab iPhone tetap tidak bisa digunakan. Lalu bagaimana ciri-ciri iPhone kena blokir IMEI? simak penjelasannya dibawah ini.

Ciri-ciri iPhone kena blokir IMEI

Ciri-Ciri iPhone Kena Blokir IMEI

IMEI gak ada di database pemerintah

Setelah anda mengetahui pentingnya mengecek nomor IMEI, maka anda bisa mengecek nomor tersebut sudah terdaftar atau belum di database pemerintah. Caranya, dengan mengunjungi situs resmi https://imei.kemenperin.go.id/ atau beacukai.go.id.

Baca juga  Begini Cara Menjadi Buzzer Instagram Untuk Menghasilkan Banyak Uang

Apabila tidak ada keterangan teregistrasi, maka nomor IMEI telah diblokir pemerintah. iPhone sudah masuk daftar hitam. Namun sebaliknya, jika nomor IMEI muncul di salah satu situs tersebut, iPhone yang kamu beli aman digunakan. Artinya, iPhone bukan barang ilegal yang tidak punya izin edar.

Muncul ‘No Service’

Ciri-ciri iPhone kena blokir IMEI selanjutnya adalah adalah layanan SIM Card tidak bisa dipakai. Jadi walaupun SIM Card sudah terpasang, selalu muncul ‘No Service’ pada bagian sinyal HP. Jadi apabila iPhone anda terkena dengan masalah demikian, maka bisa jadi iPhine anda terkena blokir IMEI. Lakukan registrasi IMEI segera atau kunjungi situs Kemenprin atau Bea Cukai untuk meminta bantuan.

Tidak bisa pakai jaringan seluler

IMEI yang sudah terdaftar atau teregistrasi di database pemerintah dapat menggunakan jaringan seluler. Sehingga, pengguna bisa mengguna SIM Card dan menikmati layanan-layanannya.

Tapi, lain halnya bila IMEI terblokir dimana iPhone bisa mengakses sinyal seluler. Sebab, operator seluler membatasi aksesnya pada HP ilegal. Jadi penting untuk mengecek ciri-ciri iPhone kena blokir IMEI

Sering disebut iPhone Ex-inter All Operator

iPhone Ex-inter All Operator biasanya diimpor dari luar negeri, lalu diperjualbelikan di Indonesia. Akan tetapi, terkadang iPhone ini masuk ke Indonesia dengan cara ilegal atau tidak bayar pajak sesuai regulasi pemerintah. Akibatnya, nomor IMEI-nya tidak terdaftar di database pemerintah.

Walaupun tidak semua iPhone Ex-inter All Operator seperti itu, tapi sebagian besar IMEI iPhone tidak terdaftar atau teregistrasi. Awalnya, iPhone memang bisa mengakses kartu seluler (SIM Card). Namun, biasanya akses tersebut akan dibatasi jika sudah ketahuan oleh pemerintah. iPhone akan diblokir penggunaannya.

IPhone di Jual Murah dibawah Harga Pasaran

Lantaran masuk ke Indonesia secara ilegal alias tanpa bayar pajak, sebagian iPhone Ex-inter All Operator dijual lebih murah dari harga pada umumnya dimana selisihnya bisa mencapai Rp1-2 juta yang mana cukup menggiurkan bukan?

Baca juga  Begini Cara Mengatasi Layanan Google Play Berhenti

Tetapi anda mesti berhati-hati bila menemukan ciri-ciri iPhone kena blokir IMEI tersebut. Walaupun harganya lebih terjangkau, tapi bisa jadi risikonya adalah iPhone ilegal. Yang ada anda malah rugi bila membelinya.

Demikian informasi mengenai ciri-ciri iPhone kena blokir IMEI. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

6 Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah yang bisa...

6 Destinasi Tempat Agrowisata di Bali, Cocok Untuk Wisata Keluarga

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi tempat agrowisata di Bali yang cocok untuk liburan wisata keluarga...

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...