Begini Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tetap pada Ambang Batas Aman

Date:

Share post:

Anda sering menderita kolestorel tinggi? maka begini cara menjaga kadar kolesterol tetap pada ambang batas aman yang akan kami bahas dibawah ini.

Sekedar informasi, kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh, dan juga berasal dari makanan hewani. Kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Dalam kadar yang sesuai, ini sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal.

Akan tetapi kolesterol tubuh merupakan hal yang harus selalu dijaga agar selalu dalam kadar normal dan sesuai, sebab apabila kolesterol tinggi maka dapat membuat anda akan mudah diserang berbagai penyakit. Apabila kadar kolesterol dalam darah melampaui kadar normal, maka kondisi ini disebut sebagai hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi.

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit serius. Perlu anda ketahui, kolesterol sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi pada organ hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Umumnya, serangan jantung dan stroke merupakan penyakit yang mengintai pengidap hiperkolesterolemia yang diakibatkan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah.

Agar kadar kolesterol dalam tubuh anda tetapi normal maka anda harus memulai gaya hidup yang sehat. Berikut cara menjaga kadar kolesterol tetap pada ambang batas yang aman agar penyakit tidak mengintai tubuh anda.

Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tetap pada Ambang Batas Aman

Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tetap pada Ambang Batas

Konsumsi Lemak Sehat

Cara menjaga kadar kolesterol tetap pada ambang batas aman yang pertama adalah dengan mengonsumsi lemak sehat, dimana hal ini akan sangat berguna untuk kesehatan jantung dan juga untuk menjaga kada kolesterol anda.

Baca juga  Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Vertigo Kambuh

Anda bisa mengkonsumsi makanan seperti ikan, avokad, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan minyak kelapa merupakan sumber lipoprotein kepadatan tinggi (HDL) dimana dengan mengkonsumsi makanan tersebut dengan rutin, bisa membantu menjaga kolesterol pada kadar yang sehat dan baik.

Konsumsi Bumbu-Bumbuan dan Herbal

Sekedar informasi, bumbu-bumbuan dan herbal bisa membantu tidak hanya mengubah rasa makanan tetapi bisa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Sebut saja seperti Kapulaga, kayu manis, jahe, dan kunyit memiliki manfaat menurunkan tingkat kolesterol.

Makanan lain yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol adalah bawang putih. Selain itu, mengonsumsi bumbu dan bahan herbal ini bisa sangat membantu dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Olahraga

Berdasar sebuah penelitian, olahraga ketahanan seperti angkat beban bisa meningkatkan kadar kolesterol secara signifikan. Olahraga aerobik atau kardio bisa menurunkan kadar kolesterol buruk. Dengan olahraga yang tepat, maka anda bisa menjaga kesehatan tubuh dengan lebih tepat.

Sejumlah hal tersebut bisa anda lakukan untuk menjaga kadar kolesterol tubuh anda tetap dalam kadar sehat. Anda bisa melakukan olahraga secara rutin agar tubuh anda selalu dalam kondisi prima dan “menangkis” beragam penyakit yang bisa selalu datang menyerang tubuh ketika anda abai akan kesehatan tubuh anda.

Mengurangi Asupan Gula

Dan cara menjaga kadar kolesterol tetap normal dan aman adalah dengan mengurangi asupan gula yang merupakan cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol buruk dan menjaga kadar kolesterol tetap normal dimana mengosumsi gula dalam jumlah tinggi memiliki dampak setara dengan mengonsumsi kalori dan karbohidrat dalam hal kesehatan jantung.

Penting untuk mengurangi asupan gula demi kesehatan tubuh secara lengkap. Hal ini tidak hanya berdampak pada kondisi kolesterol yang lebih baik namun juga pada kesehatan tubuh lain.

Baca juga  8 Gejala dan Tanda Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai

Demikian informasi mengenai cara menjaga kadar kolesterol tetap pada ambang batas aman. Semoga berguna dan bermanfaat memberikan anda referensi agar anda tetap sehat dan bisa memulai pola hidup sehat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...