Begini Cara Menghitung CC Motor Dan Tips Merawat Motor

Date:

Share post:

Motor dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan CCnya, begini cara menghitung CC motor beserta tips merawat motor.

Sekedar informasi, CC motor adalah kapasitas motor yang berperan penting dalam penggunaan motor sehari-hari. Lalu apa itu CC motor?

CC motor merupakan singkatan dari cubicle centimeter (cm3) sebagai volume ruang silinder yang terletak di dalam mesin pembakaran. Apabila diukur dengan satuan liter maka 1 cc sama dengan 0,001 liter. Perlu anda ketahui bahwa setiap motor umumnya memiliki kapasitas ruang bakar yang berbeda-beda tergantung tipe dan jenisnya. Dimana anda bisa melihat berapa besar CC motor dari spesifikasi yang diberikan oleh pabrikannya.

Umumnya pabrikan motor memberikan spesifikasi CC pada setiap keluaran motornya agar konsumen bisa mengetahui berapa CC motor yang mereka pilih. Contohnya saja seperti Vario 150, kawazaki ninja 250 CC dan lain sebagainya.

Ukuran CC motor menentukan berapa banyak bahan yang digunakan dimana motor dengan CC kecil biasanya lebih hemat bahan bakar ketika digunakan. Akan tetapi dari segi performa dan kecepatan, maka CC motor yang lebih besar akan lebih unggul dibandingkan CC motor yang lebih kecil. Jadi kesimpulannya adalah dimana CC motor dapat dipilih berdasarkan kebutuhan pengguna motor, apakah ingin menggunakan motor dengan bahan bakar yang hemat atau menginginkan motor dengan performa dan kecepatan yang tinggi.

Cara Hitung CC Motor

Begini Cara Menghitung CC Motor Dan Tips Merawat Motor

Dengan pentingnya CC motor pada penggunaan sehari-hari, maka bagi anda pemilik sepeda motor, penting untuk mengetahui cara hitung CC motor dimana anda pun bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Selain itu dengan mengetahui CC motor, anda juga bisa mengetahui bagaimana cara perawatan motor yang tepat dan benar. Berikut cara hitung CC motor yang bisa anda simak dibawah ini.

Baca juga  7 Rekomendasi Hotel di Jogja Terbaik Dengan Harga Murah

Rumus Umum

Apabila anda ingin menghitung cc motor, maka kapasitas mesin merupakan salah satu hal yang perlu anda ketahui. Hal ini bisa dilihat melalui volume yang terbentuk ketika piston bergerak ke atas, dari TMB (Titik Mati Bawah) ke TMA (Titik Mati Bawah), alias volume langkah.

Cara hitung ini biasanya dilakukan oleh para mekanik atau teknisi. Begini rumus yang digunakan.

cc = 0,785 X (D X D) X L

Keterangan

D = Panjang Langkah

T = Diameter piston

Rumus dengan Volume Tabung

Selain menggunakan rumus di atas, anda juga bisa menghitung cc motor dengan mengetahui volume tabung motor. Rumus ini biasanya digunakan karena bentuk ruang bakar yang sama dengan tabung. Berikut ini rumusnya

Phi x ( R x R) x T/1000

Keterangan

Phi = nilai dari 3,14

r = jari-jari dari diameter

T = istilah dari tinggi stroke

Rumus dengan Konfigurasi Dua Silinder Lebih

Anda juga bisa menghitung cc motor melalui hitungan konfigurasi dua silinder. Rumus ini biasanya digunakan untuk mengetahui jumlah volume ruang bakar usai dimodifikasi. Begini rumusnya yang bisa anda simak sebagai berikut.

Phi x (R x R) x T x (2 silinder) – untuk mesin konfigurasi dua silinder

Phi x (R x R) x T x (4 silinder) – untuk mesin konfigurasi empat silinder.

Tips Merawat Motor

Setelah mengetahui cara menghitung CC motor, berikut tips merawat motor yang baik dan benar agar motor anda bisa bertahan lebih lama dan anda pun bisa mengendarai motor dengan aman, nyaman, dan tenang.

Rutin Servis Motor

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika merawat motor yang hendak dimodifikasi yaitu rutin melakukan servis motor. Untuk memastikan kondisi motor selalu dalam kondisi prima.

Cermat Saat Melakukan Bore Up atau Stroke Up

Bore up atau stroke up adalah merupakan modifikasi yang dilakukan untuk meningkatkan diameter piston bawaan dari pabrikan. Nantinya piston akan memiliki ukuran yang lebih besar. Maka dari itu anda harus cermat dalam melakukan dan hanya dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli dibidangnya, sebab mesin standar pabrikan memang sudah sesuai dengan motor dan jangan sampai malah merusak kondisi motor anda.

Baca juga  Informasi HTM Taman Safari Bogor Beserta Jam Buka dan Jenis Pertunjukan

Demikian informasi mengenai cara menghitung CC motor beserta tips merawat motor. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...