Begini Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

0
Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Kontak whatsapp anda tiba-tiba hilang? Hal ini tentu akan membuat anda panik bukan? apalagi jika kontak yang hilang merupakan kontak-kontak penting. Jangan kuatir, sebab begini cara mengembalikan kontak whastapp yang hilang.

Saat ini, aplikasi whatsapp seolah menjelma menjadi salah satu kebutuhan “wajib” bagi banyak pengguna Hp di tanah air dimana aplikasi ini hampir bisa ditemukan di hampir semua pemilik HP, maka tidak heran apabila aplikasi ini disebut sebagai aplikasi sejuta umat.

Kepopuleran whatsapp sendiri pastinya bukan tanpa alasan dimana aplikasi ini memberikan banyak fitur yang sangat memudahkan dalam komunikasi tetapi juga tetap simple dan sederhana tanpa loading yang berat, bebas iklan serta gratis dimana anda hanya cukup membutuhkan signal internet.

Selain itu, dengan aplikasi whatsapp memudahkan orang-orang saling terhubung satu dengan lainnya, dimana seperti yang kami sebutkan diatas bahwa banyaknya orang yang menggunakan aplikasi ini sehingga apabila anda ingin berkomunikasi dengan whatsapp maka anda harus mendownload aplikasi whatsapp juga. Sehingga tidak heran whatsapp dijadikan sebagai jalur komunikasi utama baik itu personal maupun bisnis.

Lalu bagaimana jika tiba-tiba kontak whatsapp anda hilang? Pastinya akan membuat anda bingung bahkan panik bukan? apalagi jika kontak yang hilang merupakan kontak penting seperti relasi bisnis, atasan, klien, pelanggan dan lain sebagainya. Tetapi tenang sebab terdapat cara dan solusi mengembalikan kontak whatsapp anda yang hilang yang mana caranya dan panduannya bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Membersihkan cache aplikasi WhatsApp

Cara pertama yang bisa anda lakukan ketika kontak whatsapp anda hilang tanpa disengaja dan juga tanpa alasan, maka bisa jadi aplikasi whatsapp anda error karena penumpukan file chache. Sebagai solusinya, anda bisa membersihkan cache dengan masuk ke Settings Hp lalu kemudian pilih Application, dan lanjut pilih WhatsApp. Setelah muncul tampilan Apps Info, maka anda bisa langsung pilih menu Force Stop kemudian pilih menu Clear Cache.

Apabila cara tersebut anda lakukan, maka silahkan restart Hp anda terlebih dahulu dan lihat kembali ke aplikasi WhatsApp. Semoga cara ini bisa berhasil mengembalikan kontak anda. Apabila belum, maka anda bisa beralih ke langkah selanjutnya.

Aktifkan menu Permission

Langkah selanjutnya untuk mengembalikan kontak whatsapp anda adalah dengan mengaktifkan menu permission dimana salah satu penyebab kontak whatsapp yang hilang tiba-tiba adalah menu Permission yang belum aktif sehingga menyebabkan kontak di smartphone dan WhatsApp menjadi tidak terkoneksi dan hilang tiba-tiba, apabila anda me-restart atau mematikan HP anda.

Untuk menghindari kejadian tersebut, maka anda bisa mengaktifkan menu Permission di HP anda dengan cara masuk ke menu Settings lalu Application dan pilih menu WhatsApp kemudian menu Permission. Setelah itu, aktifkan menu Permission di WhatsApp anda, agar sistem bisa membaca kontak anda dan mengembalikan kontak yang hilang secara tiba-tiba.

Menampilkan semua kontak dari pengaturan WhatsApp

Apabila anda menemukan kontak whatsapp anda hilang, maka jangan panik terlebih dahulu dimana bisa jadi kontak yang hilang disebabkan oleh pengaturan kontak di menu Pengaturan WhatsApp anda yang belum aktif.

Sebagai solusinya, anda bisa mengaktifkan pengaturan ini di menu Settings lalu Contact dan cek list opsi Display All Contact, dimana nantinya daftar kontak anda ditampilan semua di daftar kontak whatsapp sehingga anda pun hanya perlu mencari dan menemukan kontak yang anda inginkan.

Baca juga  8+ Aplikasi Chat Dewasa Terbaik Untuk Mencari Pasangan dan Jodoh

Aktifkan kontak di akun Gmail

Bagi anda pengguna whatsapp yang telah menyambungkan kontak anda dengan akun google anda, maka anda cukup pergi ke Settings dan masuk di aplikasi kontak smartphone anda. Kemudian cari menu Contact to display, dan cek list akun Gmail tempat anda menyimpan kontak. Setelah itu, jangan lupa Refresh Contact pada aplikasi WhatsApp dan secara otomatis kontak yang hilang akan muncul kembali.

Namun yang sering terjadi permasalahan adalah apabila di HP anda terdapat banyak akun google atau gmail dimana kontak yang harusnya tersimpan di Gmail tidak ditampilkan di Phone Book dan otomatis kontaknya tidak muncul di WhatsApp.

Hapus dan instal ulang WhatsApp

Bagi anda yang telah mengikuti langkah-langkah diatas dengan seksama tetapi kontak whatsapp tetap hilang dan belum kembali. Maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan menghapus dan menginstall ulang whatsapp anda.

Sebagai catatan, agar anda melakukan mendownload aplikasi whatsapp langsung dari google playstore di HP android anda untuk keamanan HP anda dari virus atau pencurian data apabila anda mendownload aplikasi dari pihak ketiga.

Sekian informasi mengenai cara mengembalikan kontak whastapp yang hilang yang semoga berguna dan bermanfaat sehingga anda pun tidak perlu bingung ketika kontak whatsapp tiba-tiba tidak nampak dalam daftar kontak yang anda miliki, dimana anda cukup mengikuti langkah-langkah mudah diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *