Begini Cara Mengatasi PUBG Mobile Lag, FPS Drop dan Patah-Patah

Date:

Share post:

Bagi anda para pemain game PUBG dan sering menemukan game anda “patah-patah” atau ngelag? Begini cara mengatasi PUBG lag, FPS drop dan patah-patah.

Sebagaimana yang kita ketahu bersama, PUBG merupakan salah satu game yang sangat populer belakangan ini. Kepanjangannya PUBG adalah Player unknown battle ground. PUBG ini merupakan salah satu permainan battle royale yang bisa dimainkan melalui HP atau pc dimana pemain bisa mengajak teman untuk bergabung dalam tim atau menemui para pemain baru di dalam game saat sedang bermain.

Game PUBG adalah game online yang dikembangkan oleh Tencent, di mana jumlah orang yang melakukan unduhan mencapai seratus juta lebih. Sistem bermain PUBG ini last men standing, artinya pemain terakhir yang menang. Pemain itu harus lebih dulu bertahan hidup dari serangan pemain lain.

Ketika sedang asik bermain game PUBG bersama teman dan tiba-tiba game ngelag parah pastinya sangat mengjengkelkan bukan? apabila anda berada disaat genting atau sedang berhadapan dan bertempur melawan musuh.

Perlu anda ketahui bahwa masalah game PUBG yang ngelag sehingga menyebabkan tampilan seperti patah-patah dan FPS drop bisa disebabkan oleh beberapa macam hal seperti mulai dari file cache yang terlalu banyak, koneksi internet lemot, banyaknya aplikasi di latar belakang, dan lain beberapa alasan lainnya.

Maka dari itu, tanpa bertele-tele lagi, berikut kami bagikan cara mengatasi PUBG mobile yang ngelag FPS drop dan patah-patah yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi PUBG Mobile Lag

Cara Mengatasi PUBG Mobile Lag, FPS Drop dan Patah-Patah

Download Game Booster

Cara pertama mengatasi PUBG lag, FPS drop dan patah-patah pertama adalah dengan menggunakan aplikasi game booster yang wajib digunakan bagi yang sering bermain game di HP. Aplikasi ini akan membantu anda memaksimalkan game PUBG.

Baca juga  7+ Rekomendasi Game Strategi Seru dan Terbaik untuk Android

Selain itu, aplikasi ini akan secara otomatis menghentikan aktivitas yang berjalan di latar belakang. Sehingga, game PUBG yang dimainkan akan lebih maksimal. Akan tetapi pastikan untuk mendownload aplikasi game booster dengan rating yang bagus di PlayStore karena terdapat cukup banyak aplikasi Game Booster palsu yang justru akan membuat kinerja HP menjadi berat.

Sesuaikan Kompatibilitas

Tidak bisa dipungkiri, game PUBG Mobile memang cukup berat untuk beberapa spesifikasi HP. Maka dari itu sangat penting memastikan kompatibilitas HP yang anda gunakan sebab masih ada pengguna yang memaksakan menginstall game ini di OS yang tidak sesuai sehingga hasilnya, game PUBG yang dimainkan jadi kurang lancar dan sering kena lag.

Koneksi Internet yang Bagus

PUBG Mobile membutuhkan koneksi internet yang bagus agar bisa dimainkan dengan lancar. Dengan internet yang ngebut, pemain akan terhindar dari lag dan patah-patah. Maka dari itu, selalu pastikan jaringan internet yang digunakan cukup memadai. Karena jika tiba-tiba internet macet, bukan tidak mungkin anda akan mudah kalah dalam permainan.

Jadi, pastikan anda menggunakan WiFi dengan jaringan stabil atau SIM card yang menawarkan paket internet ngebut. Sehingga anda bisa merasakan pengalaman bermain PUBG Mobile dengan lancar.

Menyesuaikan Pengaturan Grafis

Tidak hanya perlu memastikan OS yang kompatibel, settingan grafis juga harus diperhatikan. Anda bisa mencoba mengecek kapasitas RAM yang dimiliki HP karena hal ini juga sangat mempengaruhi kelancaran permainan.

Apabila RAM HP anda terbatas, sebaiknya sesuaikan pengaturan grafis ke level smooth saja. Berbeda jika RAM besar, anda bisa menaikkannya ke tingkat pengaturan grafis yang lebih tinggi.

Update Game PUBG Mobile

Untuk kenyamanan bermain, maka sebaiknya anda menggunakan aplikasi PUBG mobile versi terupdate dari developer resminya. Pada dasarnya, aplikasi versi lama memang rentan terkena bugs yang membuat permainan kurang lancar. Selain itu, jika anda tidak memperbarui versi PUBG Mobile, maka anda tidak bisa merasakan update fitur terbarunya.

Baca juga  8 Game Robot Seru Dan Terbaik Untuk Pengguna HP Android

Jika memang PUBG Mobile di HP anda masih di versi lama sehingga membuat lag dan patah-patah, maka anda harus segera mengatasinya dengan update PUBG Mobile.

Jangan Mematikan Fitur Animasi

Pada dasarnya, kendala yang satu ini jarang disadari pemain. Mengingat fitur animasi memang kerap kali disepelekan. Apabila anda merupakan pengguna Android yang suka mematikan animasi, maka disarankan agar mengaktifkan saja fitur ini.

Anda bisa mengeceknya sendiri apakah fitur animasi sudah aktif atau belum melalui menu Pengaturan. Setelah itu, klik Opsi Pengembang lalu aktifkan apabila fitur ini dalam keadaan dimatikan.

Hindari Bermain Sambil Di-Charge

Kebiasaan bermain game sambil mengisi baterai sebaiknya dihentikan. Terkadang sebagian pemain PUBG Mobile merasa tidak sabar menunggu baterai HP terisi penuh, bahkan mereka langsung menggunakannya sambil di-charge.

Pada dasarnya, tindakan ini tidak disarankan. Hal ini akan memicu kerusakan baterai maupun sistem secara perlahan. Meski beberapa tipe HP sudah lebih canggih, akan tetapi sebaiknya tetap menunggu baterai sampai terisi penuh.

Mematikan Notifikasi

Apakah Anda kerap kali terganggu dengan notifikasi ketika sedang bermain game? Apabila iya maka sebaiknya matikan terlebih dahulu notifikasi yang sering muncul karena akan membuat memori HP akan terbagi fokusnya pada beberapa aktivitas.

Agar permainan PUBG terhindar dari lag dan patah-patah, maka sebaiknya matikan fitur notifikasi ini. Anda bisa melakukannya dengan mengaktifkan fitur jangan ganggu di pengaturan HP Android.

Menyisakan Ruang Penyimpanan

Periksalah kapasitas penyimpanan eksternal dan internal sebelum memainkan game ini. Pastikan memori yang tersisa mencukupi agar bisa menikmati pengalaman bermain yang baik. Selain itu, sebaiknya hapus berbagai file dan dokumen tidak penting yang menyita memori. Meskipun terbilang cukup sepele, namun cara ini cukup ampuh untuk mengatasi PUBG Mobile yang mengalami lag, patah-patah, dan FPS drop.

Baca juga  7+ Rekomendasi Game Bus Simulator Seru dan Terbaik di Android

Hindari Bermain Saat Baterai Sekarat

Apabila HP sudah memunculkan peringatan baterai lemah, sebaiknya hentikan terlebih dahulu game yang dimainkan. Sebab jika dipaksakan bermain dalam kondisi baterai sekarat, permainan akan lag dan bahkan berakibat negatif terhadap baterai.

Maka dari itu, sebaiknya isi ulang baterai jika ternyata sudah lemah. Setelah itu, tunggu baterai sampai terisi penuh lalu anda bisa bermain PUBG Mobile kembali.

Install Ulang PUBG Mobile

Cara mengatasi PUBG lag selanjutnya adalah menginstall ulang game dimana anda perlu menghapusnya lalu mendownload dan install kembali. Mungkin metode ini terlihat simple, namun bisa menjadi solusi yang tepat untuk bermain game ini dengan lancar. Karena dalam beberapa kasus, ditemukan bug di dalam PUBG mobile sehingga mempengaruhi kinerja saat dimainkan.

Membersihkan Storage

Selanjutnya untuk memainkan PUBG secara lancar adalah dengan membersihkan storage dimana ternyata banyak yang tidak terpakai, sebaiknya anda bisa menghapus aplikasi dan file-file tersebut. Karena kapasitas penyimpanan yang sudah penuh, akan membuat kinerja PUBG Mobile menjadi lag dan patah-patah.

Membersihkan Recent Apps

Dan tips terakhir mengatasi PUBG yang lag, fps drop dan patah-patah adalah dengan membersihkan recent apps dimana banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang memang menambah beban memori.

Terlebih apabila HP yang anda gunakan memiliki kapasitas RAM yang tergolong terbatas. Maka, bukan tidak mungkin anda akan sering mengalami lag atau patah-patah saat main PUBG. Pastikan untuk membersihkan aplikasi yang masih terbuka sebelum bermain PUBG Mobile. Sehingga anda bisa mengatasi lag dan patah-patah ketika bermain PUBG Mobile, apalagi pas anda bertemu dengan musuh.

Demikian informasi cara mengatasi PUBG lag, FPS drop dan patah-patah. Semoga berguna dan mengatasi masalah anda sehingga anda dapat bermain game PUBG mobile normal kembali.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...