Begini Cara Mengatasi Penyimpanan HP Android yang Penuh

Date:

Share post:

Saikinews.com – Penyimpanan HP android yang penuh merupakan masalah klasik yang banyak dialami para pengguna HP android. Begini cara mengatasi penyimpanan HP android yang penuh.

Bagi anda yang menemukan masalah Memori atau penyimpanan HP android yang penuh pastinya bisa menjadi sangat menyebalkan dimana anda hampir tidak bisa melakukan apa-apa di HP anda seperti apabila anda mencoba mengambil foto dan video, maka kamera di HP anda pun akan tertutup secara otomatis karena penyimpanan di HP anda tidak memadai lagi untuk menyimpan hasil foto dan vide anda. Atau ketika anda mencoba mendownload atau mengupdate aplikasi, maka anda akan menemukan notifikasi “gagal” karena tidak tersedia ruang yang cukup di HP anda untuk menambah file aplikasi.

Masalah memori penyimpanan HP yang penuh memang kerap menjadi problem bagi pengguna HP kebanyakan apalagi bagi yang memiliki memori HP yang pas-pasan dimana masalah tersebut akan terus berulang-ulang memberikan notifikasi kepada anda hingga anda benar-benar mengosongkan cukup ruang di HP anda. Sebab walaupun anda tidak menambah file baru apapun seperti aplikasi maupun foto, tetapi memori Hp anda akan terus penuh karena data cache dan sistem ketika anda menggunakan HP anda. Jadi bahasa sederhanya adalah selama anda masih menggunakan HP anda, maka data penyimpanan anda akan selalu bertambah.

Lalu bagaimana cara mengatasi penyimpanan HP android yang penuh? tenang, sebab anda tepat menemukan artikel ini dimana kami saikinews.com akan berbagi beberapa solusi yang bisa anda terapkan untuk mengatasi masalah penyimpanan HP android anda yang penuh tanpa harus menghapus data-data penting anda untuk mengosongkan ruang memori di HP. Penasaran? Simak beberapa penyebab dan solusinya dibawah ini.

Cara Mengatasi Penyimpanan HP Android yang Penuh

Cara Mengatasi Penyimpanan HP Android

Backup file penting ke kartu memori

Pertama, cara mengatasi memori atau penyimpanan HP yang penuh adalah dengan melakukan backup data anda ke kartu memori. Anda bisa menambahkan kartu memori eksternal yang mana pada umumnya HP keluaran baru telah memiliki slot untuk memori eksternal.

Dengan menambahkan slot memori eksternal, maka anda pun dapat memindahkan file-file yang ukurannya besar dan penting ke kartu memori eksternal untuk mengosongkan ruang penyimpanan memori internal di HP anda. Dengan demikian penyimpana HP anda pun akan lebih lega tanpa harus menghapus data-data penting anda.

Tidak hanya itu, saat ini HP terbaru pada umumnya telah memiliki fitur memindahkan file aplikasi ke memori eksternal untuk mengosongkan ruang di memori eksternal anda.

Anda tidak mengetahui cara memindahkan file ke memory eksternal? Tenang, sebab caranya sangat mudah dimana anda dapat membuka menu Apps atau App Manager lalu pilih aplikasi mana yang ingin anda pindahkan ke memori eksternal lalu pilih tombol Move to SD Card dan secara otomatis aplikasi itu akan berpindah lokasi ke memori eksternal. Mudah bukan?

Hapus semua file di folder .thumbnails

Cara selanjutnya yang isa anda lakukan adalah dengan menghapus semua file di folder .thumbnails yang berisi backup atau chace dari foto yang anda ambil dengan kamera. Caranya sangat mudha, dimana anda cukup memilih internal storage di menu File Manager dan masuk ke folder DCIM atau Picture.

Baca juga  Begini Cara Melihat Skor Kredit Mobile Legends

Selanjutnya, anda bisa masuk folder .thumbnails dan hapus semua file yang ada didalamnya. Apabila anda melakukannya dengan benar, maka anda akan bisa langsung merasakan manfaatnya dimana HP anda akan terasa lebih ringan dalam membuka aplikasi atau browsing, selain itu anda juga bisa mengecek ruangan memori yang tadinya penuh, akan memiliki ruang yang tersedia.

Menghapus file cache dari semua aplikasi

Dan cara terakhir untuk mengatasi masalah storage atau penyimpanan HP android yang penuh adalah dengan menghapus file cache dari semua aplikasi baik itu yang sering anda gunakan maupun jarang anda gunakan. Banyak pengguna HP yang terkesan menyepelekan menghapus cache aplikasi dimana sebaiknya kegiatan ini mesti rutin dilakukan agar cache aplikasi tidak menumpuk dan membebani ruang memori di Hp anda sehingga membuat performa Hp anda menjadi ngelag atau memori menjadi full.

Untuk menghapus file cache aplikasi, anda bisa menggunakan aplikasi yang khusus bisa anda gunakan untuk membersihkan cache seperti App Cache Cleaner atau CC Cleanser dan aplikasi pembersih cache lainnya. Atau anda juga bisa melakukannya secara manual tanpa harus menginstall aplikasi dengan cara masuk ke menu pengaturan, lalu pilih aplikasi dan pilih nama aplikasi untuk anda hapus cachenya.

Sekian informasi mengenai cara mengatasi penyimpanan HP android yang penuh yang semoga bisa menjadi referensi anda dalam mengatasi permasalahan yang anda alami dengan HP anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...