Begini Cara Mengatasi Memori HP Penuh, Efektif dan Ampuh

Date:

Share post:

Apakah memori HP anda penuh sehingga anda tidak bisa mendownload aplikasi, menyimpan foto dan video di perangkat anda? maka berikut cara mengatasi memori HP penuh yang mudah dan ampuh.

Memori HP yang penuh merupakan masalah yang lazim dan kerap ditemukan para pengguna HP, terutama bagi anda yang memiliki HP spesifikasi memori terbatas atau seiring dengan usia pemakaian HP. Ketika hal ini terjadi pastinya akan menyebalkan bagi pemilik HP, sebab kegiatan di HP pun menjadi terbatas seperti tidak bisa mendownload aplikasi, tidak bisa mengupdate aplikasi, tidak bisa menyimpan foto dan video, dan lain sebagainya.

Intinya memori HP yang penuh akan membuat HP tidak bisa menerima file baru yang masuk kedalam memori HP karena ruang yang tersedia tidak mencukupi. Namun jangan kuatir, sebab apabila anda menemukan masalah ini, bukan berarti masalah terletak pada HP anda melainkan anda harus mengosongkan ruang memori anda terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan HP anda seperti sedia kala.

Maka dari itu, kali ini kami akan membagikan cara mengatasi memori HP yang penuh dengan mudah tetapi ampuh. Simak panduannya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Memori HP Penuh

Begini Cara Mengatasi Memori HP Penuh, Efektif dan Ampuh

Uninstall Aplikasi Tidak Penting

Cara pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi memori HP yang penuh adalah dengan melakukan uninstall aplikasi yang menurut anda tidak penting dan jarang anda gunakan dimana dengan demikian, maka anda bisa mengosongkan memori di HP. Anda bisa mulai mencari aplikasi tidak penting dengan memilih aplikasi yang memiliki ukuran besar terlebih dahulu.

Baca juga  Begini Cara Mudah Edit Foto seperti Hasil Foto di Iphone

Memindahkan File ke Memori Eksternal

Selain aplikasi, file seperti foto, video, dan dokumen juga menjadi penyebab kenapa memori internal cepat penuh. Maka dari itu, anda juga perlu memindahkan file-file ini ke tempat lain salah satunya yaitu memori eksternal yang berupa SD Card.

Sebenarnya ada alternatif penyimpanan lain yang bisa dijadikan pilihan. Seperti menyimpan di flashdisk, di komputer, atau bahkan di cloud. Tapi jika anda menyimpan di tempat-tempat tersebut, maka anda tidak bisa melihat file itu sewaktu-waktu. Berbeda halnya jika anda menyimpan di kartu SD dimana anda masih bisa melihatnya dari HP kapan saja. Direkomendasikan untuk memindahkan file yang paling besar terlebih dahulu demi efisiensi pengosongan memori.

Manfaatkan Penyimpanan Cloud

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini penyimpanan awan atau cloud storage sedang populer dan sangat banyak digunakan pengguna perangkat pintar saat ini dimana Cloud storage dianggap lebih efisien karena pengguna tidak lagi memerlukan memori fisik untuk menyimpan data-data.

Sebut saja contohnya seperti Google Drive dimana bisa anda gunakan sebagai solusi cara mengatasi memori HP penuh. Anda bisa memindahkan data-data besar, penting, tapi tidak dibutuhkan sewaktu-waktu, ke cloud. Hal ini akan lebih memudahkan anda untuk memberikan lebih banyak ruang kosong pada memori internal.

Bersihkan Data Cache Aplikasi

Cara mengatasi memori HP Android penuh selanjutnya adalah dengan membersihkan data cache pada aplikasi. Perlu anda ketahui bahwa setiap aplikasi memiliki cache yang berguna untuk mempermudah pengguna saat mengakses aplikasinya dimana cache ini justru dapat menjadi salah satu penyebab penuhnya kapasitas memori karena cache yang menumpuk.

  • Begini panduan untuk menghapus cache aplikasi agar tidak menumpuk dan membuat full memori HP anda.

    Anda bisa masuk ke pengaturan HP anda terlebih dahulu.

  • Lalu anda bisa masuk ke pengaturan aplikasi.
  • Kemudian pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya
  • Masuk ke pengaturan aplikasi tersebut
  • Pilih opsi Hapus Cache yang terletak di bagian bawah.
  • Anda bisa melakukan dan mengecek aplikasi anda satu-persatu untuk memastikan semua cache aplikasi di HP anda tidak menumpuk.

Mematikan Auto-Download dari Aplikasi

Perlu anda ketahui bahwa Auto-download adalah sebuah fitur dimana pengguna bisa mendownload sebuah konten dari aplikasi tersebut secara otomatis. Di satu sisi, fitur ini memang cukup membantu karena pengguna bisa mendapatkan konten tersebut dengan cepat. Tapi di sisi lain hal ini bisa sangat membebani memori. Jadi bagi anda yang tidak ingin isi memori terlalu banyak, maka cara mengatasi memori HP penuh atas penyebab ini adalah dengan mematikan fitur auto download tersebut.

Beberapa aplikasi populer yang memiliki fitur ini antara lain game-game online dan Whatsapp. Khusus untuk Whatsapp, Anda bisa mematikan auto-download file media seperti foto dan video yang dikirimkan oleh orang lain.

Hapus Aplikasi Bloatware

Aplikasi bloatware adalah aplikasi bawaan yang sudah ada ketika anda pertama kali membeli HP anda. Aplikasi ini biasanya merupakan aplikasi yang memiliki hubungan merk dengan HP yang digunakan.

Akan tetapi tidak semua aplikasi tersebut diperlukan sehingga sebaiknya dihapus saja. Ini efektif sebagai cara mengatasi memori HP cepat penuh karena memori HP anda akan memiliki lebih banyak ruang untuk menyimpan file atau aplikasi lain yang lebih penting.

Root

Dan cara terakhir untuk mengatasi memori HP yang penuh adalah dengan melakukan root di HP anda. Walaupu cara ini cukup berisiko karena anda akan kehilangan garansi HP anda serta risiko lain yang berhubungan dengan hardware. Maka dari itu, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini.

Untuk melakukan root, anda bisa menggunakan kartu SD sebagai memori internal. Artinya anda bisa menentukan ingin memiliki kapasitas memori internal berapa sesuai kartu SD yang anda punya. Kustomisasi ukuran pun lebih mudah daripada ketika masih menggunakan memori internal bawaan yang ukurannya cenderung tetap dan sudah tidak bisa diubah lagi.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi memori HP penuh yang mudah dan ampuh. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  Cara Menambahkan Foto di Video CapCut Untuk Konten Lebih Lengkap
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...