Begini Cara Mengatasi Kamera HP Buram dan Tidak Jernih

Date:

Share post:

Hasil foto kamera HP anda selalu tampak buram dan tidak jernih? simak cara mengatasi kamera HP yang buram sehingga hasil foto pun tampak tidak jernih.

Seperti yang kita ketahui bersama, kegiatan foto menggunakan HP menjadi salah satu kegiatan yang popouler dilakukan saat ini, mulai dari foto selife, foto bersama pasangan dan keluarga, bersama teman, mengabadikan foto liburan hingga untuk kegiatan foto untuk urusan kerja, kuliah maupun sekolah.

Maka dari itu tidak heran apabila pengembang HP saat ini berlomba-lomba memberikan sentuhan terbaik mereka di fitur kamera untuk menarik para konsumen agar tertarik membeli HP mereka sebab selain harga, spesifikasi kamera merupakan hal yang umumnya diperhatikan saat ingin membeli HP bar, selain juga memperhatikan spesifikasi dapur pacu sebuah HP.

Mendapati hasil foto yang buram dan tidak jernih pastinya merupakan masalah bagi pengguna yang menginginkan hasil foto yang sempurna. Apalagi apabila foto tersebut bertujuan untuk diupload di sosial media seperti Facebook, instagram atau Tiktok yang mana foto harus tampil maksimal agar tidak “memalukan” karena terlihat tidak jelas karena buram.

Bagi anda yang mendapatkan masalah yang sama, maka anda perlu mengetahui apa saja penyebab kamera HP buram dan tidak jernih. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

  • Kamera terkena kotoran yang sulit terlihat, contohnya seperti minyak.
  • Kotoran dan debu yang biasanya datang dari tangan yang terlalu sering memegang lensa kamera pada HP.
  • Lensa terhalang dari cover glass/tempered glass yang biasanya menghalangi lensa sehingga tampak lebih buram.
  • Adanya malfungsi baik dari sisi aplikasi kamera anda atau sistem operasi.
  • Lensa Kamera berembun.
  • Terdapat bekas goresan pada lensa kamera

Cara Mengatasi Kamera HP Buram dan Tidak Jernih

Cara Mengatasi Kamera HP Buram

Setelah anda mengetahui alasan apa saja yang menyebabkan kamera HP anda tampak buram, maka berikut solusi cara mengatasi kamera HP buram dan tidak jernih yang bisa anda simak sebagai berikut.

Coba Bersihkan Lensa

Cara pertama mengatasi kamera HP yang buram adalah dengan membersihkan lensa kamera yang bisa jadi kotor akibat dari sidik jari yang terlalu sering bersentuhan dengan lensa. Namun untuk membersihkan kamera HP memerlukan cara khusus sebab jangan sampai anda malah membuatnya makin kotor. Yang harus anda siapkan adalah menyiapkan benda dengan permukaan yang lembut untuk membersihkan seperti kapas atau kain.

Begini langkah-langkah cara membersihkan lensa kamera hp yang berdebu untuk anda simak sebagai berikut.

  • Siapkan kapas terlebih dahulu, usahakan pilih kapas yang paling lembut.
  • Gosokan kapas secara perlahan pada permukaan kamera HP.
  • Anda bisa menyalakan kembali kamera HP lalu coba untuk mengambil beberapa gambar.
  • Pastikan apakah kamera sudah jernih kembali atau belum
  • Selesai.

Menggunakan Pasta Gigi

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan membersihkan lensa kamera dengan pasta gigi yang memiliki kandungan untuk mengangkat noda dan debu. Akan tetapi, usahakan untuk menggunakan pasta gigi sedikit mungkin atau secukupnya agar tidak malah merusak lensa anda.

Adapun cara yang bisa anda lakukan adalah dnegan menggunakan cotton bud dan oleskan pasta gigi diatasnya, kemudian gosokkan ke lensa secara perlahan dan searah jarum jam.Bersihkan sisa pasta gigi pada kamera dengan kapas hingga tidak ada cairan pasta yang tersisa. Dan terakhir, anda bisa bersihkan sisa pasta gigi dengan tisu atau kapas.

Baca juga  Apa Yang di Maksud Mining Bitcoin? Begini Cara Hitung dan Penjelasannya

Ganti Casing HP

Casing atau pelindung HP juga bisa menjadi penyebab kamera atau lensa menjadi buram terlebih jika ada beberapa bekas goresan pada bagian pelindung HP. Efeknya upaya kamera untuk mengambil gambar akan menjadi terhalang.

Bagi Anda pengguna HP jadul mungkin bisa saja dengan mudah untuk mengganti casing yang sebelumnya telah tergores. Namun, untuk yang menggunakan HP keluaran terbaru mungkin sedikit lebih sulit untuk melakukan reparasi bodi.

Install Ulang Aplikasi Kamera

Bug atau aplikasi error juga bisa menjadi penyebab kamera menjadi buram. Maka untuk mengatasi hal ini, anda bisa mencoba untuk me-restart HP anda terlebih dahulu. Apabila masih belum berhasil, anda bisa mencoba untuk melakukan install ulang aplikasi melalui Playstore.

Mengganti Lensa HP

Dan langkah terakhir mengatasi kamera HP yang buram apabila beberapa cara diatas tidak berhasil, maka besar kemungkinan lensa anda mengalami kerusakan yang mengakibatkan adanya goresan, sehingga membuat kamera menjadi buram. Maka solusinya adalah dengan mengganti lensa kamera tergantung dari jenis dan merek HP yang anda gunakan.

Apabila HP anda masih dalam masa garansi maka anda cukup mencoba mengajukan klaim pergantian secara otomatis.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi kamera HP yang buram sehingga hasil foto pun tampak tidak jernih. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

6 Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah yang bisa...

6 Destinasi Tempat Agrowisata di Bali, Cocok Untuk Wisata Keluarga

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi tempat agrowisata di Bali yang cocok untuk liburan wisata keluarga...

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...