Begini Cara Mengatasi Google Maps (GPS) Tidak Akurat, Lokasi Sering tidak Tepat

Date:

Share post:

Apakah aplikasi google maps atau GPS di HP anda sering menampilkan lokasi yang tidak akurat atau tidak tepat? Jangan kuatir, sebab masalah tersebut umum terjadi pada pengguna lainnya. Begini cara mengatasi google maps (GPS) yang tidak akurat.

Sekedar informasi, GPS adalah sistem navigasi yang menggunakan satelit didesain agar dapat menyediakan posisi secara instan, kecepatan dan informasi waktu di hampir semua tempat di muka bumi, setiap saat dan dalam kondisi cuaca apapun. Dengan menggunakan alat ini maka dimungkinkan user dapat melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time.

Adapun fitur GPS dapat mudah ditemukan saat ini dalam aplikasi google bernama google maps yang merupakan fitur populer dan banyak digunakan saat ini. Sebut saja ketika seseorang bertanya alamat anda, maka anda cukup mengirimkan lokasi anda melalui google maps dari aplikasi whatsapp dan orang tersebut cukup mengikuti arahan dan petunjuk dari aplikasi google maps di HP mereka. Dan alamat anda pun akan mudah ditemukan tanpa harus mutar-mutar atau bertanya pada orang-orang mengenai alamat tersebut.

GPS pun menjadi “senjata utama” pelayanan ojek online, pengantaran online, dan sebagainya, dimana driver bisa menentukan posisi pemesan atau posisi tujuan barang yang akan diantarkan dengan tepat, dan cepat.

Namun kadang terdapat masalah pada penggunaan GPS dimana lokasi yang ditunjukkan tidak tepat atau bahkan dari lokasi yang diingankan. Hal ini akan berimbas ketika anda memesan pengantaran online dimana driver bingung menemukan lokasi anda, atau bagi anda yang memberikan alamat lokasi anda kepada orang lain dimana orang tersebut bisa menjadi bingung ketika mencari alamat anda karena lokasi yang tidak akurat.

Baca juga  Download Lagu Mp3 dan Mp4 dari Youtube Cepat Tanpa Harus Registrasi

Maka dari itu, kali ini kami akan membagikan penyebab dan cara mengatasi google maps yang tidak akurat yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Google Maps (GPS) Tidak Akurat

Cara Mengatasi Google Maps (GPS) Tidak Akurat

Kesalahan Konfigurasi

Perlu anda ketahui bahwa terdapat dua jenis konfigurasi GPS pada Android, yaitu akurasi rendah dan akurasi tinggi. Apabila anda menggunakan mode akurasi rendah,maka wajar apabila GPS di HP anda kurang akurat. Hal ini penting untuk anda atur agar penerapan pada pengaturan atau konfigurasi ini akan membuat titik pada peta pun sering meleset jauh.

Internet Lambat

Seperti yang kita ketahui bersama, fitur GPS bisa berjalan karena adanya koneksi internet dan ketika internet lemot, atau tidak stabil maka akan berimbas pada fungsi GPS juga terganggu dan berjalan tidak semestinya sebab keakuratan titik lokasi pada GPS juga ikut menurun. Bahkan parahnya lagi jika anda menggunakan koneksi internet yang tidak stabil, maka GPS pada google maps tidak jalan atau macet.

Oleh karena itu, pastikan perangkat anda menerima sinyal internet yang baik agar memudahkan menampilkan posisi yang tepat dan akurat.

Google Maps Usang

Lokasi GPS menjadi tidak akurat juga bisa disebabkan karena aplikasi Google Maps out of date. Artinya, anda belum mengupdate aplikasi tersebut padahal pembaruan sudah tersedia di Play Store. Solusinya sangat mudah, anda cukup mengupdate kembali aplikasi google maps anda dari google playstore.

Efek Samping Root

Rooting sering dilakukan untuk memodifikasi sistem Android. Namun, proses ini membuat fitur di Android terganggu, salah satunya adalah GPS yang menjadi tidak akurat. Maka dari itu, sebaiknya hindari root HP atau apabila anda sudah terlanjut melakukannya, anda bisa mengembalikan ke mode normal kembali.

Baca juga  Begini Cara Cek No HP Telkomsel Sendiri Paling Cepat dan Mudah

Bug atau Error pada ROM

ROM atau sistem Android terkadang tidak sempurna dan mengalami bug. Salah satu bug yang kerap muncul adalah tingkat keakuratan GPS menurun. Solusinya, adalah dengan mencoba melakukan pembersihan memori di HP anda atau melakukan pengaturan kembali ke setelan pabrik dimana pengaturan ini akan mengembalikan HP anda kembali seperti baru.

Kerusakan Hardware

Sistem navigasi di Android terdiri dari software dan hardware. Kerusakan pada hardware sistem navigasi juga membuat titik lokasi di Maps menjadi tidak akurat, dan bahkan hingga tidak berfungsi sama sekali. Maka solusinya adalah anda bisa melakuan pengaturan reset HP atau bisa mencoba mengecek ke jasa service HP di daerah anda.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi google maps (GPS) yang tidak akurat. Semoga berguna dan bermanfaat mengatasi gps atau lokasi google maps yang sering meleset jauh dari lokasi tepat anda.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...