Begini Cara Mengatasi Download Play Store yang Tertunda, Gagal atau Error

Date:

Share post:

Apakah anda ingin mendownload aplikasi di google playstore tapi download anda tidak kunjung selesai? Begini cara mengatasi download playstore yang tertunda, gagal atau error.

Bagi pengguna HP android, aplikasi google playstore pastinya sudah tidak asing untuk digunakan dimana google playstore merupakan “toko online” untuk menemukan berbagai macam aplikasi baik itu gratis maupun berbayar. Di Google playstore terdapat ribuan aplikasi yang bisa diplih dan didownload untuk pengguna android sesuai dengan kebutuhan.

Namun selain mendownload apliasi baru, playstore juga merupakan tempat untuk melakukan update aplikasi untuk mendapatkan pembaharuan atau versi aplikasi terbaru dimana pada umumnya aplikasi akan terus diperbaharui oleh pengembang aplikasi untuk penambahan fitur baru, menutupi error dan bug yang anda serta meningkatkan keamanan aplikasi.

Tapi bagaimana jika anda ingin mendownload atau mengupdate aplikasi di playstore tetapi selalu tertunda atau gagal? pastinya hal ini bisa sangat menyebalkan, apalagi jika aplikasi tersebut ingin segera anda gunakan.

Perlu anda ketahui, penyebab download aplikasi di playstore selalu tertunda atau gagal bisa disebabkan beberapa hal. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Penyebab Download Play Store yang Tertunda, Gagal

Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab pertama yang paling umum menyebabkan download aplikasi di playstore android selalu tertunda atau gagal adalah karena koneksi internet yang lambat dan tidak stabil dimana koneksi internet yang lancar dan stabil diperlukan ketika mendownload aplikasi.

Baca juga  4 Aplikasi Pemisah dan Penghapus Suara Vokal dan Musik di Hp Android

Ketika sinyal lemah dan kecepatan internet rendah, biasanya proses download aplikasi tidak akan berjalan dan akan muncul tulisan download pending atau download tertunda.

Memori Internal Penuh

Semakin banyak aplikasi dan file yang ada di HP maka akan memenuhi memori internalnya. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab mengapa proses download aplikasi di Play Store tertunda. Proses download tertunda karena sistem mendeteksi bahwa memori penyimpanan tidak bisa menampung ukuran file yang didownload ketika update.

Terdapat Aplikasi Lain yang di Download

Perlu anda ketahui bahwa terkadang Play Store juga mendownload atau update aplikasi secara otomatis, terutama ketika Android terhubung dengan WiFi dan hal ini sering tidak disadari oleh pengguna Android sehingga download aplikasi yang diinginkan menjadi tertunda sebab Play Store tidak bisa mendownload dua aplikasi sekaligus.

Adapun ketika Play Store sedang mengupdate aplikasi secara otomatis, maka aplikasi berikutnya pun akan tertunda proses downloadnya. Proses download aplikasi selanjutnya akan berjalan secara otomatis ketika aplikasi pertama sudah selesai diinstall. Jadi, pastikan apakah ada aplikasi lain yang sedang di download di waktu yang sama.

Pengaturan Koneksi WiFi

Download yang tertunda di Play Store juga bisa disebabkan oleh pengaturan koneksi WiFi. Apabila pengguna mengatur opsi WiFi Only, maka proses download hanya akan bisa berlangsung ketika smartphone terhubung dengan koneksi WiFi.

Ketika HP mencoba mendownload aplikasi menggunakan koneksi data seluler, maka prosesnya akan tertunda. Walaupun mungkin terkesan sepele, akan tetapi hal ini adalah penyebab download tertunda di play store yang kerap terjadi.

Cara Mengatasi Download Play Store yang Tertunda atau Gagal

Sekarang anda sudah mengetahui penyebab apa saja yang membuat download playstore yang tertunda atau gagal. Nah kini, anda bisa menyimak cara mengatasinya yang bisa anda ikuti sebagai berikut.

Baca juga  Begini Cara Blok Pesan WhatsApp Orang Lain Tanpa Harus Memblokir

Merubah Pengaturan Jaringan

Apabila penyebab download gagal karena sinyal internet yang lemot maka anda bisa merubah koneksi Anda ke WiFi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih baik. Jaringan WiFi biasanya tersedia di tempat umum seperti kafe, WiFi corner, atau hotel.

Merubah Pengaturan Download

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, download tertunda juga bisa disebabkan oleh pengaturan jaringan di playstore. Karena secara default play store mengatur agar hanya bisa download aplikasi melalui jaringan WiFi, maka anda harus mengubah pengaturannya.

Setelah mengubah pengaturan play store seperti di atas, coba cek kembali aplikasi yang tadi akan di download. Jika bisa berjalan, berarti permasalahan anda selesai. Namun apabila belum, anda bisa beralih ke langkah selanjutnya.

Bersihkan Cache Play Store

Sering mendownload game atau aplikasi di Play Store akan menyebabkan ukuran file cache bertambah banyak. Ketika kapasitas cache penuh, kinerja Play Store akan melambat, bahkan tidak bisa untuk install aplikasi.

Update Play Store ke Versi Terbaru

Sebagai aplikasi, google playstore juga perlu diupdate sebab versi aplikasi yang terlalu lawas bisa menghambat kinerjanya. Jadi, anda bisa update play store untuk mengatasi download tertunda apabila tersedia versi terbaru.

Memeriksa Penyimpanan Android

Pada beberapa HP Android memiliki kapasitas memori internal yang terbatas, contohnya 16GB atau 32GB. Anda bisa memeriksa sisa kapasitas memori internal apabila anda mengalami masalah download tertunda di Play Store.

Caranya cukup mudah, yaitu anda bisa mengaksesnya melalui aplikasi pengelola file. Jika penuh, hapus beberapa file terlebih dahulu untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Setelah sudah menghapus beberapa file sehingga penyimpanan tersedia, anda bisa membuka kembali Playstore dan download aplikasi yang diinginkan seperti biasa karena anda sudah mengatasi play store download tertunda.

Baca juga  Cara Menghapus Iklan di HP Xiaomi, Pasti Hilang Permanen

Reset Android

Dan terakhir, apabila semua langkah diatas telah anda lakukan tetapi download atau update aplikasi di playstore tetap tertunda atau gagal, maka anda bisa melakukan reset Android anda dengan cara mengakses menu Settings, lalu pilih System, kemudian pilih Advance dan Reset.

Sebagai catatan, sebelum melakukan reset android maka sebaiknya anda telah membackup data anda terlebih dahulu sebab cara ini akan menghapus semua data yang ada di memori internal di HP anda.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi download playstore yang tertunda, gagal, atau error. Semoga bisa mengatasi masalah yang anda alami.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...