Begini Cara Mengaktifkan Sistem Restore pada Windows 10

Date:

Share post:

Sistem restore pada sebuah sistem operasi sistem seperti window merupakan salah satu fitur wajib yang anda ketahui penggunaannya. Begini cara mengaktifkan sistem restore pada windows 10.

Sekedar informasi system Restore adalah fitur yang terdapat pada OS Windows untuk mengembalikan sistem ke titik atau pada periode tertentu sebelumnya. Jadi bisa dikatakan fitur ini semacam melakukan “Undo” terhadap sistem komputer tanpa mempengaruhi file personal seperti email, dokumen, foto, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara kerja sistem restore pada Windows? System Restore bekerja dengan membuat dan menyimpan restore point di komputer dalam periode tertentu. Informasi yang disimpan disini adalah informasi registry dan juga berbagai setting lain yang digunakan oleh Windows. Selain tersimpan secara otomatis, anda juga bisa membuat Restore Point sendiri secara manual.

Dikutip dari Microsoft, System Restore mengambil “snapshot” dari sejumlah berkas sistem dan Windows registry lalu menyimpannya sebagai restore point. Apabila terjadi masalah, maka sistem Restore bisa mengembalikan Windows ke kondisi seperti pada restore point.

Namun agar anda bisa bisa mengembalikan sistem windows anda pada poin tertentu dengan menggunakan fitur sistem restore, anda harus mengaktifkan dulu sistem restore pada windows 10 agar nantinya sistem restore akan tersimpan secara otomatis atau anda juga bisa membuat restore poin secara manual. Simak cara mengaktifkan sistem restore pada windows 10 yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengaktifkan Sistem Restore pada Windows 10

Cara Mengaktifkan Sistem Restore pada Windows 10

  • Klik kanan pada tombol Start lalu klik System.
  • Kemudian klik pada tab Advanced system settings.
  • Lalu Klik pada System Protection.

Cara Mengaktifkan Sistem Restore pada Windows 10

  • Apabila terdapat lebih dari satu drive, anda bisa pilih drive yang ingin digunakan terlebih dahulu, lalu klik Configure. Dan apabila hanya ada satu drive, anda langsung klik Configure.
  • Selanjutnya anda bisa Klik Turn on system protection.
Baca juga  5 Aplikasi Edit Foto Bingkai Di HP Terbaru dan Mudah Digunakan

Cara Mengaktifkan Sistem Restore pada Windows 10

  • Geser slider untuk menentukan besarnya nilai maksimal dari ruang pada media simpan yang akan digunakan System Restore untuk menyimpan restore point.
  • Klik Apply, lalu pilih OK.
  • Klik OK untuk menutup. System Restore sudah aktif.

Perbedaan System Restore dan System Image Backup

Apa beda System Restore dan System Image Backup? Pertanyaan ini sering ditanyakan pengguna windows yang masih bingung akan fungsi kedua fitur windows ini. Sekedar informasi, system Restore yang “dibackup” adalah file-file sistem seperti registry dan pengaturan Windows, tanpa menyertakan file personal. Sedangkan System Image Backup akan membackup semuanya, mulai dari file-file sistem hingga semua file personal yang anda simpan.

System Restore hanya mengubah sistem tanpa efek apapun pada data personal, sedangkan System Imange Backup mengubah semuanya baik sistem maupun data personal.

Demikian informasi mengenai cara mengaktifkan sistem restore pada windows 10. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

6 Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah yang bisa...

6 Destinasi Tempat Agrowisata di Bali, Cocok Untuk Wisata Keluarga

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi tempat agrowisata di Bali yang cocok untuk liburan wisata keluarga...

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...