Begini Cara Membuat SKCK di Aplikasi PRESISI Polri

Date:

Share post:

Tahukah bahwa kini anda bisa mengurus pembuatan SKCK tanpa harus ke kantor polisi dan antri? Simak begini cara membuat SKCK di aplikasi presisi Polri.

Sebenarnya membuat SKCK Polri atau surat keterangan catatan kepolisian secara online bukanlah layanan baru yang dilakukan kepolisian untuk melayani masyarakat dalam proses pembuatan SKCK dimana sebelumnya masyarakat bisa membuat SKCK secara online melalui situs resmi skck.polri.go.id. Namun sejak 20 Maret 2023 situs ini sudah diganti dengan layanan aplikasi SUPERAPPS PRESISI POLRI.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, SKCK merupakan dokumen yang menjadi salah satu syarat wajib bagi untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya yang paling sering digunakan adalah dalam melamar pekerjaan, dimana banyak perusahaan khususnya BUMN mewajibkan berkas lamaran diwajibkan untuk melampirkan SKCK agar bisa dikatakan berkas lengkap secara administrasi.

Maka dari itu, mengetahui peran pentingnya SKCK bagi masyarakat untuk digunakan di berbagai kebutuhan maka kepolisian pun mengambil langkah mempermudah masyarakat dimana untuk mengurus SKCK, masyarakat tidak perlu lagi ke kantor polisi dan antri dimana dengan aplikasi SUPERAPPS PRESISI POLRI akan melayani pengurusan dan pembuatan SKCK secara online sehingga anda tidak perlu meninggalkan tempat duduk anda.

Adapun SKCK sendiri adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri untuk memberi keterangan ada atau tidaknya catatan yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan dan memiliki masa berlaku hingga 6 bulan setelah diterbitkan.

Syarat Membuat SKCK

Cara Membuat SKCK di Aplikasi PRESISI Polri

Bagi anda yang ingin membuat SKCK maka anda harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

  • Membawa surat pengantar dari Kelurahan. Cara mendapatkan surat pengantar untuk syarat SKCK ini Anda perlu mendatangi ketua RT dan ke ketua RW. Lalu bawa surat dari ketua RW ke Kelurahan (Opsional).
  • Membawa fotokopi KTP atau SIM
  • Membawa fotokopi KK
  • Membawa fotokopi Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir/Ijazah Terakhir
  • Membawa pas foto 4×6 berlatar merah sebanyak 6 lembar
Baca juga  Begini Cara Setting Remote AC Universal Lengkap dengan Daftar Kodenya

Sebagai catatan, dalam membuat pas foto diharuskan menggunakan pakaian sopan dan berkerah, tidak menggunakan aksesoris wajah, serta tampak muka dan bagi yang mengenakan jilbab wajib tampak muka secara utuh.

Cara membuat SKCK Online melalui SUPER APPS PRESISI POLRI

Setelah anda telah melengkapi berkas syarat diatas, maka selanjutnya anda bisa mengajukan SKCK online menggunakan SUPER APPS PRESISI POLRI yang bisa anda simak panduannya sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan download aplikasi SUPER APPS PRESISI POLRI di perangkat anda.
  • Lalu pilih menu SKCK
  • Kemudian klik Mulai
  • Pilih Daftar Baru jika belum memiliki akun PRESISI. Lengkapi data diri.
  • Lengkapi kembali kolom Data Identitas, kemudian klik Simpan.
  • Pada keterangan klik Kirim data untuk di VERIFIKASI, silakan klik Kirim Sekarang
  • Data anda akan diverifikasi sistem selama 1 x 24 jam.
  • Nantinya anda akan mendapatkan kode dan tagihan ke alamat email untuk melakukan pembayaran.
  • Setelah itu cetak bukti pembayaran.

Adapun biaya untuk membuat SKCK online dikenakan Rp 30.000. Dan setelah anda melakukan pembayaran, maka anda bisa mendatangi Polsek, Polres, Polda atau Mabes Polri terdekat dari wilayah anda sesuai jadwal yang dikirim ke email anda sehingga anda tidak perlu antri lagi untuk mendapatkan nomor urut pendaftaran. Jangan lupa juga untuk membawa bukti pembayaran dan berkas asli persyaratan membuat SKCK. Nantinya, anda akan diambil sidik jari oleh petugas dikantor polisi.

Demikian informasi mengenai cara membuat SKCK di aplikasi presisi Polri. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengurus SKCK dengan mudah untuk kebutuhan anda.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...