Begini Cara Membuat GIF di WhatsApp, Chat Makin Seru

Date:

Share post:

Apakah anda ingin membuat GIF di whatsapp agar chat anda makin seru? Begini cara membuat GIF di whatsapp yang bisa anda simak pada artikel kami kali ini.

Bagi anda pengguna setia whatsapp, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah GIF yang populer digunakan pada chat whatsapp untuk membuat chat makin seru dan tidak hambar. GIF sendiri merupakan singkatan dari Graphical Interchange Format. Format ini adalah grafis yang paling sering digunakan untuk keperluan desain website. Adapun format Gambar GIF ini memiliki kombinasi warna yang sedikit dibanding gambar JPEG. Walaupun demikian, gambar GIF mampu menyimpan grafis dengan latar belakang transparan ataupun dalam bentuk animasi sederhana.

GIF ini juga sering berbentuk serangkai gambar atau video tanpa suara yang akan diputar berulang. Jenis gambar ini awalnya populer di beberapa situs seperti Reddit, BuzzFeed, dan Tumblr. Akan tetapi, seiring munculnya media sosial dan aplikasi, gambar GIF mulai digunakan untuk mengekspresikan diri atau membuat chat makin seru saat berbalas pesan.

Cara Membuat GIF di WhatsApp

Cara Membuat GIF di WhatsApp

Bagi anda yang ingin membuat GIF di whatsapp dan anda tidak mengetahui caranya, maka berikut langkah-langkah dan panduannya yang bisa anda simak sebagai berikut.

Menggunakan search Google Keyboard atau Gboard

Untuk bisa menggunakan cara membuat GIF yang pertama, anda membutuhkan aplikasi keyboard Gboard yang mana fitur ini umum digunakan pada HP Android terbaru yang menggunakan keyboard buatan search Google ini sebagai keyboard utama. Namun, jangan kuatir bagi anda yang belum memiliki aplikasi ini, dimana anda bisa men-download terlebih dahulu aplikasi ini di PlayStore.

Baca juga  5 Tips Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak Agar Kembali lagi

Setelah anda telah menemukan aplikasi Gboard maka berikut cara membuat GIF di WhatsApp dengan Gboard sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan buka aplikasi WhatsApp yang ada di HP anda.
  • Lalu pilih kotak obrolan yang ingin anda kirimi gambar GIF.
  • Kemudian pilih ikon GIF yang ada di menu atas keyboard.
  • Anda akan masuk ke kolom koleksi GIF dimana terdapat berbagai kategori yang bisa anda pilih.

Setelah menemukan GIF yang cocok, anda tinggal pilih GIF tersebut dan edit sesuai keinginan. Di sini anda bisa menambahkan sejumlah elemen agar GIF kian menarik. Apabila anda sudah selesai mengedit, anda tinggal klik ‘Send’. GIF pun akan terkirim ke pesan.

Menggunakan Aplikasi

Cara selanjutnya anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ada di PlayStore untuk membuat GIF. Dengan aplikasi, anda tidak hanya membuat GIF yang berasal dari video tetapi juga dari foto. Simak panduannya sebagai berikut.

Download aplikasi GIF Maker yang ada di PlayStore. Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut. Dalam aplikasi, Anda akan disajikan sejumlah fitur untuk membuat GIF mulai dari gambar, foto, video hingga layar rekam.

Apabila anda ingin membuat GIF dari foto, anda cukup klik ‘gambar-GIF’. Anda bisa memilih beberapa foto yang diinginkan untuk diedit jadi GIF. Dalam aplikasi ini, anda harus memilih minimal 2 foto.

Setelah foto dipilih, klik tanda centang di pojok kanan atas. Tunggu hingga proses selesai. Nanti akan muncul sejumlah fitur edit untuk mengkreasikan foto menjadi GIF yang menarik. Selesai mengedit, Anda cukup klik tanda centang di atas kembali. Kemudian anda bisa pilih format GIF dan kualitas gambar yang diinginkan. Sebagai catatan, semakin tinggi kualitas, maka semakin besar ukuran file-nya.

Baca juga  Cara Daftar Grab Car Online Terbaru 2023 Lengkap Dengan Syaratnya

Klik ‘OK’ dan tunggu proses selesai

Untuk mengirim GIF dari aplikasi ini, anda cukup menekan tombol berbagi kemudian pilih ikon WhatsApp. Setelah itu pilih kontak yang ingin dikirim GIF. Klik tombol kirim yang berupa gambar pesawat kertas di pojok kanan bawah.

Kelebihan membuat GIF di aplikasi ialah GIF buatan anda bisa digunakan atau bisa dikirim ke media sosial lain dengan mudah dan cepat. Selain itu, mengedit GIF di aplikasi juga lebih lengkap fiturnya. Anda pun bisa lebih bebas memilih untuk mengedit sekreatif mungkin seperti yang anda inginkan.

Menggunakan Video dari Galeri HP

Apabila anda masih merasa belum menemukan gambar GIF yang sesuai dengan ekspresi yang diinginkan, anda bisa mencoba membuat GIF dari video milik anda dimana anda tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk membuat GIF dengan cara ini karena fitur edit berasal dari aplikasi WhatsApp sendiri. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan buka aplikasi WA di HP anda. Lalu masuk ke kotak obrolan yang ingin anda dikirim GIF.
  • Setelah masuk, anda bisa pilih logo attachment atau lampiran yang ada dibawah, lalu pilih ‘Galeri’.
  • Pilih video yang ingin anda jadikan GIF. Edit video menjadi di bawah 5 detik dengan menggeser slide. Sesuaikan bagian video yang diinginkan untuk jadi GIF. Setelah diedit menjadi kurang dari 6 detik, akan muncul tombol GIF tepat di bawah garis waktu.
  • Klik tombol GIF tersebut untuk mengubah video menjadi gambar GIF. Anda juga bisa menambahkan teks, emoji, stiker atau keterangan lain dalam GIF.
  • Apabila sudah selesai, anda bisa tekan tombol kirim, GIF pun akan terkirim ke kotak obrolan yang diinginkan. GIF yang sudah diedit juga akan disimpan ke galeri HP anda sehingga bisa digunakan kembali di lain waktu.
Baca juga  6+ Aplikasi Download Lagu MP3 Terbaru 2023, Legal dan Gratis

Sebelum Anda mengedit video untuk menjadi GIF di WhatsApp, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah anda harus menentukan bagian video mana yang layak dijadikan dimana video akan diedit di bawah 5 detik, jadi pastikan bagian tersebut adalah bagian yang diinginkan.

Demikian informasi mengenai cara membuat GIF di whatsapp yang bisa anda ikuti dengan mudah. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

8+ Spot Wisata Pantai Dekat Bandung Untuk Liburan Asik

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi spot wisata pantai dekat Bandung untuk liburan asik dan menyenangkan. Walaupun...

5 Penyebab Kenapa Bau Mulut Walaupun Sudah Sikat Gigi

Anda merasakan mulut anda berbau tidak sedap walaupun sudah rutin menyikat gigi? Agar anda tidak bingung, kali ini...

Tips Menciptakan Kesan Luas untuk Rumah yang Kecil

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips untuk menciptakan kesan luas bagi anda pemilik rumah dengan luas...

Begini Cara Mengatasi Kaki Keseleo Yang Aman Dilakukan Sendiri

Bagi anda yang mengalami kaki keseleo atau hal ini terjadi pada orang terdekat anda, maka kali ini kami...