Begini Cara Backup Data di HP Android Paling Mudah dan Efektif

Date:

Share post:

Apakah anda mencari cara backup data di HP android yang mudah dan anti ribet? Maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak panduan dan langkah-langkahnya dibawah ini.

Perlu anda ketahui bahwa melakukan backup data HP secara berkala akan bisa sangat bermanfaat apabila di suatu saat terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan pada HP anda seperti HP yang hilang, HP yang dicuri, HP rusak, dan lainnya sebagainya. Pastinya anda tidak menginginkan apabila data-data penting anda hilang bukan? seperti foto-foto spesial anda bersama pasangan atau keluarga, hingga file-file tugas dan kerjaan anda di HP anda.

Selain itu backup data HP juga penting bagi anda yang ingin melakukan reset HP kembali ke setelan pabrik atau factory reset dimana dengan melakukan hal tersebut, semua data anda akan hilang. Namun hal tersebut pastinya tidak jadi masalah apabila anda telah membackup data di HP anda dengan baik.

Untuk membackup file dan data yang ada di HP android pun sebenarnya sangat mudah dilakukan oleh siapa saja, tetapi masih banyak pengguna HP android yang mengetahui cara mudah dan cepat untuk backup data HP android. Untuk itu, kali ini kami akan membagikan beberapa cara backup data di HP android yang mudah dan anti ribet yang bisa anda simak dibawah ini.

Cara Backup Data di HP Android

Begini Cara Backup Data di HP Android Paling Mudah dan Efektif

Cara Backup Data Android via Akun Google

Cara mudah pertama yang bisa anda lakukan untuk backup data di HP android anda adalah dengan menggunakan layanan akun google ini dimana dengan akun google, anda bisa dengan mudah membackup data aplikasi, password dan lain lain.

Baca juga  Cara Menaikkan Limit Shopee Paylater dengan Cepat Lengkap Dengan Syaratnya

Untuk melakukan dan mengembalikan data backup, anda cukup login di akun google tersebut untuk dapat melakukan restore atau memulihkan data backupan anda. Simak panduan dan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan masuk ke menu Pengaturan HP android anda.
  • Kemudian pilih menu Sistem.
  • Lalu pilih Backup & Reset.
  • Aktifkan Google Backup atau Back up my data.
  • Selesai.

Apabila anda telah mengaktifkan fitur Google Backup, maka akan secara otomatis sistem akan membackup data seperti password WiFi, riwayat telepon, data aplikasi termasuk setingan aplikasi, dan data lainnya.

Melalui Local Backup

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan fitur android itu sendiri, dimana terdapat fitur bawaan android yang disebut dengan local backup. Dengan fitur ini, file backup akan diproses dan disimpan ke penyimpanan pada HP android anda. Simak panduan dan langkah-langkanya sebagai berikut.

  • Pertama, anda bisa pergi ke menu Pengaturan di HP android anda.
  • Kemudian masuk ke menu Sistem.
  • Lalu pilih menu Backup & Reset.
  • Dan terakhir, pilih opsi Local Backup.
  • Selesai.

Fitur dari local backup ini mampu membuat salinan data cadangan secara otomatis. Akan tetapi, kekurangan dari local backup ini adalah terkadang tidak mendukung beberapa aplikasi sehingga data tidak berhasil disimpan.

Menggunakan Easy Backup & Restore

Dan cara terakhir untuk membackup data di HP android adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Easy Backup & Restore. Aplikasi ini mampu untuk membuat file backup untuk data di HP android anda dengan cepat dan mudah karena aplikasi ini memberikan navigasi yang sederhana sehingga anda dapat dengan mudah menggunakannya.

Aplikasi dapat membackup kontak, isi sms, bookmark, kalender, riwayat panggilan, dan data aplikasi. Akan tetapi, aplikasi ini tidak dapat untuk backup foto, video, dokumen atau file yang lainnya. Sebagai solusinya, anda bisa memindahkannya terlebih dahulu ke laptop atau flashdisk sebagai cara alternatif agar anda tidak kehilangan file yang tidak bisa dibackup oleh aplikasi ini.

Baca juga  Cara Keluar Grup WA Tanpa Ketahuan Admin

Demikian informasi mengenai cara backup data di HP android yang mudah dan anti ribet. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...