Cara Mudah Atasi Hidung Tersumbat dengan Alami, Hanya Dengan 4 Pijatan!

0
Atasi Hidung Tersumbat dengan Alami

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mudah mengatasi hidung tersumbat dengan alami dan tanpa obat-obatan. Anda cukup melakukan 4 pijatan ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana rasa tidak nyaman akibat hidung tersumbat adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang dan bisa menimpa siapa saja serta kapan saja, terutama saat musim flu atau alergi.

Namun, alih-alih langsung mengandalkan obat-obatan kimia, maka penting untuk anda ketahui dimana terdapat cara alami yang dapat membantu meredakan hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Salah satunya adalah dengan menggunakan pijatan yang tepat pada titik-titik tertentu di sekitar hidung dan wajah. Dengan hanya beberapa pijatan sederhana, anda dapat merasakan perubahan yang signifikan dalam kenyamanan pernapasan Anda.”

Pijatan-pijatan tersebut tidak hanya membantu melancarkan aliran udara, tetapi juga merangsang pembukaan saluran pernapasan yang tersumbat secara alami. Dengan begitu, anda dapat merasa lebih lega tanpa harus bergantung pada obat-obatan yang mungkin memiliki efek samping.

Dan kali ini kami akan membagikan cara mudah mengatasi hidung tersumbat dengan alami dan tanpa obat-obatan hanya dengan pijatan yang bisa anda terapkan dibawah ini.

Cara Mudah Atasi Hidung Tersumbat dengan Alami

Atasi Hidung Tersumbat dengan Alami

Pijat Sinus Frontal

Peradangan yang terjadi pada sinus bagian depan (frontal) bisa menimbulkan rasa nyeri di belakang mata atau dahi. Oleh karena itu, titik pijatan pada sinus frontal berada di tengah dahi, memanjang dari tulang alis hingga ke bagian atas hidung.

Sebaiknya untuk menghangatkan tangan sebelum memberikan pijatan untuk hidung tersumbat dimana anda bisa mencoba menggosokkan kedua tangan terlebih dahulu. Berikut pijatan pada titik refleksi untuk mengatasi hidung tersumbat.

Baca juga  6+ Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang, Waspada dan Jangan Di Sepelekan!

Letakkan telunjuk dan jari tengah di kedua sisi dahi, tepatnya di tulang alis bagian tengah
Pijat lembut area tersebut hingga ke arah pelipis dengan gerakan melingkar
Ulangi gerakan tersebut dari tengah dahi ke arah pelipis selama 30 detik

Pijat Sinus Umum

Jenis pijat ini sangat umum dilakukan untuk meredakan hidung tersumbat yang tidak nyaman. Selain itu, teknik memijat ini juga dapat menghilangkan stres. Berikut langkah-langkah pijatan untuk hidung tersumbat.

  • Gerakan pertama, letakkan empat jari di dahi sebelah kanan dan kiri
    Berikan pijatan yang lembut sambil mengambil napas selama beberapa kali untuk meredakan rasa sakit di area tersebut
  • Gerakan kedua, letakkan empat jari di dalam tulang pipi dekat bagian bawah hidung dan pijat ke arah luar selama beberapa kali

Pijat Sinus Sphenoid dan Ethmoid

Sinus sphenoid terletak di tengah tengkorak, tepat di belakang hidung dan di antara mata. Sementara sinus ethmoid terletak di depan sinus sphenoid, yakni di tengah-tengah pangkal hidung dan tepi bagian dalam rongga mata.

Tersumbatnya hidung karena peradangan yang terjadi di area tersebut dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri wajah, dan postnasal drainage. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan bisa anda terapkan dengan langkah berikut.

  • Letakkan ibu jari dan jari telunjuk di pangkal hidung
  • Berikan tekanan di area hidung dan sudut dalam mata selama 15 detik
  • Pijat ke arah bawah sepanjang sisi batang hidung secara lembut dan ulangi gerakan ini selama 30 detik

Melakukan pijat hidung untuk atasi hidung tersumbat bisa dilakukan dengan mudah, bahkan anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Namun, bila gejala hidung tersumbat tidak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter.

Baca juga  9 Cara efektif Meredakan Stres dengan Cepat, Hanya 5 Menit

Pijat Sinus Maksilaris

Sinus maksilaris merupakan rongga yang berada di antara kedua sisi hidung di belakang pipi. Bentuknya memanjang dari bagian bawah mata hingga ke langit-langit mulut. Ketika terjadi peradangan di area tersebut yang menyebabkan hidung tersumbat, ini akan membuatmu merasakan nyeri di area wajah.

Anda juga akan merasakan postnasal drip atau mengalirnya lendir dari rongga hidung ke arah tenggorokan. Berikut cara memijat hidung tersumbat di area sinus maksilaris.

  • Letakkan jari di area titik refleksi hidung tersumbat, yakni di kedua sisi hidung tepatnya di antara tulang pipi dan rahang atas
  • Pijat area tersebut dengan gerakan melingkar selama 30 detik
  • Untuk memberikan tekanan yang lebih kuat, gunakan ibu jari untuk memijat

Demikian informasi mengenai cara mudah mengatasi hidung tersumbat dengan alami dan tanpa obat-obatan dengan hanya melakukan pijatan yang banyak orang belum mengetahuinya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *