5 Aplikasi Desain Grafis Terbaik dan Terpopuler

Date:

Share post:

Bagi anda yang mencari rekomendasi aplikasi desain grafis terbaik dan terpopuler? maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak beberapa masukan yang bisa menjadi pilihan anda.

Desain grafis merupakan salah satu keahlian yang banyak dicari saat ini, apalagi di era digital seperti saat ini dimana para Graphic Designer atau sebutan dari pembuat desain grafis bisa membantu membuat visualisasi keren dan menarik untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan pribadi, startup, perusahaan multinasional, dan juga bisnis UMKM yang mana design grafis dibutuhkan untuk membuat konten di sosial media, kartu nama, iklan, brosur, menu, banner, packaging dan lain sebagainya.

Adapun desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan secara visual. Desain grafis akan memanfaatkan suatu gambar sebagai media dalam penyampaian pesan. Informasi yang disampaikan di dalamnya akan dilakukan seefektif mungkin.

Desain grafis sendiri berasal dari dua kata, yaitu kata desain dan kata grafis. Desain adalah suatu metode perancangan estetika. Metode perancangan ini didasarkan pada kreativitas. Sedangkan grafis memiliki arti ilmu dari sebuah perancangan titik, maupun garis. Maka hal itu akan membentuk sebuah gambar, yang bisa memberikan informasi serta berhubungan dengan proses percetakan.

Aplikasi Desain Grafis Terbaik

Aplikasi Desain Grafis Terbaik

Apakah anda ingin berlatih desain grafis atau membuat desain grafis dengan mudah? maka kali ini kami akan membagikan aplikasi desain grafis terbaik yang bisa menjadi pilihan anda sebagai berikut.

Adobe Photoshop

Aplikasi desain grafis bisa dikatakan aplikasi legendnya untuk desain grafis yang telah digunakan banyak orang di dunia sejak dulu hingga sekarang. Bahkan menurut klaim situs resmi Adobe lebih dari 90% kreatif profesional di seluruh dunia menggunakan aplikasi ini.

Baca juga  Aplikasi Pencari Kerja Terpercaya Bagi Para Fresh Graduate

Photoshop sendiri adalah software (perangkat lunak) berbasis bitmap. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengedit foto tapi juga mengubah komposisi foto, menggabungkan seni digital, ganti background, dan membuat desain grafis. Dengan menggunakan Photoshop, anda juga dapat menghapus objek, memperbaiki objek, melakukan remix, dan memberi warna ulang pada objek.

CorelDRAW Graphic Suite

Tidak kalah populernya dengan Photoshop, CorelDRAW adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor. Dengan Corel Draw, anda bisa membuat logo, poster, brosus, bahkan undangan pernikahan. Anda bisa membuat desain apa saja yang berbasis vektor dengan aplikasi ini. Karena basisnya vektor, hasil desainnya tidak akan pecah meskipun diperbesar. Anda bisa melakukan export atau import file sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, Ai, PSD, PDF, JPG, PNG, SVG, DWG, dan lainnya.

Inkscape

Selanjutnya adalah Inkscape yang merupakan aplikasi desain grafis berbasis vektor dimana aplikasi ini cocok untuk membuat logo, ilustrasi, dan karya seni lainnya yang berbasis vektor. Aplikasi ini bisa digunakan di Windows, Mac, dan juga Linux. Di website resminya, mereka menyediakan berbagai tutorial menggunakan Inkscape. Mulai dari basic sampai tips dan triknya juga. Jadi bagi anda yang masih pemula dan baru belajar, maka aplikasi ini bisa menjadi pilihan anda.

Adobe Illustrator

Selanjutnya adalah kembali produk dari Adobe yang bernama Adobe Illustrator (Ai) dimana aplikasi desain ini berfokus untuk desain vektor. Terdapat banyak karya yang dapat anda buat dengan Ai, contohnya, mockup layout website, logo, ikon, tipografi, ilustrasi, poster, dan desain vektor lainnya. Karena Ai berbasis vektor, jadi hasil desain anda tidak akan pecah kalau diperbesar.

Bagi anda yang masih pemula dan baru belajar menggunakan Ai, anda tidak perlu kuatir sebab Adobe Illustrator menyediakan banyak template yang bisa langsung anda unduh dan gunakan tanpa harus membuat dari awal.

Baca juga  Cara mengedit Foto Wajah Jadi Awet Muda, Natural dan Instan

Canva

Canva adalah salah satu aplikasi desain grafis yang sangat populer di berbagai kalangan. Selain karena gratis, aplikasi ini juga cukup mudah untuk digunakan. Biasanya, Canva sering dipakai untuk membuat CV. Tapi, lebih dari itu, di Canva, anda bisa membuat berbagai macam desain untuk berbagai keperluan.

Anda bisa membuat logo, konten sosial media, business card, menu, banner, poster, Instagram story, infografis, presentasi, dan lainnya. Ini sangat cocok untuk membuat desain yang tidak terlalu kompleks dan butuh waktu cepat. Anda bisa membuat desain dengan mudah dalam beberapa menis saja dengan menggunakan template yang sudah ada sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk orang yang tidak paham skill design grafis dan ingin membuat desain grafis yang menarik.

Demikian informasi mengenai rekomendasi aplikasi desain grafis terbaik dan terpopuler. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...