Apa itu Princess Syndrome? Begini Penjelasan dan Pengaruhnya untuk Kesehatan Mental

Date:

Share post:

Apabila anda merasa narsis terlalu berlebihan atau memikirkan uang diatas segalanya, maka anda harus hati-hati sebab bisa jadi hal tersebut tanda-tanda disorder yang populer disebut Princess Syndrome. Lalu apa itu Princess Syndrome? Simak penjelasan dan pengaruhnya untuk kesehatan mental.

Mungkin istilah Princess Syndrome merupakan disorder yang tidak terlalu populer sebab sindrom ini mungkin tampak umum dan manusiawi. Tetapi sindrom ini mesti anda waspadai apabila anda menemukan gejalanya pada diri anda karena akan mengganggu kesehatan mental anda.

Lalu apa Princess Syndrome? Princess Syndrome merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan sikap narsisme dan materialisme pada perempuan. Sesuai dengan namanya, sindrom ini merujuk pada perempuan yang cenderung terobsesi dengan penampilan dan merasa bahwa dirinya berada di pusat alam semesta. Keberadaan Princess Syndrome ini juga didukung adanya budaya di zaman sekarang yang menuntut perempuan untuk berpenampilan sesuai dengan standar tertentu.

Dari arti Princess Syndrome diatas, mungkin terlihat hal tersebut umum dan manusiawi tetapi ketika hal tersebut berlebihan dan membuat anda menjadi memaksakan diri serta melupakan kepentingan orang lain dan kepentingan anda sendiri, maka hal tersebut bisa mengganggu kesehatan mental anda.

Ciri Ciri Princess Syndrome

Princess Syndrome

Sebenarnya, princess Syndrome dapat dikenali dari beberapa ciri-ciri atau tanda dimana salah satu diantaranya adalah selalu mengeluh dalam setiap situasi, menganggap semua bentuk kritik sebagai serangan terhadap diri sendiri, tidak pernah merasa puas dalam hal apa pun, tidak memiliki pertemanan yang mendalam, serta seringkali merasa bimbang terhadap suatu keputusan.

Baca juga  Tips Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Aman

Contoh Kasus Princess Syndrome

Adapun contoh Princess Syndrome dalam kehidupan sehari-hari misalnya ketika seorang perempuan merasa tidak puas dan tidak bersyukur atas hadiah yang ia terima, ketika seseorang tidak mau bekerja untuk mendapatkan sesuatu dan harus selalu dibantu oleh orang lain, serta ketika seseorang merasa diri sendiri sebagai orang yang paling penting di dunia.

Pengaruh Princess Syndrome terhadap Kesehatan Mental

Seperti yang kami sebutkan diatas, Princess Syndrome ternyata dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan mental seseorang. Seperti diantaranya yakni sering merasa tidak berdaya dan harus selalu diselamatkan atau dibantu orang lain, cenderung menjadi bergantung pada orang lain dalam segala hal, tidak memiliki motivasi karena menganggap bahwa semua hal pasti akan datang dengan sendirinya, serta dapat menurunkan rasa percaya dir bagi penderitanya.

Tips Mencegah Princess Syndrome

Setelah menyimak penjelasan diatas maka tentu bisa disimpulkan bahwa Princess Syndrome ini tidak baik untuk kesehatan mental dan harus anda hindari. Agar anda tidak mengidap sindrom ini, maka berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai berikut.

  • Pertama, anda harus memiliki sikap kritis dalam menggunakan media sosial. Katakan tidak atau hindari hal-hal yang menurut anda membuat ketidaknyaman serta bisa mengganggu kesehatan mental anda.
  • Anda juga harus berani untuk mengutarakan pendapat anda sendiri. Tidak perlu merasa tidak percaya diri, atau pesimis terhadap diri anda sendiri
  • Tunjukkan bahwa perbedaan adalah suatu hal yang wajar dan perlu diterima. Anda tidak perlu memperbesar masalah perbedaan karena setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Demikian informasi mengenai mengenal apa itu Princess Syndrome dan akibatnya untuk kesehatan mental yang harus anda hindari. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  8 Ketahui Penyebab Sakit Kaki saat Berdiri, Bisa Jadi dari Pembuluh Darah
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...