Ketahui Alternatif Makanan Pengganti Beras Putih bagi Penderita Diabetes Melitus

0
Makanan Pengganti Beras Putih bagi Penderita Diabetes Melitus

Beras putih mungkin merupakan konsumsi normal bagi banyak orang, tetapi bagi penderita diabetes mengkonsumsi beras putih secara sembarangan bisa memicu semakin tingginya kadar gula darah. Untuk itu, kali ini kami akan membagikan alternatif makanan pengganti beras putih bagi penderita diabetes melitus.

Sudah umum diketahui dimana bagi penderita diabetes, maka sebaiknya lebih cermat dalam memilih jenis makanan untuk menghindari kadar gula yang bisa meninggi dimana apabila terlalu banyak mengasup karbohidrat dan makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi, maka akan menyebabkan kadar gula darah akan meningkat pesat dan menimbulkan keparahan penyakit bagi penderita diabetes. Walaupun terkesan tidak menyenangkan dan sangat terbatas, tetapi itulah langkah pencegahan yang wajib menjadi perhatian para penderita diabetes.

Diantara beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikurangi atau dibatasi oleh penderita diabetes, salah satu jenis makanan perlu diperhatikan konsumsinya yaitu beras atau nasi putih dimana beras putih memiliki kandungan indeks glikemik yang terbilang tinggi dan berpotensi menyebabkan lonjakan gula darah.

Namun jangan kuatir, sebab terdapat beberapa pengganti alternatif beras putih yang bisa menjadi pilihan anda seperti yang kami kutip dari American Diabetes Association yang bisa anda simak sebagai berikut.

Alternatif Makanan Pengganti Beras Putih bagi Penderita Diabetes Melitus

Makanan Pengganti Beras Putih bagi Penderita Diabetes Melitus

Beras Merah

Beras merah memiliki nilai indeks glikemik yang jauh lebih rendah daripada beras putih. Tidak hanya itu, beras merah juga memiliki serat alami yang lebih banyak dari beras putih. Kandungan serat ini mampu menghambat pelepasan glukosa ke dalam darah sehingga kadar gula darah dapat terjaga dengan baik. Bahkan, beras merah juga dilengkapi oleh beberapa zat gizi mikro, seperti vitamin B komplek, zat besi, kalsium, dan seng.

Baca juga  Tips Memutihkan Wajah Secara Alami, Buat Kulit Glowing Namun Tetap Sehat

Beras Basmati

Beras basmati memiliki kadar indeks glikemik antara 40-60 per 100 gramnya. Hal ini menunjukkan bahwa indeks glikemik beras basmarti berada dalam kategori rendah hingga sedang. Jumlah kalori yang dimiliki oleh beras basmati lebih rendah dibandingkan beras putih. Per 100 gram beras basmati mengandung mengandung 150 kalori, sedangkan pada beras putih sebesar 180 kalori dalam takaran yang sama.

Jagung

Tidak hanya dari golongan beras, jagung juga dapat dijadikan alternatif pengganti beras putih dalam makanan pokok bagi penderita diabetes melitus. Jagung memiliki jumlah kalori yang relatif rendah, yakni 145 kal per 100 gram. Selain itu, jagung juga mengandung serat yang mampu menjaga kestabilan gula darah dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama dari nasi putih.

Ubi Jalar

Ubi jalar digolongkan sebagai salah satu makanan dengan kalori yang rendah. Per 100 gram ubi jalar hanya mengandung 85 kalori. Walaupun memiliki rasa yang manis dan tinggi karbohidrat, ubi jalar tetap bisa menjadi pilihan pengganti nasi putih berkat kadar indeks glikemiknya yang relatif lebih rendah.

Gandum

Gandung memiliki nilai indeks glikemik sebesar 55-69 yang dikategorikan rendah hingga sedang. Sama seperti jagung, gandum juga memiliki serat tak larut yang mampu melancarkan pencernaan sekaligus mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Demikian informasi mengenai alternatif beras putih yang bisa menjadi pilihan anda penderita diabetes dimana pemilihan makanan penting untuk anda perhatikan agar penyakit diabetes anda tidak semakin parah. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *