7+ Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Agar Napas Jadi Lancar

Date:

Share post:

Hidung yang tersumbat bisa menjadi masalah yang bisa cukup mengganggu aktivitas sehari-hari walaupun tidak sedikit orang yang juga meremehkan flu tersumbat karena berpikir akan sembuh dengan sendirinya. Bagi anda yang memiliki masalah dengan hidung tersumbat, begini cara mengatasi hidung tersumbat agar nafas pun menjadi lebih lancar.

Seperti yang kita ketahui bersama, permasalahan hidung yang tersumbat menjadi salah satu kondisi kesehatan yang bisa datang kapan saja dan menyerang siapa saja. Tidak sedikit orang yang merasa terganggu apabila mengalami hidung tersumbat sebab selain bisa membuat pernafasan tidak lancar seperti biasa, hidung tersumbat juga dapat mengganggu konsentrasi saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Perlu anda ketahui sebenarnya penyebab hidung tersumbat bisa berasal dari berbagai penyebab seperti alergi debu, asap atau tubuh yang tidak kuat terhadap cuaca dingin. Selain itu juga terdapat beberapa penyebab lainnya yang membuat kondisi hidung tersumbat yang bisa anda simak sebagai berikut.

Penyebab Hidung Tersumbat

7+ Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Agar Napas Jadi Lancar

Flu

Penyebab hidung tersumbat selanjutnya adalah flu atau influenza. Kondisi ini disebabkan oleh adanya virus yang menginfeksi sistem pernapasan, seperti hidung, paru-paru, dan tenggorokan.

Pilek

Kondisi ini sering kali disebabkan oleh adanya benda asing yang masuk dalam tubuh melalui hidung, seperti kotoran, infeksi, atau peradangan pada saluran napas bagian atas.

Sinusitis

Sinusitis merupakan salah satu komplikasi dari batuk pilek. Umumnya, kondisi ini akan membaik setidaknya dalam 10 hari.

Baca juga  Begini Cara Mengatasi Mata Kelilipan, Jangan Asal Dikucek!

Alergi

Hidung tersumbat juga dapat terjadi apabila Anda memiliki alergi terhadap zat-zat tertentu, misalnya debu. Sehingga tubuh akan memberikan reaksi.Pada kondisi rinitis alergi, terjadi gangguan pada sistem pernapasan yang menyebabkan produksi lendir meningkat dan membuat penderitanya bersin atau pilek dan hidung menjadi tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Bagi anda yang diserang masalah hidung tersumbat yang cukup mengganggu kegiatan dan aktivitas anda sehari-hari, maka berikut cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa anda simak sebagai berikut.

Menjaga Suhu Tetap Hangat

Pertama, cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa anda lakukan dengan menjaga suhu tubuh tetap hangat. Cara ini dapat dilakukan dengan berjemur di bawah sinar matahari saat pagi. Cobalah untuk duduk di luar rumah di rentang waktu 7-9 pagi.Selain mengatasi hidung tersumbat, berjemur di bawah matahari dapat memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya meningkatkan imun.

Menjaga Tubuh Terhidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan salah satu cara mengatasi hidung tersumbat. Mengapa begitu? Pasalnya, menjaga cairan tubuh dibutuhkan agar kondisi badan tetap baik. Kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan kondisi kesehatan semakin memburuk. Karenanya, penting menjaga cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih.

Minum air putih dalam jumlah cukup juga akan membantu mengencerkan lendir pada hidung, sehingga akan meredakan hidung tersumbat.

Menggunakan Humidifier di Ruangan

Memasang humidifier menjadi cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif, terlebih apabila Anda berada dalam ruangan yang menggunakan AC. Dengan menggunakan humidifier, kelembaban udara dalam ruangan akan terjaga, selain itu penyebaran debu juga akan berkurang sehingga saluran napas lebih terbuka.

Menghirup Uap Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan menghirup yang hangat. Upaya ini juga membantu melegakan pernapasan. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan wadah berisi air hangat, kemudian dekatkan wajah pada wadah dan cobalah hirup uap hangatnya.

Baca juga  Penyebab Sakit Kepala Bagian Atas dan Cara Mengatasinya

Pastikan air tidak terlalu panas untuk menghindari sensasi luka bakar pada wajah. Anda juga dapat melakukannya dengan cara lain, contohnya seperti mandi air hangat atau membasuh wajah dengan lap yang sudah dicelupkan air panas.

Mengonsumsi Minuman Hangat

Cara atasi hidung tersumbat juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi minuman hangat, seperti teh jahe hangat. Cara ini diyakini cukup efektif dalam meringankan hidung tersumbat. Selain itu, mengonsumsi minuman hangat akan membantu melegakan tenggorokan.

Menggunakan Minyak Eucalyptus

Minyak eucalyptus merupakan salah satu cara meredakan hidung tersumbat secara alami dengan cepat dan efektif. Anda bisa mengoleskan minyak eucalyptus pada bagian tubuh yang meliputi area dada, leher dan hidung.

Aroma yang dihasilkan dari minyak tersebut akan membantu menghangatkan hidung sehingga saluran pernapasan menjadi lebih lancar.

Mengonsumsi Obat-obatan

Apabila anda telah melakukan cara alami diatas tetapi belum mampu mengatas mengatasi hidung tersumbat, maka selanjutnya anda dapat mengonsumsi obat. Obat yang umum digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dekongestan dalam bentuk semprotan hidung atau pil.

Namun, sebelum mengonsumsi obat-obatan, usahakan Anda berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terlebih dahulu.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi hidung tersumbat agar nafas pun menjadi lebih lancar. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...

Berapa Biaya Liburan ke Jepang? Ini Rincian dan Prosesnya

Bagi anda yang penasaran berapa biaya liburan ke Jepang untuk jalan-jalan ke negeri sakura ini, maka anda tepat...

8+ Aplikasi Video Slow Motion Keren di HP Android

Apakah anda mencari aplikasi edit video yang memungkinkan anda mengedit video dalam bentuk slow motion atau gerak lambat,...

7 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Ampuh Mengatasi Gigi Berlubang di Apotik

Apabila anda merasakan sakit gigi karena gigi berlubang, maka salah satu cara cepat mengatasinya adalah dengan meminum obat....