6+ Penyebab Sakit Kepala hingga ke Mata yang Perlu Anda Ketahui

0
Penyebab Sakit Kepala hingga ke Mata

Apakah anda sering merasakan ketidaknyaman karena sakit pada bagian kepala hingga mata seakan mata terasa perih? maka anda perlu mengetahui penyebab sakit kepala hingga mata agar anda bisa mendapatkan solusi penanganan yang tepat, apalagi jika rasa sakit tersebut sering datang mengganggu.

Rasa sakit kepala bisa sangat mengganggu aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Hal ini tentunya menjengkelkan apabila sakit kepala menyerang ketika anda sedang sibuk-sibuknya melakukan pekerjaan anda. Dan akan diperparah lagi apabila sakit kepala hingga turun ke mata yang membuat mata terasa ingin copot.

Kondisi ini tentu tidak bisa dibiarkan dan harus ditemukan penyebab dan solusinya dengan segera agar anda bisa kembali produktif lagi mengerjakan pekerjaan anda yang tertunda. Namun tentu sebelum mencari solusi tepat untuk menangani sakit kepala dan agar tidak terjadi lagi, penting bagi anda untuk mengetahui penyebab sakit kepala tersebut hingga ke mata.

Apa saja penyebabnya? langsung saja simak penyebabnya sebagai berikut.

Penyebab Sakit Kepala hingga ke Mata

Penyebab Sakit Kepala hingga ke Mata

Migrain

Migrain adalah jenis sakit kepala yang biasanya terjadi di salah satu sisi kepala dan ditandai dengan nyeri berdenyut dari sedang hingga parah. Nyeri migrain dapat meluas hingga ke sekitar mata, pelipis, dan belakang kepala. Adakalanya, migrain juga dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar hingga ke mata.

Selain rasa sakit kepala berdenyut, migrain juga dapat disertai gejala lain seperti sensitivitas terhadap cahaya, suara, dan bau, serta mual, pusing, dan bahkan gangguan penglihatan. Episode migrain dapat berlangsung antara 4 hingga 72 jam.

Baca juga  Cara Mengatasi Badan Pegal Setelah Olahraga Dengan Cara Mudah dan Efektif

Sakit Kepala Tegang

Sakit kepala tegang adalah salah satu bentuk paling umum dari sakit kepala yang ditandai dengan perasaan tegang atau tekanan di sekitar dahi dan kedua sisi kepala. Jenis sakit kepala ini juga bisa menjalar hingga ke belakang mata.

Baik dalam bentuk episodik atau kronis, kondisi ini bisa berlangsung selama lebih dari 15 hari per bulan dan lebih dari 3 bulan. Meskipun dapat dialami oleh siapa saja, namun lebih sering terjadi pada wanita.

Kelelahan Mata

Terkadang, sakit kepala yang menjalar hingga mata bisa juga menjadi gejala dari kelelahan mata atau stres berlebih pada mata. Terlalu lama menatap layar komputer, ponsel, televisi, atau membaca buku, tanpa cukup berkedip, bisa memicu kondisi ini.

Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster adalah jenis sakit kepala yang terjadi dalam pola yang berkelompok, muncul 1 hingga 3 kali sehari. Nyeri ini umumnya berlangsung antara 15 menit hingga lebih dari 1 jam.

Sensasi nyeri yang intens dan menusuk terasa di belakang mata adalah ciri khas dari sakit kepala cluster. Meskipun tidak umum, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan tidur karena seringkali nyeri muncul di waktu yang sama setiap hari.

Sakit Kepala Sinus

Sakit kepala hingga ke mata juga dapat disebabkan oleh masalah sinus, terutama saat alergi. Peradangan pada sinus bisa menyebabkan tekanan dan nyeri di belakang mata, serta nyeri di area wajah. Gejalanya serupa dengan migrain dan sakit kepala cluster, sehingga sering kali sulit dibedakan.

Neuralgia Oksipital

Sakit kepala ini biasanya dimulai di leher bagian atas atau belakang kepala, dan menyebar hingga ke belakang mata. Hal ini sering terjadi pada mereka yang rentan terhadap migrain dan dapat disebabkan oleh iritasi atau cedera pada saraf oksipital.

Baca juga  Tips Menjaga Kesehatan Mata Yang Gemar Membaca atau Menatap Gadget

Demikian informasi mengenai penyebab sakit kepala hingga mata yang perlu anda ketahui. Apabila anda sering merasakan kondisi yang tidak nyaman ini, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan profesional medis untuk mendapatkan penanganan serta perawatan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *