6 Penyebab Kaki Sakit pada Malam Hari, Begini Penjelasan dan Solusinya

Date:

Share post:

Apakah anda sering merasakan kaki yang sakit hanya pada malam hari? Begini penyebab kaki sakit pada malam hari yang harus anda ketahui sebagai berikut.

Perlu anda ketahui bahwa rasa sakit pada kaki bisa disebabkan berbagai macam alasan yang bisa saja bersumber karena masalah otot, tulang, jaringan sendi ikat, hingga syaraf.

Adapun keluhan umum yang biasa dialami banyak orang yang terjadi pada kaki adalah rasa nyeri tumpul, berdenyut, hingga sensasi tajam dan menyengat dimana masalah ini bisa terjadi pada beberapa bagian kaki seperti tumit, jari-jari kaki, bola kaki, lengkungan kaki, telapak kaki, hingga pergelangan kaki.

Namun terdapat sebuah masalah pada kaki yang sebenarnya umum terjadi tetapi banyak orang yang mengalaminya bertanya-tanya dan penasaran akan alasannya, yakni rasa sakit di kaki yang hanya terjadi pada malam hari sedangkan pada pagi hari, siang hari, rasa sakit seperti lenyap kembali.

Lalu apa penyebab kaki sakit hanya pada malam hari? Berikut beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya yang bisa anda simak sebagai berikut.

Penyebab Kaki Sakit pada Malam Hari

Penyebab Kaki Sakit pada Malam Hari

Faktor gaya hidup

Gaya hidup yang mana ketika bekerja atau melakukan aktivitas sehari-hari yang menuntut berdiri lebih lama, maka besar kemungkinan rasa sakit pada kaki baru dirasakan pada malam hari yang disebabkan karena kelelahan pada otot-otot kaki.

Dikutip dari Medical News Today, serat otot akan berkontraksi dan mengembang dengan penggunaan dimana apabila digunakan secara berlebihan maka serat otot pun bisa menjadi lelah. Selain itu, otot yang lelah juga bisa jadi disebabkan oleh kurangnya oksigen dalam tubuh dan penumpukan produk limbah yang juga bisa menyebabkan kram dan kejang di kaki pada malam hari.

Baca juga  5+ Aplikasi Olahraga Gratis, Untuk Olahraga di Rumah Atau di Kompleks

Adapun untuk mengatasinya bagi anda yang memiliki gaya hidup seperti itu adalah dengan banyak meminum air putih di siang hari untuk membuang produk limbah berlebih yang menyebabkan nyeri dan kram kaki. Selain itu, anda juga bisa melakukan peregangan dan olahraga secara teratur dapat membantu meredakan nyeri pada kaki akibat masalah gaya hidup ini.

Neuroma Morton

Neuroma Morton adalah suatu kondisi di mana jaringan di sekitar saraf yang mengarah ke jari kaki menjadi menebal.Kondisi ini dapat terjadi jika tulang di jari kaki terjepit dan menekan saraf dimana hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang bisa lebih buruk pada malam hari.

Ketika saraf terjepit menjadi meradang, hal itu bisa mengakibatkan sensasi terbakar atau kesemutan di jari kaki.

Adapun cara menghindari masalah ini adalah dengan mengenakan sepatu yang pas dapat membantu mencegah neuroma Morton. Memastikan sepatu memiliki ruang yang cukup untuk posisi jari kaki secara alami dapat mencegah dan mengurangi rasa sakit akibat neuroma Morton.

Kehamilan

Kehamilan juga bisa menjadi pemicu atau penyebab kaki sakit saat pada malam hari karena cara tubuh wanita dalam memproses kalsium berubah selama kehamilan.

Perubahan kadar kalsium tersebut dapat menyebabkan kram kaki dan nyeri tekan termasuk pada malam hari.

Ibu hamil dapat meredakan kram kaki dengan peregangan lembut, olahraga ringan, dan melemaskan kaki saat kram. Atau juga dengan meningkatkan jumlah kalsium pada makanan yang dikonsumsi.

Plantar fasciitis

Plantas fasciitis juga bisa menjadi penyebab kaki sakit pada malam hari dimana orang-orang dengan plantar fasciitis bisa mengalami rasa sakit di bagian bawah tumit mereka.

Sekedar informasi, Plantar fasciitis adalah kondisi ketika jaringan plantar fascia yang menopang lengkung kaki menjadi meradang.

Baca juga  12+ Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Mudah dan Praktis

Plantas fascia sendiri terletak di bagian bawah kaki, membentang dari tumit sampai ke bagian depan kaki dimana jaringan ini berfungsi menyerap ketegangan dari kaki. Apabila plantar fascia menjadi rusak karena tekanan berulang atau peregangan berlebihan, kondisi ini dapat menyebabkan peradangan dan nyeri.

Diabetes

Perlu anda ketahui, gejala diabetes dapat memengaruhi sirkulasi darah dimana darah bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh dan apabila terjadi penurunan sirkulasi darah di kaki, maka akan menyebabkan otot-otot mungkin menjadi kekurangan oksigen yang dibutuhkan dan menjadi penyebab nyeri pada otot-otot di kaki.

Sciatica

Sciatica atau skiatika berkembang karena saraf sciatic atau siatik terkompresi. Saraf sciatic membentang dari pangkal tulang belakang ke bagian belakang kaki dan masuk ke kaki dimana apabila saraf siatik menjadi tertekan atau teriritasi, maka rasa sakitnya bisa parah. Adapun sakitnya mungkin terasa seperti nyeri tumpul yang terisolasi ke satu area saraf, seperti telapak kaki.

Demikian informasi mengenai penyebab kaki sakit pada malam hari. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

6 Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah yang bisa...

6 Destinasi Tempat Agrowisata di Bali, Cocok Untuk Wisata Keluarga

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi tempat agrowisata di Bali yang cocok untuk liburan wisata keluarga...

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...