6 Keuntungan Investasi Emas Untuk Tabungan Masa Depan

Date:

Share post:

Bukan rahasia umum lagi dimana investasi emas merupakan investasi yang banyak dilirik masyarakat di tanah air sejak dulu. Begini keuntungan investasi emas untuk tabungan masa depan.

Seperti yang kita ketahui bersama, investasi emas adalah jenis instrumen investasi yang sudah populer dilakukan oleh orang tua kita dulu dimana emas telah dijadikan pilihan investasi untuk dibeli serta disimpan dalam bentuk fisik dan bisa di jual kapan saja ketika membutuhkan uang. Selain itu, emas juga bisa dijadikan perhiasan untuk membuat penampilan menjadi lebih menarik dan “berkelas” dengan pernak-pernik emas yang bernilai mahal.

Alasan mengapa banyak orang memilih emas sebagai investasi memang bukanlah keputusan yang salah dimana emas dikenal sebagai investasi yang tahan akan inflasi, serta memiliki harga yang terus naik sehingga sangat cocok dijadikan investasi jangka panjang.

Apa saja keuntungan investasi emas? Anda bisa menyimaknya sebagai berikut.

Keuntungan Investasi Emas

Keuntungan Investasi Emas Untuk Tabungan Masa Depan

Aman

Pastinya salah satu pertimbangan utama dalam berinvestasi adalah keamanan investasi dan emas dinilai sangat aman untuk dijadikan sebagai instrumen investasi. Apabila anda memiliki uang dan hanya disimpan ditabungan, maka uang tersebut bisa perlahan menurun nilainya karena inflasi, biaya administrasi, pajak, suku bunga, dan biaya lain-lain. Sedangkan, apabila anda menggunakan uang untuk investasi emas, maka nilainya cenderung stabil bahkan berpotensi terjadi pertambahan nilai.

Terlindungi

Inflasi dan deflasi merupakan masalah klasik yang sudah ada sejak dahulu kala. Dua kondisi ini bisa membuat nilai aset menurun. Maka dari itu, salah satu cara untuk mencegah hal tersebut yaitu dengan berinvestasi pada instrumen investasi, salah satunya emas.

Baca juga  Begini Cara Mendapatkan Kode Promo Gojek dan Menukarnya

Menguntungkan

Harga emas yang stabil bahkan cenderung meningkat, membuat banyak orang lebih memilih investasi emas dibandingkan instrumen investasi lain. Emas juga diketahui sangat cocok untuk disimpan dalam jangka menengah atau panjang.

Risiko Rendah

Alasan favorit lainnya mengapa investasi emas bisa menjadi pilihan terbaik karena risikonya rendah dimana emas diketahui tidak memiliki nilai penyusutan. Nilai emas untuk jangka pendek memang berfluktuasi, namun untuk jangka panjang nilainya cenderung meningkat. Adapun risiko terburuk dari investasi emas yakni hilang saat penyimpanan yang rawan pencurian. Namun apabila dilihat dari harganya, investasi di emas memiliki risiko yang rendah.

Manfaat Investasi Emas

Setelah memahami alasan mengapa anda harus berinvestasi emas, maka berikut beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dengan berinvestasi emas yang bisa anda simak dibawah ini.

Melindungi Investor dari Inflasi

Manfaat pertama dengan investasi emas adalah dimana emas cenderung aman dari inflasi yang menjadi salah satu hal yang membuat aset mengalami penurunan nilai. Akan tetapi ketika anda berinvestasi emas atau aset aman lainnya, maka instrumen investasi emas akan melindungi anda dari inflasi.

Sebagai aset investasi, emas lebih unggul dibandingkan mata uang apapun sebab emas menjanjikan terjaganya nilai investasi jangka pendek. Terbukti, sejak tahun 1900, emas sudah menjadi penyimpan nilai jangka panjang terbaik. Walaupun memang harga emas berfluktuasi, tetapi bisa dikatakan nilainya tetap stabil. Maka dari itu, emas sangat ideal untuk investasi jangka panjang dan melindungi investor dari ancaman inflasi.

Bisa Diwariskan

Emas juga mudah diwariskan ke generasi selanjutnya. Manfaat emas inilah yang membuat banyak orang tertarik berinvestasi emas. Jadi, emas yang dimiliki nantinya dapat diberikan ke anak atau cucu.

Baca juga  Cara Belanja di Shopee Gratis Ongkir 0 Rupiah Terbaru 2024

Harganya Stabil

Manfaat emas dalam bidang investasi lainnya yaitu memiliki harga yang stabil. Emas memiliki risiko lebih rendah, keamanan ketat, dan keuntungan yang lebih besar dibandingkan instrumen investasi lainnya. Harganya yang stabil membuat emas menjadi instrumen investasi yang menguntungkan.

Mempermudah Pengajuan Pinjaman

Emas yang dimiliki ternyata bisa menjadi jaminan pinjaman di bank. Bahkan seseorang bisa mendapakan pinjaman dalam satu hari berdasarkan nilai emas yang dimiliki. Tingkat bunga pinjaman dengan jaminan emas juga relatif lebih rendah dibandingkan pinjaman umum.

Investasi Mudah Dicairkan

Manfaat selanjutnya adalah emas yang mudah dicairkan karena saat ini sudah banyak tempat jual beli emas dan emas pun akan selalu laku apabila anda memutuskan untuk menjualnya ke pedagang emas.

Tidak Perlu Modal Besar

Dan manfaat investasi emas terakhir adalah modal yang diperlukan untuk investasi emas relatif lebih mudah jika dibandingkan instrumen investasi lain. Untuk berinvestasi emas, anda bisa langsung membeli perhiasan emas di toko pehiasan atau menabung emas turunan di pegadaian, index komoditi, atau bursa berjangka. Modal yang diperlukan untuk membeli emas tersebut tidak terlalu tinggi, dimana cukup hanya dengan satu gram anda sudah bisa memiliki emas untuk investasi.

Sekian informasi tentang keuntungan investasi emas untuk tabungan masa depan. Tertarik berinvestasi emas? tenang sebab saat ini anda telah tersedia berbagai platform yang menyediakan investasi emas dimana anda bisa berinvstasi emas tanpa harus meninggalkan tempat duduk anda.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...