6+ Cara Mengatasi GERD Kambuh di Malam Hari

Date:

Share post:

Apakah anda penderita GERD dan penyakit anda kerap kambuh pada malam hari? maka simak cara mengatasi GERD kambuh dimalam hari yang jangan sampai anda lewatkan.

Sekedar informasi, dilansir pada laman Siloam Hospital, GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan suatu kondisi ketika asam lambung naik dari perut menuju kerongkongan. Aliran balik atau refluks asam lambung dapat memicu sensasi perih dan panas seperti terbakar di bawah tulang dada atau dikenal dengan istilah heartburn. Kondisi ini disebabkan akibat melemahnya katup di bagian bawah kerongkongan atau disebut juga sfingter esofagus.

Adapun biasanya GERD kambuh di waktu malam hari, terutama saat memasuki waktu dini hari. Hal tersebut tidak terlepas karena alasan yang dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi makanan yang pedas dan berminyak sebelum tidur, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, waktu makan yang terlalu dekat dengan jam tidur, dan kebiasaan tidur larut malam.

Apakah anda memiliki penderita GERD dan kerap kali merasakan GERD yang kambuh pada malam hari sehingga mengganggu kenyamanan anda dalam tidur yang baik? maka simak cara mengatasi GERD pada malam hari yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi GERD Kambuh di Malam Hari

Cara Mengatasi GERD Kambuh di Malam Hari

Mengonsumsi Air Jahe

Tips pertama cara mengatasi GERD kambuh pada malam hari adalah dengan mengonsumsi air Jahe. Mengapa demikian? Perlu anda ketahui bahwa jahe memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, salah satunya dalam mengatasi kekambuhan GERD. Sebab, jahe berfungsi untuk menenangkan pencernaan, mengatasi peradangan, hingga menghentikan kenaikan asam lambung menuju kerongkongan.

Baca juga  10 Tips Menghilangkan Gatal Secara Dengan Cepat dan Alami

Anda bisa mengonsumsi air jahe yang telah direbus sebelumnya. Apabil diperlukan, anda juga bisa menambahkan sedikit gula merah atau madu untuk meredam rasa pahit dari jahe tersebut.

Ganti Posisi Tidur Anda

Tips selanjutnya mengatasi kekambuhan GERD di malam hari yakni dengan mengganti posisi tidur anda. Apabila anda tidur dengan posisi terlentang atau tengkurap, maka asam lambung akan mengalir ke kerongkongan dengan lebih mudah. Maka dari itu, anda perlu memiringkan posisi tubuh ke kiri agar kenaikan asam lambung menjadi terhambat.

Gunakan Pakaian yang longgar

Perlu anda ketahui bahwa pakaian juga turut mempengaruhi kenaikan asam lambung di malam hari. Apabila anda menggunakan pakaian yang terlalu ketat, maka area perut akan ikut tertekan sehingga memperparah rasa nyeri akibat GERD. Maka, sebaiknya anda bisa mengganti pakaian yang lebih longgar untuk mencegah penekanan pada area perut.

Hindari Merokok

Bagi anda para perokok aktif, maka perlu anda ketahui bahwa merokok merupakan salah satu pemicu kekambuhan GERD. Apalagi jika anda merokok sebelum jam tidur, maka risiko kekambuhan akan meningkat. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk menghindari kebiasaan merokok sebelum tidur malam.

Mengonsumsi Obat

Cara selanjutnya untuk mengatasi kekambuhan GERD di malam hari yaitu dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti antasida yang mampu mengatasi gejala GERD ringan, cimetidine yang berfungsi untuk menurunkan produksi asam lambung, atau omeprazole yang bermanfaat untuk menekan produksi asam lambung sekaligus menyembuhkan jaringan kerongkongan yang rusak akibat asam lambung.

Memberikan Jeda Waktu Antara Makan dan Tidur

Dan tips terakhir cara mengatasi GERD kambuh pada malam haru adalah dengan memberika jeda waktu antara makan dan tidur. Perlu anda catat bahwa kebiasaan langsung tidur setelah makan ternyata meningkatkan risiko kekambuhan GERD. Hal ini karena lambung yang sedang dipenuhi oleh makanan akan menekan katup yang berada di antara kerongkongan bagian bawah dan bagian atas lambung.

Baca juga  Ketahui Manfaat Matahari Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Akibatnya asam lambung dapat dengan mudah untuk naik ke kerongkongan. Anda bisa mencoba untuk tetap duduk beberapa menit setelah makan. Anda juga bisa mengusahakan memberikan jeda sekitar 2—3 jam setelah makan sebelum tidur.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi GERD kambuh dimalam hari yang bisa anda terapkan dengan mudah. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...