5 Tips Kurangi Gejala Asam Lambung, Hindari Stress

0
Tips Kurangi Gejala Asam Lambung

Apakah anda mengalami masalah asam lambung yang kerap mengganggu aktivitas dan rutinitas sehari-hari anda? Maka simak 5 tips cara kurangi gejala asam lambung termasuk dengan menghindari stress.

Sekedar informasi, asam lambung tinggi atau gangguan asam lambung adalah kondisi medis di mana terjadi peningkatan produksi asam lambung yang dapat menyebabkan gejala seperti nyeri ulu hati, sensasi terbakar di dada, serta gangguan pencernaan. Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh siapa saja dari orang dewasa atau anak-anak. Walaupun tidak mematikan, tetapi penyakit asam lambung atau biasa juga akrab dikenal sebagai GERD perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi.

Adapun mengelola asam lambung tinggi dan menjaga kesehatan pencernaan, maka penting bagi anda untuk memperhatikan pola makan dan mengonsumsi makanan yang sehat. Untuk lebih jelasnya, berikut 5 tips cara mengurangi gejala asam lambung yang bisa anda simak dibawah ini.

Tips Kurangi Gejala Asam Lambung

Tips Kurangi Gejala Asam Lambung

Hindari Makanan yang Picu Produksi Asam

Tips pertama kurangi gejala asam lambung adalah dengan menghindari makanan yang picu produksi alam. Perlu anda ketahui bahwa beberapa makanan dan minuman dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memperburuk gejala. Anda bisa menghindari makanan pedas, berlemak tinggi, makanan olahan, minuman berkafein seperti kopi,  minuman berkarbonasi, alkohol, serta cokelat, dan peppermint.

Makan dalam Porsi Kecil dan Sering

Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering dapat membantu mengurangi tekanan pada perut dan mencegah produksi asam berlebihan. Anda bisa menghindari makan berlebihan atau terlalu kenyang dalam satu waktu.

Baca juga  7 Cara Efektif Mengatasi Kaki Kram Disebabkan Kontraksi Otot

Jaga Berat Badan yang Sehat

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan pada perut dan memicu gejala asam lambung. Anda bisa menjaga berat badan yang sehat dengan mengikuti pola makan seimbang dan aktif secara fisik.

Selain itu, usahakan pula untuk makan paling tidak 2-3 jam sebelum tidur. Makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala yang tidak nyaman.

Hindari Merokok

Merokok dapat merangsang produksi asam lambung dan mengganggu fungsi sfingter esofagus bagian bawah yang berfungsi menjaga agar asam tetap di perut. Berhenti merokok atau setidaknya mengurangi konsumsi tembakau yang dapat membantu mengurangi gejala asam lambung.

Kurangi Stres

Dan tips terakhir kurangi gejala asam lambung adalah dengan mengurangi stress dimana stress dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan memperburuk gejala asam lambung. Anda bisa menemukan cara-cara untuk mengurangi stres seperti bermeditasi, berolahraga, atau melakukan aktivitas yang menenangkan.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang mungkin memiliki toleransi yang berbeda terhadap makanan dan mungkin membutuhkan pendekatan yang berbeda dalam mengelola asam lambung tinggi.

Jadi apabila gejala tetap berlanjut atau memburuk, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi anda.

Bahan Alami Meringankan Asam Lambung Sembuh Seketika

Bagi anda yang terserang asam lambung yang meninggi, maka anda bisa mencoba bahan-bahan dan pengobatan alami dibawah ini yang dipercaya bisa menurunkan asam lambung seketika.

Teh jahe

Jahe dipercaya bisa membantu menurunkan gejala asam lambung. Walaupun, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Sejauh ini, studi hanya menemukan asupan jahe bisa membantu mengurangi mual. Selain itu, beberapa senyawa yang ditemukan dalam jahe juga ternyata ada di beberapa obat antasida yang biasa digunakan untuk membantu menurunkan asam lambung.

Baca juga  9 Cara efektif Meredakan Stres dengan Cepat, Hanya 5 Menit

Untuk mencobanya, anda bisa mengupas jahe, lalu merebusnya dalam air. Tambahkan madu untuk menambahkan rasa. Konsumsi air jahe dalam kondisi panas.

Teh peppermint

Beberapa studi menunjukkan bahwa minyak peppermint dapat membantu pengidap GERD dalam mengatasi gejala yang muncul. Anda bisa mendapatkan asupan peppermint dengan meminumnya dalam bentuk teh. Namun, anda disarankan agar tidak meminum teh peppermint berbarengan dengan obat antasida karena bisa memicu heartburn.

Teh chamomile

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki chamomile dipercaya dapat membantu mengatasi peradangan yang terjadi di kerongkongan akibat naiknya asam lambung. Selain itu, chamomile juga dipercaya dapat memberikan efek menenangkan akibat kecemasan dan stres. Sementara stres dan kecemasan disebut-sebut sebagai salah satu pemicu utama naiknya asam lambung.

Demikian informasi mengenai tips cara kurangi gejala asam lambung termasuk dengan menghindari stress yang merupakan penyebab umum gejala asam lambung meninggi. Maka dari itu penting untuk memperhatikan asupan dan lifestyle anda untuk meredakan gejala asam lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *