5+ Tempat Wisata di Pangkep Yang Instagramable dan Hits Terbaru 2023

Date:

Share post:

Saikinews.com – Kabupaten Pangkajene atau akrab disebut juga Pangkep ternyata menyimpan sejumlah destinasi wisata yang patut dikunjungi bagi anda yang gemar travelling atau sekedar mencari tempat “healing” untuk refreshing dan melepas stress dengan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari. Maka dari itu, kami saikinews.com akan membagikan 5 tempat wisata di Pangkep yang instagramable dan hits 2023 ini yang bisa menjadi referensi anda untuk berlibur bersama pasangan, teman maupun keluarga.

Kabupaten Pangkep merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan yang berjarak sangat dekat dengan ibukota provinsi Makassar dimana hanya membutuhkan perjalanan sekitar 1-2 jam saja. Pangkep sendiri merupakan daerah yang populer dengan lanskap pegunungan batu kapur alias karst yang tampak memukau ketika anda melintasi kabupaten ini dimana sejumlah wilayahnya masih termasuk dalam Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung yang pernah mendapatkan predikat ASEAN Heritage Park pada Oktober 2019 lalu.

Selain identik dengan pemandangan lanskap pegunungan, ternyata kabupaten Pangkep ini menyimpan sejumlah destinasi wisata yang patut anda kunjungi bagi anda warga makassar dan sekitarnya atau juga bagi anda yang berkunjung ke Sulawesi Selatan dimana beberapa tempat wisata ini sangat memukau dan sangat pas dijadikan tempat healing dan liburan yang menyenangkan.

Untuk itu, kali ini kami akan membagikan tempat wisata di Pangkep Sulawesin Selatan yang bisa menjadi referensi anda dalam mencari tempat liburan terdekat di makassar yang instagramable dan hits. Penasaran? Simak daftarnya sebagai berikut.

Tempat Wisata di Pangkep Yang Instagramable

Taman Purbakala Sumpang Bita

Taman Purbakala Sumpang Bita

Tempat wisata Pangkep yang pertama untuk anda kunjungi adalah taman purbakala Sumpang Bita yag terletak di Kampung Sumpang Bita, Kelurahan Balocci, Kecamatan Balocci yang mana kawasan ini masih satu area dengan Taman Nasional Bantimurung- Bulusaraung (BaBul).

Baca juga  Tips Panduan Memilih Lantai Rumah Agar Makin Cantik dan Estetik

Bagi anda yang berminat mengunjungi tempat ini, anda harus harus menempuh perjalanan sejauh kurang dari 60 kilometer atau satu setengah jam dari Makassar.

Taman Purbakala Sumpang Bita memiliki luas lahan sekitar 2 hektar, dimana kompleks wisata ini memiliki dua gua atau leang, yakni Gua Sumpang Bita dan Gua Bulu Sumi dimana untuk menuju gua tersebut terdapat jalan setapak berundak sebagai tempat berjalan. Selama perjalanan ke gua ini, anda pun akan melihat pemandangan yang memukau dengan pepohonan yang rimbun serta hamparan padang rumput.

Adapun destinasi wisata gua di Pangkep ini anda akan disajikan sejumlah peninggalan zaman prasejarah mulai dari lukisan tangan di dinding, artefak batu, cangkang molusca yang sudah mengeras serta pecahan gerabah hingga tulang dan gigi peninggalan zaman purbakala.

Danau Hijau Balocci

Danau Hijau Balocci

Selanjutnya apabila anda sudah mengunjungi wisata gua, maka jangan lewatkan juga destinasi wisata lainnya yang hanya berjarak 3 Km dari taman purbakala Sumpang Bita yakni tempat wisata Danau Hijau Balocci. Walaupun untuk menjangkau tempat ini mungkin sedikit agak sulit karena jalanan yang rusak serta berlumpur dikala musim hujan, tetapi hal tersebut terbayarkan ketika anda sampai ditempat ini dimana anda akan disambut pemandangan lanskap perbukitan karst yang menjulang tinggi ala film-film holywood.

Pemandangan pun semakin memukau lagi dengan warna hijau pada permukaan danau kian serasi dengan pepohonan, ditambah lagi padang rumput serta beberapa jenis bunga yang tumbuh di sekeliling danau. Sehingga tidak heran, tempat ini juga menjadi salah satu destinasi wisata untuk camping dan berburu foto instragramable bersama teman-teman.

Taman Batu Karst Balocci

Taman Batu Karst Balocci

Masih berada di area sekitar Taman Purbakala Sumpang Bita, jangan sampai juga anda lewatkan untuk mengunjungi tempat wisata bernama Taman Batu Karst Balocci yang masih menjadi bagian dari wilayah administratif Kampung Bonto-bonto, Kelurahan Balleangin, Kecamatan Balocci.

Baca juga  Tips Liburan ke Bali Yang Hemat Budget Namun Tetap Seru

Di tempat wisata ini, anda dapat berlibur dengan menikmati perpaduan lanskap padang rumput serta hamparan karst berwarna abu-abu gelap, dengan suasana yang tenang serta udara yang segar sehingga tempat ini menjadi salah satu lokasi favorit para fotografer untuk hunting foto karena pemandangannya yang memukau.

Pulau Badi

Pangkep merupakan kabupaten kepulauan yang mana tentunya tidak afdol apabila anda tidak berkunjung ke wisata pulau eksotis yang terdapat di kabupaten Pangkajene Kepulauan ini. Nama pulau destinasi wisata yang wajib anda kunjungi adalah pulau Badi yang merupakan bagian dari gugus Kepulauan Pabbiring dan merupakan bagian dari wilayah administratif Desa Mattiro Deceng, Kecamatan Liukang Tupabiring.

Keistimewaan dari pulau Badi adalah pesona bawah laut yang tidak hanya terkenal bagi wisatawan lokal saja, tetapi sampai wisatawan mancanegara pun datang mengunjungi pulau ini untuk menikmati pesona bawah laut yang memukau dari pulau ini.

Berkunjung ke pulau ini, anda bisa menikmati hamparan terumbu karang, serta pantai pasir putih dan pemandangan langsung Selat Makassar.

Bagi anda yang berminat mengunjungi pulau ini, maka anda harus menempuh perjalanan dua hingga tiga jam untuk mencapai pulau yang juga di kenal sebagai pusat rehabilitasi terumbu karang di Sulawesi Selatan.

Leang Lonrong

Leang Lonrong

Dan destinasi wisata di Pangkep yang terakhir adalah tempat bernama Leang Lonrong yang sangat ramai dikunjungi masyarakat pada akhir pekan bahkan pada hari-hari kerja.

Adapun Leang Lonrong yang berada di wilayah administratif Kelurahan Panaikang, Kecamatan Minasatene ini merupakan tempat wisata permandian dimana air pegunungan segar yang mengaliri ceruk-ceruk batuan dimanfaatkan sebagai kolam oleh para wisatawan ditambah lagi dengan suasana sejuk dan teduh dengan pepohonan yang ada disekeliling kolam pemandian. Anda juga bisa melihat gua stalagmit yang menjadi sumber air kolam pemandian.

Baca juga  10 Model Sepatu Cantik Wanita untuk Jalan-Jalan yang Nyaman Dan Cantik

Bagi anda yang berminat mengunjungi tempat ini, maka anda harus menemupuh jaran sekitar 65 km dari kota Makassar. Adapun untuk masuk ke tempat wisata Leang Lonrong, anda akan dikenakan harga tiket masuk Rp2 ribu hingga Rp5 ribu. Untuk fasilitas penunjang, anda bisa mendapatkan fasilitas seadanya seperti toilet, satu ruangan ganti, serta sepasang gazebo.

Demikian informasi mengenai 5 tempat wisata di Pangkep yang instagramable dan hits terbaru 2023 walaupun masih terdapat banyak tempat wisata menarik lainnya di Pangkep yang juga wajib anda kunjungi ketika anda sudah berada di Pangkep. Semoga bisa menjadi referensi tempat wisata anda di Sulawesi Selatan.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...