5 Cara Mudah Mencegah Diabetes, Efektif dan Sederhana

Date:

Share post:

Penyakit diabetes kerap dijuluki sebagai penyakit “silent killer” dimana penyakit diabetes ini bisa secara diam-diam bisa membahayakan kesehatan anda. Walaupun tidak dalam waktu singkat, tetapi penyakit diabetes merupakan momok yang harus dihindari. Begini cara mudah mencegah diabetes yang efektif dan sederhana.

Secara umum, diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, sehingga glukosa atau gula yang dikonsumsi tidak dapat diolah. Sementara, diabetes tipe 2 adalah kondisi saat tubuh tidak dapat menggunakan insulin sebagaimana mestinya. Di luar itu, diabetes juga dapat terjadi di masa kehamilan atau diabetes gestasional.

Namun apapun tipenya, penyakit ini kemudian dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi dan apabila dibiarkan berkepanjangan, gula darah tinggi yang tidak terkontrol ini dapat menimbulkan sejumlah komplikasi yang berbahaya.

Maka penting sejak dini anda mengetahui cara mencegah diabetes. Atau bagi anda yang telah terserang diabetes, anda bisa mengetahui cara agar diabetes anda tidak semakin parah. Berikut tips cara mudah mencegah diabetes yang efektif dan sederhana.

Cara Mudah Mencegah Diabetes

Cara Mudah Mencegah Diabetes

Rajin Bergerak dan Berolahraga

Cara pertama mencegah diabetes adalah dengan rajin bergerak dan berolahraga. Sekedar informasi, ppankreas harus memproduksi lebih banyak insulin untuk memindahkan gula dari aliran darah dan masuk ke dalam sel darah saat tubuh mengembangkan resistensi insulin, yang merupakan penyebab diabetes.

Dengan berolahraga akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin sel, yang mengurangi kebutuhan tubuh akan insulin untuk mengontrol kadar gula darah. Untuk kontrol gula darah yang lebih baik, anda bisa mencoba olahraga lari, berenang, yoga, latihan kekuatan, atau bahkan hanya sekedar berjalan-jalan.

Baca juga  Cara Bayar Indihome Lewat Shopee, Mudah Sekali Klik

Tidurlah yang cukup

Ketika anda tidur, maka tubuh anda beregenerasi. Periode waktu ini sangat penting bagi tubuh untuk mengatur ulang hormon yang bertanggung jawab atas berbagai fungsi, termasuk mengingatkan anda saat lapar atau kenyang, memproses insulin, melindungi Anda dari infeksi, dan banyak lagi. Maka jangan sepelekan pentingnya memiliki tubuh dan pikiran yang rileks untuk kesehatan anda secara keseluruhan.

Mengendalikan Stress

Cara Mudah Mencegah Diabetes

Tubuh masuk ke mode “melawan atau lari” ketika anda sedang dalam tingkat stres tinggi. Hal ini memicu tubuh untuk menunda proses tubuh lainnya seperti pencernaan, pemulihan otot, dan tidur untuk menghemat energi guna melawan stres. Tubuh tidak membedakan antara berbagai jenis tekanan, dimana tubuh bereaksi dengan cara yang sama dan mengeluarkan energi untuk melawannya. Energi ekstra yang mengambang di dalam tubuh disimpan sebagai lemak, yang menyebabkan resistensi insulin.

Makan dengan baik

Membatasi konsumsi karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi. Makanan dengan GI lebih tinggi meningkatkan tekanan darah lebih cepat, yang menyebabkan peradangan di tubuh dan penurunan energi yang cepat. Selain itu, penting untuk menyeimbangkan protein dan lemak baik dalam semua makanan Anda.

Fokus pada serat sebagai karbohidrat

Dan cara terakhir mencegah diabetes yang bisa anda lakukan adalah dengan fokus pada serat sebagai karbohidrat. Sekedar informasi, mengonsumsi banyak serat baik untuk sistem pencernaan, berat badan, dan kadar gula darah anda.

Pada saluran pencernaan anda, serat dan air bergabung membentuk penghalang seperti gel yang memperlambat penyerapan makanan dan menyebabkan kadar gula darah meningkat secara bertahap. Dengan demikian, makan lebih banyak serat dapat membantu mengontrol lonjakan gula darah yang sering terjadi.

Demikian informasi mengenai cara mudah mencegah diabetes yang efektif dan sederhana. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda untuk menghindari penyakit diabetes yang bisa menjadi momok yang “menyeramkan” ketika diabetes sudah semakin parah. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  Cara Membuat Stiker WhatsApp di iPhone Dengan Atau Tanpa Aplikasi Tambahan
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

6 Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah yang bisa...

6 Destinasi Tempat Agrowisata di Bali, Cocok Untuk Wisata Keluarga

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi tempat agrowisata di Bali yang cocok untuk liburan wisata keluarga...

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...